Sponsors Link

2 Manfaat Yoga yang Luar Biasa Untuk Gigi

Sponsors Link

Yoga merupakan kegiatan yang tidak hanya bisa meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, menjernihkan pikiran, meningkatkan suasana hati dan juga menginspirasi kepositifan untuk bisa lebih hidup dengan baik. Akan tetapi, ternyata manfaat yoga yang luar biasa untuk gigi juga cukup beragam.

ads

Ketika anda menyadari betapa saling berhubungannya setiap bagian tubuh, maka tidak akan sulit untuk melihat bagaimana hal tersebut bisa bekerja. Anda pasti pernah mendengar jika penyakit mulut seperti radang gusi dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung. Jika hal ini diabaikan, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan gigi dan bertambah serius. Untuk itu dalam ulasan kali ini, kami akan membahas tentang manfaat yoga yang luar biasa untuk gigi anda.

1. Yoga Bisa Mengurangi Stress

Seperti yang kita ketahui, berbagai aktivitas sekarang ini seringkali membuat kita terjebak dalam stress dengan berbagai alasan dan terkadang sangat sulit untuk menghindarinya.

Yoga sangat membantu untuk menjernihkan pikiran dan fokus lewat teknik pernapasan yang dengan sendirinya akan memberikan banyak manfaat terapi. Pada akhir sesi yoga selama 1 jam, anda nantinya bisa merasa santai dengan tujuan yang baru. Anda nantinya juga akan bisa bernafas dengan lebih mudah dan semua tekanan dan ketegangan yang sudah lama anda rasakan.

Stress sendiri sangat berhubungan dengan kesehatan gigi dan juga gusi. Penelitian menunjukkan jika stress membuat seseorang jadi malas melakukan perawatan gigi yang tepat pada gusi dan gigi mereka. Selain itu, stress juga bisa menyebabkan menggiling gigi atau bruxism yang akhirnya menyebabkan retakan mirko dan tambalan yang rusak dan akhirnya menyebabkan kerusakan saraf, gigi yang digiling ke dentin gigi sehingga semakin peka terhadap panas dan dingin, resesi gusi karena tekanan pada gusi, gigi longgar dan kantong gusi akibat gigi goyang yang menggerinda dan sakit kepala serta rahang akibat otot rahang yang terlalu banyak bekerja.

Stres juga bisa menyebabkan kelenjar air liur memperlambat produksi air liur yang menjadi bahan penting untuk membersihkan bakteri dan partikel makanan. Pada saat mulut kering, maka menciptakan lingkungan ideal untuk bakteri berkembang dan akhirnya menyebabkan masalah gigi serius termasuk penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Lewat yoga, anda bisa mengurangi stres dan melindungi gigi serta gusi anda. Selain itu, yoga juga dapat mengurangi peradangan tidak hanya pada mulut namun juga seluruh tubuh.

2. Yoga Bisa Merangsang Air Liur

Air liur merupakan bahan utama untuk membasmi bakteri dan partikel makanan sebab air liur mengandung enzim bakteri yang memecah makanan dan membuat makanan jadi lebih mudah ditelan. Pada saat kelenjar air liur memperlambat produksi air liur, maka bakteri akan tumbuh dengan cepat dan akhirnya mulut kering menciptakan lingkungan di mana bakteri bisa berkembang biak.

Sedangkan mulut kering kronis bisa menyebabkan penumpukan plak pada gigi, kerusakan gigi dan juga penyakit gusi. Jika anda berlatih yoga, maka anda akan belajar teknik pernapasan yang tepat yang nantinya bisa mencegah mulut dan tenggorokan kering sekaligus merangsang kelenjar ludah anda.

Mudra Khechari merupakan gerakan atau sikap yang bisa mengarahkan energi dan dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk mengaktifkan kelenjar ludah. Merangsang produksi air liur lewat latihan yoga nantinya bisa membantu tubuh mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut anda dalam mengurangi pertumbuhan bakteri pada mulut dan mengurangi penyebaran racun lewat aliran darah dan di dalam sistem pencernaan.

Sponsors Link

Tubuh kita memiliki banyak kemampuan menyembuhkan jika memang anda meluangkan waktu dan berupaya untuk menggunakannya. Dengan mengurangi stres, memperbaiki postur dan merangsang produksi air liur, maka anda bisa membantu mencegah beberapa masalah kesehatan gigi dari mulai penumpukkan plak pada gigi sampai erosi enamel gigi serta kerusakan gigi.

Memakai latihan yoga untuk kesehatan gigi dan dikombinasikan dengan praktik kebersihan mulut yang baik termasuk menyikat gigi, flossing gigi dan juga membersihkan gigi secara teratur di dokter gigi, maka ini sudah menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup