Sponsors Link

6 Masalah Gigi yang Sering Dijumpai Pada Ibu Hamil

Sponsors Link

Haloo sobat semuanyaaa, salam sehat! Nah di artikel kali ini, kita akan membahas apa saja sih masalah gigi yang sering dijumpai pada ibu hamil. Seperti yang kita tau, kehamilan adalah suatu momen yang sangat dinantikan untuk pasangan yang baru menjalin bahtera rumah tangga sehingga harus diperhatikan seperti menghindari bleaching gigi pada ibu hamil.

ads

Selain perubahan fisik pada saat kehamilan, ternyata juga terjadi perubahan hormon dan perubahan perilaku. Nah karena perubahan – perubahan tersebut, berpengaruh juga pada kesehatan gigi dan mulut sang ibu nih sobat. Lalu apa saja Masalah Gigi yang Sering Dijumpai Pada Ibu Hamil ya? Ada yang tau? Lets cekidot, mari kita bahas.

Ada beberapa masalah gigi yang sering dialami ibu hamil, seperti :

1. Karies Gigi ( Kerusakan Gigi )

Nah sobat, masalah gigi yang sering dialami ibu hamil yang pertama adalah Karies Gigi atau sering disebut kerusakan gigi. Ibu hamil lebih rentan terhadap kerusakan gigi. Mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon di dalam rongga mulut,

Kondisi ini berpotensi meningkatkan demineralisasi atau sering disebut pelepasan mineral pada gigi sehingga menyebabkan karies gigi atau bercak putih gigi. Selain itu, karies gigi juga dipengaruhi oleh konsumsi makanan tinggi gula, terutama gula sederhana.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah karies gigi ini sobat? Nah, untuk mengatasi masalah karies gigi ini, disarankan bagi ibu hamil untuk menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi yang mengandung flourida. Juga disarankan saat setelah makan,

ibu hamil mengkonsumsi hidangan pencuci mulut yang mengandung florida untuk menangkal adanya demineralisasi ( pelepasan mineral ) gigi akibat muntah – muntah. Selain itu, batasi konsumsi makanan yang manis, terutama yang tinggi gula, serta hindari cara gosok gigi yang merusak gigi. Karies gigi ini cukup berbahaya untuk ibu hamil lho sobat. Hmm kenapa cukup berbahaya? Yuk kita bahas bahaya karies gigi pada ibu hamil.

  • Mengakibatkan kurang istirahat.

Bila terdapat karies gigi pada ibu hamil, tentu saja hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan. Karies gigi akan menjadi bertambah parah dengan adanya penyerapan kalsium yang dibutuhkan bayi untuk proses tumbuhnya.

  • Mengakibatkan keluarnya hormon prostaglandin

Hormon prostaglandin bersifat merangsang timbulnya kontraksi pada rahim. Keadaan rahim yang mengalami kontraksi terus – menerus dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur, bahkan keguguran atau penyakit kronis akibat infeksi gigi.

  • Mengakibatkan gangguan jantung pada ibu hamil

2. Gigi Goyang

Nih lagi sobat, masalah gigi yang sering dialami ibu hamil yang kedua adalah Gigi Goyang. Lalu, bagaimana sih gigi goyang itu sobat? Ibu yang tengah daam masa kehamilan, bisa mengalami gigi goyang yang pada umumnya terjadi pada usia akhir kehamilan sehingga tak perlu tipe prosedur kosmetik dalam kesehatan gigi.

Sponsors Link

Hal ini dikarenakan terjadi perubahan pada jaringan di sekeliling perubahan akar gigi atau penyebab lainnya yang tidak berhubungan dengan kehamilan. Akan tetapi nih sobat sehat, gigi goyang pada ibu hamil tidak berkaitan dengan kekurangan suplai kalsium dalam tubuh, dan biasanya membaik dengan sendirinya setelah proses kelahiran. Jadi, jika sobat mengalami masalah gigi goyang ini, tak perlu terlalu khawatir ya.

3. Gingivitis ( Radang Gusi )

Ayay sobat sehat, sekarang kita akan bahas masalah gigi yang sering dialami ibu hamil yang ketiga, yaitu Gingivitis atau lazim disebut radang gusi. Dampak dari kenaikan level hormon esterogen pada ibu hamil, akan menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena gingivitis ( radang gusi ) dan hiperplasia gingiva ( penebalan gusi akibat pembengkakan ). Gingivitis biasanya menyerang sepanjang tepian gusi, dan gusi di antara gigi – gigi nih sobat.

Sobat sehat, Gingivitis juga sering disebut gusi berdarah. Gingivitis adalah masalah paling umum yang terjadi pada sekitar 60 -70 % ibu hamil. Penybab umum gusi berdarah adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh, naik turunnya hormon esterogen dan progesteron, serta adanya perubahan jumlah bakteri dalam mulut.

ads

Saran bagi ibu hamil ya sobat untuk mencegah terjadinya gusi berdarah adalah menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi yang mengandung flourida. Selain itu, cucilah mulut menggunakan larutan yang mengandung garam atau bersifat salin, untuk meringankan iritasi, dan juga mengkonsumsi pencuci mulut yang mengandung Chlorhexidine juga aman digunakan ibu hamil.

4. Gigi Berlubang

Sekarang kita bahas masalah gigi yang sering dialami ibu hamil yang keempat sobat, yaitu Gigi berlubang. Masalah yang satu ini berkaitan erat dengan Gingivitis, yang sudah kita bahas di atas. Mengapa begitu sobat? Karena, pada ibu hamil yang terkena Gingivitis,

saat ibu hamil menggosok gigi jadi terasa tidak nyaman. Walaupun kondisi ini bisa dibilang jarang terjadi, tapi dapat memicu terjadinya karies gigi, bahkan gigi berlubang. Hayooo bagi kalian para ibu hamil, jangan malas menggosok gigi ya sobat, bisa jadi sumber masakah gigi lho!

5. Pengikisan Enamel Gigi

Uyeee sobat, sekarang kita bahas masalah gigi yang sering dialami ibu hamil yang kelima. Morning Sickness umum terjadi pada ibu hamil, yang menyebabkan rasa mual dan muntah akibat naiknya level hormon gonadotropin ( hormon yang berperan dalam kesuburan ),

pada trimester pertama kehamilan. Pada ibu hamil yang terlalu sering mengalami muntah, kondisi ini bahkan sampai mengganggu aktivitas atau seperti pada pasien bulimia, cairan asam lambung dapat mengikis sisi bagian dalam gigi, terutama pada gigi depan.

6. Granuloma Piogenik ( Tumor Kehamilan )

Lets cekidot sobat, sekarang kita bahas masalah gigi yang sering dialami ibu hamil yang keenam. Hmmm, jadi apa itu Granuloma Piogenik atau sering disebut Tumor Kehamilan nih sobat? Tumor? Apa hubungannya dengan kesehatan gigi dan mulut?

Berdasarkan sata yang diperoleh dari Journal of Clinical and Diagnostic Research, masalah kesehatan Granuloma Piogenik memang cukup jarang terjadi, yakni hanya ada sekitar 1 – 5 % saja pada ibu hamil. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari peningkatan jumlah pembuluh darah secara abnormal.

Penyebabnya tidak lain adalah perubahan hormon seks, yang mana di area tersebut sudah terjadi peradangan gusi yang berada di antara gigi, dan dapat terjadi kapan saja selama masa kehamilan terutama pada kehamilan pertama saat trimester ke – 1 dan ke – 2. Namun jangan khawatir nih, kalau sobat mengalaminya. Kondisi ini akan sembuh sendiri setelah proses melahirkan.

Nah sekian, artikel tentang “Masalah Gigi yang Sering Dijumpai pada Ibu Hamil” ya sobat. Terima Kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi