Manfaat Penting Rontgen Gigi

Jika berbicara mengenai kesehatan gigi nih sobat, tentunya hal ini sudah mejadi kewajiban kita untuk melakukan perawatan terhadap kesehatan gigi dan juga mulut tersebut secara keselurhan seperti menjaga gigi sejak dini sebab terdapat manfaat menjaga kesehatan gigi anak.  Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi ini mutlak harus kita lakukan untuk mendaptkan gigi yang sehat,

dan agar gigi serta mulut kita terbebas dari berbagai infeksi yang dapat merusak kesehatan gigi tersebut. Karena seyoginya, gigi yang putih, bersih dan rapih adalah idaman setiap orang sehingga terhindar dari masalah gigi dan tak perlu melakukan perawatan gigi hipersensitif.Oleh karena hal tersebutlah ada begitu banyak orang yang rela menghabiskan uang dan juga waktunya untuk medapatkan gigi yang sehat tersebut.

Berbicara mengenai perawatan gigi nih sobat, idelanya kita melakukannya secara rutin dan melakukan perawatan sejak  dini sebelum terjadi masalah. Setuju ya sobat. Karena seperti pepatah mengatakan “ lebih baik mencegah dari pada mengobati “  dimana sakit gigi dapat menjadi penyebab akar gigi rusak

Salah satu cara yang biasa dilakuakn untuk mendeteksi apakah ada gangguan pada gigi bisanya dengan melakuakn rontgen. Apakah sobat semua sudah pernah melakukan rontgen tersebut dan apa manfaat penting dari rontgen tersebut terhadap gigi anda secara umum? rontgen alah tindakan medis untuk kelainan gigi misalnya pada kelainan gigi geminasi.

Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat mari merapat dengan penulis, karena pada postingan kali ini penulis akan membahas mengenai Manfaat Penting Rontgen Gigi. Berikut ulasan seengkapnya untuk ada. Adapun yang dimaksud dengan rontgen gigi adalah gambar gigi, tulang gigi dan juga jaringan halus pembentuk gigi guna untuk membantu dokter menemukan maslaah yang etrdapat pada gigi, mulut dan juga rahang anda sehingga diketahui kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan atau karena sebab lain.

Adapun nanti hasil rontgen tersebut akna menunjukkan masalah pada gigi anda, struktur gigi yang tersembunyi (seperti pada gigi bungsu) dan juga dapat berupa pengeroosan tulang yang tidak terlihat saat pemeriksaan visual. Selain itu sobat, rontgen gigi ini juga dapat dilakukan sebagai tindak lanjut dari adanya pemeriksaan yang rutin agr dokter bisa memastiakn gigi anda terdapat masalah atu tidak terutama pada bagian yang tidka terlihat. Nah sobat, lantas apa saja sih manfaat dari rontgen gigi tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda. Cekidot !

1. Mencari Masalah Yang Ada Pada Mulut

Manfaat yang pertama adalah untuk mengetahui apakah ada masalah pada mulut dan gigi anda atau tidak.  Masalah kerap sekali terjadi pada gigi dan mulut tanpa disadari oleh seseorang tersebut, sebut saja seperti masalah adanya pembusukan gigi, kerusakan tulang yang menyokong gigi tersebut,

dan juga cedera lainnya yang terdapat pada gigi tersebut seperti adanya akar gigi yang busuk tanpa anda sadari. Selain itu sobat, rontgen gigi ini pada umumnya dilakukan untuk mendeteksi sejak dini masalah –  masalah pada gigi, sebelum nantinya muncul gejala pada gigi tersebut.

2. Memerika Kondisi Posisi Gigi

Manfaat yang kedua adalah untuk memeriksa kondisi posisi gigi anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, sering kali gigi kita berada pada posisi yang tidak seharusnya ia berada. Nah untuk itulah dokter gigi akan mencari gigi yang tidak berada pada tempat yang seharusnya,

atau yang tumbuh keluar dari gusi seperti yang kerap dialami oleh banyak orang. Dimana pada posisi seperti ini, pada umumnya gigi tumbuh berdempetan. Disinilah fungs rontgen tersebut berperan agar dokter bisa melakukan langkah perbaikan aats kondisi gigi tersebut.

3. Memastikan Tidak Ada Penyakit Yang Terdapat Pada Mulut

Manfaat yang ketiga adalah untuk memastikan tidak ada penyakit yang terdapat pada gig dan mulut anda secara keseluruhan. Tanpa kita sadari kerap kali mulut atau gigi kita terjangkit infeksi yang seirng berdampak pada kesehtan gigi dan mulut tersebut.

Sebut saja penyakit abses gigi, kista, atau tumor sering kali ada di dalam mulut tanpa diketahui atau disadari oelh orangnya. Nah sobat, rontgen tersebut akan berperan penting untuk mendeteksi hal tersebut tidak ada dalam mulut anda.

4. Bagian Dari Terapi Gigi

Manfaat yang keempat adalah bahwasanya rontgen gigi ini merupakan bagian dari terapi gigi. Sering kali jika seseorang mengalami terapi gigi, pada umumnya diawali dengan rontgen gigi terlebih dahulu untuk memastikan masalah apa saja yang terdapat pada gigi tersebut.

Sebut saja seperti terapi untuk gigi yang berubang parah, bedah akar gigi, implan gigi, dan juga operasi pada saat akan cabut gigi. Selain itu, rontgen gigi ini juga dilakukan pada saat akan terapi perbaikan susunan gigi yang tidak rapi ( orthodontic )

Itulah beberpa manfaat penting rontgen gigi ya bisa anda jadiakn sebagai pertimbangan pada saat ingin melakukan periksa atau perawatan gigi ya sobat. Pada umumnya, terdapat beberapa jenis rontgen gigi yang memiliki  fungsi dan tujuan yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya, sesuai dengan kebutuhan pasien gigi tersebut. Adapun jenis rontgen gigi yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

1. Bitewing X – Ray

Yakni rontgen yang akan menunjukkan gigi bagian belakang di rahang bawah dan atas, serta bagaimana posiis gigi terlihat saat anda mengatupakan rahang dan juga bersentuhan satu dengan yang lainnya.

2. Periapical X – Ray

Yakni rontgen yang akan menunjukkan keseluruhan gigi , mulai dari mahkota gigi yang terlihat sampai pada akar gigi dan tulang yang menyokog gigi tersebut. X –  Ray seperti ini digunakan untuk mencari masalah yang terdapat pada gigi tersebut.

3. Occlusal X – Ray

Yakni rontgen yang menunjukkan langit –  langit dan dasar mulut dan digunakan untuk mencari gigi tambahan, gigi yang belum tumbuh keluar gusi, peah rahang dan juga yang lainnya.

 4. Panoramic X – Ray

Yakni rontgen yang menunjukkan gambaran rahang secara meluas, beserta gigi, sinus, area hidung, dan juga persendian pada rahang.

5. Digital X – Ray

Yakni rontgen yang dialihakn ke monitor untuk direkam dan disimpan dalam bentuk digital

Itulah sobat ulasan mengani rontgen gigi yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadi refrensi bagi anda yang melakukan rontgen gigi. Salam