5 Manfaat Vitamin D Untuk Gigi yang Tidak Diketahui

Kebutuhan vitamin dan mineral pada manusia selalu hadir pada makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Beberapa bahan makanan dan minuman seperti sayur dan buah yang mengandung banyak gizi dan nutrisi tidak hanya sehat bagi kesehatan tubuh saya. Namun sayur dan buah yang anda konsumsi bisa bermanfaat untuk kesehatan gigi anda.

Salah satu vitamin yang mudah larut di air dan ditemukan pada bahan makanan dan minuman adalah manfaat vitamin c untuk gigi, vitamin A, D, E dan K. Dari kelima vitamin tersebut dosen biologi akan membahas mengenai manfaat vitamin D untuk gigi. Manfaat vitamin d terkenal dengan vitamin yang membantu memperkuat kondisi tulang tetapi manfaat vitamin d untuk gigi bisa anda dapatkan pula.

Kenapa vitamin D dapat bermanfaat untuk gigi ?. Gigi berbeda dengan tulang karena gigi terbentuk dari kalsium, fosfor dan mineral lain sedangkan tulang terdiri dari unsur kalsium, fosfor, sodium dan mineral lain. Namun kebutuhan gigi terhadap vitamin d hampir sama seperti kebutuhan vitamin d pada tulang. Informasi lengkapnya anda bisa melihat apa saja manfaat vitamin D untuk gigi lainnya berikut ini.

1. Komponen Pembentuk Gigi

Pembentukan gigi pada manusia dimulai dari bayi sejak berada dalam kandungan. Namun gigi akan tumbuh saat anak mulai berusia 6 bulan setelah anak lahir. Pada usia demikian, kebutuhan gizi dan nutrisi seperti asupan kalsium dan vitamin sangat diperlukan. Kalsium dan vitamin d dapat menjadi komponen pembentuk gigi.

Cara kerja gigi dalam proses pembentukan gigi dimulai dari vitamin d yang ada pada tubuh kemudian mengalir dalam darah melalui pengangkutan zat kapur dan on fosfat ke epithelium mucosa yang berhubungan dengan usus kecil dalam penyerapannya. Baca : Cara merawat gigi bayi.

2. Pengatur Kadar Fosfor

Manfaat vitamin d untuk gigi yang kedua adalah pengatur kadar fosfor. Pada awal penjelasan sebelumnya, halogigi menyampaikan kalau gigi tersusun dari komponen kalsium, fosfor, dan mineral lain. Kandungan fosfor pada gigi dapat dipengaruhi karena ada vitamin d. Kadar fosfor pada tubuh sebenarnya mempengaruhi jumlah kadar kalsium yang ada pada tubuh.

Fosfor dan kalsium sangat penting untuk gigi. Apabila kadar fosfor tinggi maka akan menyebabkan penyerapan kalsium rendah sedangkan penyerapan kalsium tinggi maka kadar fosfor akan rendah. Oleh karena itu keberadaan vitamin d sangat penting dalam mengatur kadar fosfor dan kadar kalsium.

3. Memperkuat Gigi

Fungsi vitamin d dalam cara memperkuat gigi yang keropos sangat penting. Namun jumlah vitamin d pada tubuh harus dalam kondisi yang seimbang. Usia lanjut sangat penting memiliki kecukupan vitamin d tetapi jumlah yang banyak pada tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit baru muncul. Penyakit yang muncul apabila anda yang berusia lanjut memiliki kandungan vitamin d berlebih adalah pembentukan asam urat, kolesterol dan urea.

Selain penyakit baru yang muncul, seseorang perlu mengetahui gejala apabila mereka mengalami kekurangan dan kelebihan vitamin d. Kekurangan vitamin d akan muncul gejala mudah lelah, nyeri sendi dan nyeri otot. Kelebihan vitamin d akan memiliki kalsium yang banyak karena kalsium menempati beberapa organ tubuh seperti ginjal, paru-paru, hati, pembuluh darah dan mata. Jika anda sudah mengalami gejala demikian sebaiknya pergi ke dokter agar dapat segera ditangani dengan baik.

4. Mempermudah Penyerapan Kalsium

Vitamin d dapat dirasakan manfaatnya untuk gigi sebenarnya tidak karena vitamin d saja tetapi ada vitamin dan mineral lain yang ikut membantu vitamin d dalam mempermudah penyerapan kalsium. Manfaat vitamin d untuk mempermudah penyerapan kalsium karena vitamin d ikut bekerja dalam proses penyerapan manfaat kalsium terhadap kesehatan gigi sampai ke tahap jaringan. Perlu diketahui bahwa jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki fungsi tertentu.

Adapun pembentukan vitamin d sebenarnya diawali dari terbentuknya pro-vitamin d. Lalu pro-vitamin d diubah menjadi vitamin d. Setelah vitamin d terbentuk, barulah vitamin d dapat membantu dalam penyerapan kalsium. Seseorang yang kekurangan vitamin d makan penyerapan kalsiumnya akan ikut berpengaruh. 

5. Memperpanjang Usia Gigi

Gigi yang sehat adalah gigi yang tidak mengalami penyebab gigi berlubang, gigi ngilu, kondisi gigi utuh, tidak ada keluhan mengenai penyebab gigi patah, warna gigi berwarna putih gading dan kelembaban gigi terjaga menurut ciri gigi sehat. Kondisi gigi yang demikian menyebabkan usia gigi akan lebih bertahan lama jika dibandingkan gigi yang tidak memiliki salah satu atau beberapa ciri gigi sehat. Jika seseorang memiliki kandungan vitamin d dalam tubuh dengan jumlah yang tepat maka ia akan membantu memperpanjang usia gigi. Gigi yang memiliki usia hidup yang panjang akan mempermudah aktivitas anda terutama makan dan minum.

Cukup banyak bukan manfaat vitamin d untuk kesehatan gigi ?. Selain manfaat vitamin d, anda semua perlu mengetahui makanan yang menyehatkan gigi karena ada kandungan vitamin d adalah susu, telur, ikan tuna, jamur, kacang kedelai (susu, tahu dan tempe), kacang almond dan jus jeruk. Adapun sinar matahari pagi dapat meningkatkan kebutuhan vitamin d pada tubuh anda. Demikian penyampaian halogigi mengenai manfaat vitamin d untuk gigi. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda. Salam gigi sehat.