Sponsors Link

Manfaat Mentega bagi Kesehatan Gigi

Sponsors Link

Mentega berasal dari bahasa Portugis yakni manteiga. Mentega adalah produk olahan yang terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan air, garam dan susu. Umumnya mentega merupakan bahan makanan yang digunakan untuk pelengkap makanan.

ads

Mentega menjadi sumber utama lemak susu dan mengandung sekitar 80% lemak susu. Mentega merupakan sumber energi dan setiap 100 gramnya mengandung 700 kalori. Mentega mengandung banyak lemak jenuh dan lemak tidak jenuh tunggal, serta berbagai jenis mineral seperti mangan, kromium, seng, dan tembaga.

Banyak orang menganggap bahwa mentega hanyalah pemicu kegemukkan yang terdapat pada junkfood karena mengandung lemak yang tinggi tetapi walaupun begitu mentega bukanlah makanan yang dapat membuat tubuh menjadi berlemak.

Mentega apabila dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah bagi kesehatan gigi.

  • Memutihkan Gigi

Mentega dapat menjadi tips memutihkan gigi secara alami seperti manfaat arang putih bagi kesehatan gigi. Kandungan susu yang terdapat di dalam mentega dipercaya mampu membuat gigi tampak lebih putih.

  • Menguatkan Gigi

Mentega mampu memperkuat gigi karena terbuat dari susu. Sehingga, kandungan yang terdapat di dalam susu seperti kandungan kalsium, fosfor dan zat besi otomatis juga terkandung dalam mentega. Kandungan tersebut sangat berperan dalam membentuk kepadatan gigi yang dapat memperkuat gigi dan mencegah bercak putih gigi.

  • Mencegah Terjadinya Gigi Kropos

Untuk mencegah terjadinya gigi kropos anda dapat memanfaatkan kandungan gizi yang terdapat dalam mentega. Dengan mengonsumsi atau menggunakan mentega, anda bisa mengembalikan kepadatan gigi anda. Hal itu dikarenakan, mentega mengandung Kalsium dan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga pertahanan gigi seperti perawatan polishing gigi.

Selain itu, Vitamin D yang terkandung dalam mentega dapat mengaktifkan sistem kekebalan dalam gigi yang dikenal dengan istilah ordontablast. Ordontablast adalah sel-sel gigi yang menghasilkan dentin dan sangat membantu dalam proses regenerasi gigi.

  • Membersihkan Gigi

Seorang dokter Australi bernama Dr. Steven Lin mengatakan bahwa menggosok gigi tidaklah cukup untuk membuat gigi sehat. Kita perlu tambahan vitamin yang bisa didapatkan dari makanan, salah satunya adalah mentega. Salah satu vitamin pada mentega yang mampu membersihkan gigi adalah vitamin A yang  mampu membantu mulut memproduksi saliva yang berfungsi untuk menyingkirkan bakteri merugikan yang menempel pada gigi.

  • Mencegah Gigi Berlubang

Mencegah terjadinya gigi berlubang umumnya dengan rajin menggosok gigi secara rutin. Tetapi hanya dengan menggosok  gigi belum cukup untuk untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Kandungan vitamin A pada mentega dapat membantu memperlancar produksi saliva. 

Sponsors Link

Apabila anda tidak mendapatkan vitamin A yang cukup maka produksi saliva pun akan terhambat dan kelenjar air liur pun tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga hal itu dapat menyebabkan lubang di permukaan gigi anda.

Mentega tidak hanya membuat makanan menjadi lebih enak, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya bagi kesehatan gigi. Dengan mengkonsumsi mentega dengan baik dan benar maka gigi anda akan terjaga kebersihan dan kesehatannnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini