Sponsors Link

6 Manfaat Vitamin C Untuk Gigi Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Vitamin C bisa kita jumpai dalam makanan maupun minuman yang kita konsumsi. Beberapa bahan makanan dan minuman yang mengandung vitamin c diantaranya jeruk, lemon, brokoli, cabai, tomat, kelengkeng, jambu biji, kiwi, alpukat dan strawberry. Vitamin c mengandung antioksidan yang berperan penting pada tubuh. Manfaat lain dari vitamin c dalam tubuh adalah meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penuaan, menghilangkan sel kanker, mencegah penyakit jantung dan stoke. Manfaat terhadap kesehatan gigi pun bisa kita rasakan jika mengkonsumsi vitamin c secara rutin.

ads

Menurut para ahli, konsumsi vitamin c yang baik dan benar memiliki takarannya masing-masing agar dapat dimanfaatkan oleh tubuh dengan maksimal. Minimal setiap orang harus mengkonsumsi vitamin c tiap harinya sebanyak 200-1.000 mg. Banyaknya manfaat dalam vitamin c juga bisa dirasakan pada gigi anda. Berikut ini halogigi akan menjelaskan manfaat vitamin c untuk gigi lebih lanjut untuk anda.

1. Menyehatkan Gusi

Gusi merupakan tempat dimana gigi anda dapat tumbuh. Gusi yang sehat bisa menandakan bahwa kondisi gigi anda baik sehingga gigi dapat bertahan pada gusi dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, gusi sehat juga bisa menjadi tempat menompang gigi anda agar tetap kuat membantu aktivitas makan dan minum anda tetap lancar. Perawatan gusi sehat perlu dilakukan dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman sehat dan bergizi.

Salah satunya makanan dan minuman yang memiliki kandungan vitamin c yang cukup banyak. Vitamin c pada makanan dan minuman tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh saja melainkan manfaat vitamin c untuk gigi bisa anda rasakan. Kandungan vitamin c bekerja pada gigi karena vitamin c mudah larut dalam air sehingga bisa langsung diserap.  Gusi sehat bisa ditunjukkan dengan gusi kuat dan berwarna merah muda. Dengan mengkonsumsi vitamin c maka tanda gusi sehat bisa anda lihat dengan seksama.

2. Gigi Tetap Kuat

Selain didukung dari tempat tumbuh gigi yang baik, gigi tetap kuat apabila terjaga nutrisi, kebersihan dan perawatannya. Mengkonsumsi vitamin c bisa membantu menutrisi gigi anda agar tetap kuat karena vitamin c mengandung antioksidan yang banyak. Kandungan antioksidan pada vitamin c mampu menstimulasikan sintesis kolagen.

3. Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi sering dirasakan oleh setiap orang dengan cara yang berbeda-beda. Penyebab sakit gigi bisa dipengaruhi oleh kondisi suhu makanan dan minuman dingin maupun panas, stress, gigi sensitif, dan gigi berlubang. Banyaknya penyebab sakit gigi pun bisa kita cegah dengan membaca artikel kesehatan terkait cara ampuh menghilangkan sakit gigi menggunakan cara tradisional maupun kimia. Bahan tradisional maupun kimia bisa meredakan sakit gigi karena adanya kandungan vitamin c.

4. Mengobati Gigi Berlubang

Gigi berlubang disebabkan oleh kondisi email gigi yang terkikis akibat penumpukan bakteri dan kuman pada gigi. Biasanya gigi berlubang dapat menyebabkan kondisi gigi terasa ngilu maupun berdarah. Kondisi gigi yang seperti ini menunjukkan penumpukan bakteri dan kuman sudah banyak sehingaa saat gigi mengalami gesekan sehingga gigi memberikan respon seperti ngilu maupun berdarah.

Kandungan antioksidan dan mengandung keasaman yang tinggi pada vitamin c bisa mengobati luka pada gigi berlubang karena vitamin c dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Sponsors Link

5. Mengobati Sariawan

Sariawan pada mulut bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin c, bagian yang luka tidak sengaja tergigit dan tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi anda. Akibat dari sariawan bisa menimbulkan luka pada bagian mulut diantaranya rongga mulut, bibir, gusi maupun lidah.

Rasa perih yang ditimbulkan jika tidak diobati segera maka luka akan menyebar sehingga aktifitas makan, minum dan bicara terganggu. Selain mengobati gigi berlubang, vitamin c juga dapat mengobati sariawan. Adanya kemampun mempercepat penutupan luka pada vitamin c bisa membantu meredakan sakit dan mengurangi luka yang ditimbulkan dari sariawan.

6. Mencegah Masalah Gigi dan Mulut Lainnya

Kemampuan vitamin c yang kaya akan antioksidan dan kolagen dapat memberikan manfaat lain seperti mecegah masalah gigi dan mulut lainnya. Masalah gigi dan mulut yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi vitamin c adalah peradangan dan luka pada gusi. Peradangan dan luka pada gusi disebabkan oleh kurangnya imun pada gusi sehingga kondisi gusi tidak kuat sehingga menyebabkan gusi tidak dapat menopang gigi. Gigi ini nantinya akan mudah goyang.

Sponsors Link

Jika kondisi gigi mudah goyang, ada kemungkinan gigi akan lebih mudah menjadi sarang tempat tinggal kuman akibat kebersihan gigi tidak terjaga. Gigi yang goyang akan menimbukan gap (rongga) pada gusi sehingga gigi sulit untuk dibersihkan. Masalah selanjutnya bisa menyebabkan gigi memiliki plak, karies gigi,gigi berlubang maupun masalah gigi lainnya. Maka dari itu, mengkonsumsi vitamin c sangat perlu bagi setiap orang.

Setelah anda mengetahui manfaat vitamin c untuk gigi maka anda perlu menjaga keseimbangan vitamin c pada tubuh anda dengan mengetahui  makanan yang menyehatkan gigi, makanan yang menguatkan gigi dan jus untuk menghilangkan sakit gigi sehingga kesehatan gigi anda dapat terjaga. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan