Manfaat Pelindung Gigi dan Jenis Pelindung Gigi

Gigi dan mulut merupakan salah satu bagian dari organ penting yang digunakan sehari – hari, untuk mengunyah makanan dan memasukkan zat – zat penting yang dibutuhkan tubuh. Sudah tentu gigi dan mulut harus selalu di jaga kebersihannya dan keberadaannya harus selalu dilindungi.Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar merupakan perlindungan utama terhadap kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dilakukan agar gigi tetap utuh tanpa ada kerusakan atau penyakit. Lalu bagaimanakah cara lain melindungi keberadaan gigi?

Manfaat Pelindung gigi yang akan dibahas pada kesempatan kali ini juga akan membahas siapa saja yang memerlukannya, dan apa saja jenis – jenis pelindung gigi yang tersedia. Selama ini mungkin hanya kawat gigi atau behel yang sering dibicarakan sebagai salah satu pelindung gigi. Namun ada beberapa pelindung gigi lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi dan keadaannya.

Manfaat Pelindung Gigi dan Yang Membutuhkannya

Semua orang baik laki – laki maupun perempuan, baik anank – anak maupun orang dewasa membutuhkan atau dapat menggunakan pelindung gigi sesuai kondisi dan keadaan giginya. Berikut beberapa manfaat pelindung gigi dan siapa sajakah orang – orang yang membutuhkannya.

  1. Melindungi Gigi Agar Tidak Patah atau Rontok

Para olah ragawan yang menggeluti olah raga yang rawan terhadap benturan, seperti olah raga tinju, rugby, dan olah raga lain yang beresiko tinggi untuk terjadi benturan pada bagian wajah, mulut, dan sekitarnya. Pelindung gigi sangat diperlukan untuk melindungi gigi dari terjadinya patah atau bahkan rontok.

  1. Melindungi Mulut Agar Tidak Robek akibat Benturan Gigi

Pada olah raga bela diri, tinju, rugby, atau olah raga lagi yang memiliki resiko terjadinya benturan pada daerah kepala, dan muka, pelindung gigi sangat diperlukan. Hal ini untuk menghindari terjadinya luka robek pada daerah mulut yang disebabkan oleh benturan gigi.

  1. Melindungi Gigi Pada Penderita Temporo Mandibular Joint Syndrome (TMJ)

Pelindung gigi dapat digunakan sebagai splint pada penderita temporo mandibular joint syndrome. Temporo mandibular joint syndrome (TMJ) adalah nyeri pada tulang temporal yaitu dua sendi pada rahang di dekat telinga. Penyakit sendi bersama otot dan ligament pembuka dan penutup rahang ini sangat mempengaruhi fungsi berbicara, makan dan menelan.

  1. Melindungi Gigi Pada Penderita Bruxism

Menggunakan pelindung gigi dapat mencegah permukaan gigi menjadi aus pada penderita bruxism. Bruxism merupakan kebiasaan buruk mengesek – gesekkan gigi rahang atas dan rahang bawah yang biasanya dilakukan pada saat tidur. Akibat dari kebiasaan ini membuat permukaan gigi – gigi menjadi aus. Kebiasaan mengesek gigi saat tidur ini biasanya tidak disadari oleh penderitanya.

  1. Melindungi Sekaligus Menjaga Kesehatan Gigi

Bagi orang – orang yang memiliki masalah ortodontik seperti gigi depan yang menonjol dan pola gigitan yang tidak rata, pelindung gigi seperti behel atau clean aligner sangat dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena mereka yang menderita kelainan ini membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi dari dampak buruk tersebut, dan sekaligus untuk menjaga kesehatan gigi.

Setelah kita mengetahui manfaat dari pelindung gigi, sekarang kita akan membahas beberapa jenis pelinding gigi tersebut. Ada beberapa jenis pelindung gigi yang umum, diantaranya:

Jenis – Jenis Pelindung Gigi

  • Kawat Gigi atau Behel

Kawat gigi atau yang lebih dikenal dengan sebutan behel, selain berfungsi untuk merapikan gigi yang berantakan, memundurkan gigi yang maju atau tonggos, juga berfungsi sebagai pelidung gigi dan menjaga kesehatan gigi. (Anda dapat menambah wawasan denga membaca manfaat gigi behel dan cara merawat gigi behel).

  • Clean Aligner

Produk yang biasa disebut sebagai Kawat gigi tembus pandang (Clear Aligner) ini memang dikhususkan pada pasien dengan pertumbuhan gigi dan gusi yang telah berhenti. Clear Aligners berbentuk dan digunakan seperti pelindung gigi dan dapat dicopot saat Anda makan atau membersihkan gigi. Meskipun membutuhkan biaya lebih besar, produk ini banyak dipilih karena dinilai lebih praktis dan tidak mengganggu penampilan.

  • Pelindung Gigi Siap Pakai (ready made)

Jenis pelindung gigi siap pakai ini banyak tersedia di toko – toko olah raga. Jenis pelindung ini biasanya menggunakan ukuran standard yang telah dicetak langsung dari pabrik. Sangat jarang dokter gigi menganjurkan pasiennya untuk memilih pelindung gigi jenis ini.

Hal ini disebabkan karena ukurannya yang tidak dapat disesuai dengan bentuk dan ukuran sipemakai. Karena ukuran yang tidak sesuai, tak jarang justru akan mengganggu pada saat berbicara maupun bernafas. Sehingga fungsi pelindung gigi siap pakai ini kurang optimal.

  • Pelindung Gigi yang Disesuaikan (mouth adapted)

Pelindung gigi yang dapat disesuaikan ini juga ukurannya telah di cetak langsung dari pabrik. Namun karena jenis pelindung ini terbuat dari material thermoplastic yaitu plastik yang menjadi lunak jika dipanaskan dan dapat mengeras pada saat dingin (boil and bite), sehingga membuat pelindung gigi jenis ini dapat disesuaikan.

Cara penggunaannya, masukkan pelindung gigi ke dalam air panas hingga melunak, setelah itu keringkan dan kemudian masukkan kedalam mulut. Dengan bantuan jari dan lidah, sipemakai dapat menyesuaikannya dengan bentuk rahang dan gigi. Pelindung gigi jenis ini masih sangat jarang tersedia di Negara kita.

  • Pelindung Gigi Sesuai Ukuran Pemakai (custom fitted)

Jenis pelindung gigi ini dibuat sesuai dengan ukuran sipemakai, sehingga lebih nyaman karena pas dengan ukuran gigi dan rahangnya. Biasanya jenis pelindung ini dibuat oleh dokter gigi yang mencetak rahang pasien, kemudian dikirim dan dikerjakan di laboratorium dental. Jenis pelindung gigi ini biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya, hal ini disebabkan karena proses pembuatannya yang spesifik.

Demikianlah manfaat pelindung gigi dan jenis – jenisnya yang telah kami sajikan pada artikel singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Jangan lupa untuk selalu membaca artikel – artikel informatif kami lainnya hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.