Sponsors Link

4 Masalah Gigi Susu yang Sering Terjadi Pada Anak

Sponsors Link

Meski gigi susu bukanlah gigi yang permanen, namun gigi susu juga sering mengalami masalah. Anak anak umumnya sering mengalami masalah gigi susu seperti plak pada gigi, gigi berubah warna, gigi sensitif dan juga berbagai masalah gigi lainnya. Untuk itu, perawatan gigi pada anak juga sangat dianjurkan untuk dilakukan sejak dini bahkan juga ketika gigi anak mulai tumbuh. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah masalah gigi susu pada anak seperti beberapa kondisi yang bisa terjadi seperti berikut ini.

ads
  1. Masalah Gigi Berlubang

Tidak hanya gigi permanen yang bisa mengalami masalah gigi berlubang, akan tetapi masalah ini juga bisa terjadi pada gigi susu seperti gigi taring berlubang. Masalah gigi susu berupa gigi berlubang biasanya terjadi karena anak anak senang mengkonsumsi makanan yang manis seperti kue, coklat, permen dan lain sebagainya. Sesudah mengkonsumsi beberapa makanan tersebut, umumnya anak tidak akan menyikat gigi dengan baik yang akhirnya membuat sisa makanan manis tersebut menempel pada area gigi.

Gula yang menempel pada gigi akan menjadi makanan bagi bakteri sehingga semakin berkembang biak. Asam yang nantinya dilepaskan bakteri untuk mencerna gula bisa semakin mengikis enamel gigi yang semakin lama berubah menjadi plak gigi dan masalah gigi berlubang pun terjadi. Selain itu, bayi yang sering menyusu menggunakan botol sambil tiduran juga bisa menyebabkan gigi berlubang sebab gula pada susu bisa menggenang pada gigi yang biasa disebut dengan baby bottle caries.

Masalah gigi berlubang parah yang terjadi pada anak juga bisa mengakibatkan hancurnya gigi anak dalam waktu sekitar 6 bulan dan timbul masalah gigi bengkak. Untuk mencegah masalah gigi berlubang ini, maka bisa dilakukan dengan rutin membersihkan gigi anak sejak dini dan ajarkan untuk menyikat gigi memakai pasta gigi anak enzim sebanyak dua kali sehari.

  1. Masalah Gigi Sensitif

Masalah gigi sensitif juga bisa terjadi pada anak yang membuat mereka merasakan nyeri ketika makan atau minum sesuatu yang dingin atau panas. Akibatnya, anak anak tentu tidak merasa nyaman ketika makan. Gigi sensitif ini bisa terjadi ketika enamel gigi anak sudah tipis karena asam dari bakteri. Masalah gigi sensitif juga bisa terjadi ketika ada retak kecil pada gigi atau karena gusi surut yang terjadi akibat cara menyikat gigi yang tidak benar. Untuk mengatasi masalah gigi sensitif pada anak tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pasta gigi khusus gigi sensitif pada anak secara teratur.

  1. Warna Gigi Berubah

Masalah perubahan warna gigi mungkin menjadi masalah yang paling sering terlihat pada gigi susu anak. Warna gigi anak nantinya akan terlihat kuning atau terdapat noda coklat di permukaan gigi anak yang bisa disebabkan karena banyak hal. Salah satu penyebab gigi cepat kuning adalah karena anak malas untuk menyikat gigi atau tidak dilakukan dengan benar sesudah makan. Untuk itu, menyikat gigi setiap hari sangat penting dilakukan yakni saat pagi dan malam sebelum tidur. 

Sponsors Link

  1. Gigi Tanggal Terlalu Cepat

Gigi tanggal di usia muda yang terjadi terlalu cepat atau sebelum waktunya bisa terjadi ketika anak mengalami kerusakan gigi, cedera, trauma atau karena ruang gigi pada rahang kurang. Ini nantinya bisa mengakibatkan gigi permanen akan tumbuh bengkok atau miring. Ketika gigi susu tanggal sebelum waktunya, maka gigi permanen akan muncul sehingga membuat gigi susu didekatnya akan bergeser yang berakibat pada kurangnya ruang untuk gigi permanen, gigi depan miring ke samping atau penumpukan gigi. Gigi yang bertumpuk tersebut kemudian akan semakin sulit dibersihkan sehingga membuat anak anak lebih mudah terkena masalah gigi.

Meski nantinya akan digantikan dengan gigi permanen, namun kesehatan dan kebersihan gigi susu pada anak anak tidak boleh diabaikan karena tetap bisa menyebabkan masalah gigi seperti yang terjadi pada gigi permanen orang dewasa. Lakukan perawatan gigi anak sejak dini bahkan dimulai ketika gigi anak sudah mulai tumbuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi