6 Manfaat Sirih Untuk Gigi yang Wajib Dicoba

Pernah melihat daun sirih? Bagi orang Indonesia, sirih merupakan tanaman yang pasti sudah tidak asing lagi karena tanaman yang juga dinamai piper bettle ini merupakan tanaman asli yang berasal dari tanah air. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat atau bersandar pada pohon lain. Adapun ciri-ciri paling menonjol yang terdapat pada sirih adalah bentuk daunnya yang terlihat menyerupai hati.

Daun sirih biasanya memiliki aroma yang khas karena mengandung minyak essensial seperti metil, eugonol, eucalyptol dan asam setarat. Minyak atsiri dalam daun sirih ini dapat berfungsi sebagai antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan antibakteri.

Berikut kandungan yang terdapat dalam daun sirih segar:

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Besi ion
  • Karoten
  • Tiamin
  • Ribovlavin
  • Sam nikotianat
  • Vitamin C

Jika dilihat secara sekilas, barangkali tanaman sirih akan terlihat seperti tanaman liar. Namun, siapa sangka bahwa ternyata tanaman sirih memiliki banyak manfaat. Dalam pengobatan tradisional, tanaman sirih bisa kita jadikan obat untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, tanaman sirih juga dipercaya bisa menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Adapun beberapa kegunaan tanaman sirih yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Menghilangkan bau badan
  • Menahan pendarahan
  • Mengobati gangguan pencernaan
  • Mencaharkan dahak
  • Mengatasi sembelit
  • Mengobati penyakit asma
  • Demam berdarah
  • Menghilangkan keputihan

Selain ragam manfaat daun sirih yang telah disebutkan di atas, ada juga manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari penggunaan daun sirih dan mungkin belum anda ketahui, yakni manfaat sirih untuk gigi.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengunyah daun sirih maka hal itu akan mengatasi berbagai masalah yang ada pada mulut dan gigi. Selain itu, penggunaan daun sirih juga bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi kita. Berikut manfaat sirih untuk gigi yang bisa anda dapatkan:

1. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap juga dikenal dengan istilah halitosis. Bau mulut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jarang menggosok gigi, makanan yang dikonsumsi, atau adanya masalah yang terjadi pada gigi ataupun gusi.

Dengan mengunyah daun sirih dapat menjadi salah satu cara mencegah bau mulut yang bisa anda aplikasikan. Menurut penelitian “Asian Pasific Journal of Cancer Prevention” pada tahun 2011, manfaat dari mengunyah daun sirih adalah untuk mencegah bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar.

Hal itu bisa terjadi karena daun sirih mengandung minyak atsiri yang dikenal memiliki aroma yang wangi dan segar. Selain dikunyah, anda juga bisa berkumur menggunakan rebusan daun sirih.

2. Mencegah Gigi Berlubang

Penyebab gigi berlubang adalah bakteri. Bakteri yang terdapat dalam mulut dapat merusak permukaan yang keras atau disebut juga sebagai lapisan enamel sehingga menyebabkan munculnya lubang kecil yang tak kasat mata. Ketika hal ini tidak di atasi segera mungkin, maka lubang kecil tak kasat mata tersebut akan terus membesar hingga jadilah gigi berlubang besar.

Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah gigi berlubang dan salah satunya adalah memanfaatkan daun sirih. Berdasarkan penelitian beberapa pakar, daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan antibakteri paling tinggi.

Dengan demikian, jika anda ingin menghilangkan bakteri penyebab gigi berlubang maka anda dapat menggunakan daun sirih. Adapun cara yang bisa anda lakukan ada dua pilihan; pertama, anda bisa mengunyah daun sirih secara langsung, dan yang kedua, anda juga bisa merebus daun sirih terlebih dahulu lalu menyaring airnya untuk dipakai berkumur.

Selain itu, anda juga harus menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang.

3. Meredakan Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi kerap dialami oleh hampir semua orang yang memiliki gigi berlubang. Sakit gigi akibat gigi berlubang tentunya akan membuat si penderita sangat terganggu karena sakit yang dirasakan bukan hanya pada area gigi namun juga terkadang merambat ke kepala. Sakit gigi juga merupakan salah satu alasan gigi harus dicabut.

Di apotik, tentu banyak obat yang tersedia untuk meredakan sakit gigi dan dapat berfungsi sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang besar. Namun, biasanya penggunaan obat sakit gigi biasanya akan memicu beberapa efek samping bagi tubuh. Maka dari itu, jika anda menginginkan obat herbal yang alami dan tidak memiliki efek samping, solusinya adalah menggunakan sirih.

Mengunyah daun sirih secara langsung atau berkumur dengan rebusan daun sirih merupakan obat alami yang sangat efektif dalam mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Banyak orang yang telah membuktikannya.

4. Mencegah Gusi Bengkak

Gusi bengkak biasanya terjadi akibat adanya infeksi dari bakteri dan lagi-lagi, salah satu faktor yang menyebabkan infeksi pada gusi adalah malas membersihkan gigi.

Namun, anda bisa mencegah terjadinya infeksi atau pembengkakan gusi dengan berkumur rebusan air daun sirih. Kandungan antiseptik serta antibakteri yang terdapat dalam sirih mampu membunuh bakteri dan juga akan melindungi gigi serta gusi anda dari bakteri.

5. Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Karang gigi merupakan salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, selain sulit untuk disingkirkan dan merupakan salah satu penyebab gigi rusak, karang gigi juga dapat merusak warna gigi sehingga akan berpengaruh pada penampilan anda.

Pada dasarnya, Proses terbentuknya karang gigi dipicu oleh plak yang menempel pada gigi. Plak pada gigi sendiri merupakan hasil dari sisa makanan atau minuman yang kita konsumsi yang kemudian mengeras karena adanya pengaruh dari bakteri. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan menyebabkan berbagai kerusakan pada gigi dan memicu terjadinya jenis-jenis penyakit gigi.

Untuk mencegah terbentuknya karang gigi, maka anda harus membersihkan plak dari gigi anda secara rutin. Selain tahu cara menyikat gigi dengan benar, alangkah baiknya jika anda menggunakan rebusan daun sirih untuk berkumur-kumur karena kandungan yang terdapat dalam daun sirih telah terbukti mampu menghilangkan plak pada gigi.

Berkumur dengan rebusan daun sirih juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan karang gigi.

6. Memperkuat Gigi dan Gusi

Di Indonesia terdapat sebuah budaya yang disebut dengan budaya nyirih. Budaya nyirih ini merupakan kebiasaan mengunyah daun sirih dengan tujuan untuk memperkuat gigi dan gusi.  Terbukti bahwa para lansia yang terbiasa nyirih atau mengunyah sirih memiliki gigi dan gusi yang lebih kuat dan tahan lama ketimbang dengan lansia yang tidak hobi nyirih.

Budaya nyirih sendiri sudah dilakukan oleh nenek moyang jauh sebelum hadirnya pasta gigi. Itulah sebabnya, di beberapa pasta gigi yang kita gunakan sekarang ini, terdapat kandungan zat xilitol yang merupakan kandungan dari daun sirih. Sehingga ketika kita menggunakan pasta gigi maka manfaat nyirih juga bisa didapatkan.

Itulah beberapa manfaat sirih untuk gigi yang bisa kita dapatkan. Semoga bacaan kali ini dapat menambah wawasan serta bisa bermanfaat bagi kita semua, amiin.