Sponsors Link

Benarkah Jika Memutihkan Gigi Bisa Menyebabkan Gigi Sensitif?

Sponsors Link

Gigi putih tentunya membuat senyuman akan lebih terlihat indah sehingga orang melakukan segala cara membuat gigi menjadi putih untuk mendapatkan tampilan gigi yang putih. Namun di sisi lain, banyak orang yang mengatakan jika memutihkan gigi bisa menyebabkan gigi sensitif. Apakah benar demikian?, simak ulasan selengkapnya dari kami berikut ini.

ads

Pasta Gigi Pemutih

Pasta gigi pemutih bisa dikatakan menjadi cara untuk memutihkan gigi yang efektif meski hasilnya tidak sebagus jika melakukan pemutihan gigi di dokter. Selain itu, efek putih dari pasta gigi ini juga tidak bertahan lama sebab kandungan pemutih dalam pasta gigi tidak terlalu banyak meski sebagian juga mengandung zat abrasif yang bisa menghilangkan noda pada gigi.

Memutihkan Gigi di Dokter Gigi

Cara memutihkan gigi yang kuning dan berkarang yang bisa dilakukan sebenarnya adalah di dokter gigi. Sesudah dokter membersihkan gigi dari karang gigi dan juga plak pada gigi yang membandel, maka nantinya akan diaplikasikan gel pemutih khusus yang mengandung hidrogen peroksida untuk mengikis warna kusam pada gigi. Sesudah itu, gigi akan disinari dengan sinar UV untuk mempercepat proses pemutihan meski tidak semua jenis gel pemutih membutuhkan proses penyinaran.

Selain itu, memutihkan gigi juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memakai cetakan gigi yang terlebih dulu dibuat dokter dan diaplikasikan bahan pemutih. Cetakan tersebut kemudian digigit dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika gigi sangat kusam, maka prosedur harus dilakukan sebanyak beberapa kali hingga mendapatkan hasil terbaik.

Gigi yang sudah diputihkan di dokter ini membuat gigi hanya berubah warna di bagian luar saja seperti yang disebabkan karena makanan, minuman atau kebiasaan merokok. Namun jika gigi yang terlihat kusam disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu atau akibat saraf gigi yang mati, maka membutuhkan metode yang lain. Karena hanya bisa memperbaiki warna gigi yang diakibatkan faktor luar, maka hasilnya juga hanya akan bertahan selama 1 tahun apabila juga diikuti dengan perubahan gaya hidup penyebab gigi cepat kuning. Namun jika masih mengkonsumsi kopi, teh, minuman beralkohol dan juga merokok, maka gigi akan kembali terlihat kusam.

Efek Memutihkan Gigi

Efek samping bleaching gigi atau memutihkan gigi mungkin saja bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif yang disebabkan karena penggunaan bahan kimia pada gel pemutih yang dipakai ditambah dengan paparan radiasi sinar lampu bleaching. Meski begitu, efek samping dari gigi sensitif ini biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, belum ada penelitian yang memperlihatkan jika efek gigi sensitif ini bisa bertahan terlalu lama.

Efek samping lebih umum dari memutihkan gigi adalah iritasi gusi sehingga tidak jarang area gusi juga ikut memutih. Namun ini juga tidak perlu dikhawatirkan karena juga akan menghilang dalam beberapa hari sesudah pemutihan gigi. 

Sponsors Link

Reaksi Alergi Bahan Pemutih Gigi

Beberapa orang juga bisa mengalami alergi dari bahan pemutih gigi. Reaksi alergi yang biasanya terjadi adalah bibir bengkak dan bukan gigi sensitif. Sedangkan efek samping lain yang biasanya terjadi adalah pusing dan sakit tenggorokan namun sangat jarang terjadi.

Meski begitu, anak anak tidak dianjurkan untuk memutihkan gigi mereka sebab ini bisa mengakibatkan ciri ciri gigi sensitif pada gigi anak. Umumnya, prosedur memutihkan gigi hanya boleh dilakukan ketika seluruh gigi dewasa sudah tumbuh dengan sempurna dan idealnya sekitar 2 tahun dari pertumbuhan gigi dewasa yang terakhir.

Pemakaian gel putih pada gigi anak yang belum matang bisa menjadi penyebab gigi sensitif sebab bahan pemutih tersebut bisa diserap hingga ke bagian pulpa gigi dan akhirnya menyebabkan gigi sensitif dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mencegah Gigi Sensitif Sesudah Pemutihan Gigi

Untuk mencegah akibat memutihkan gigi bisa menyebabkan gigi sensitif atau penyebab gigi ngilu, dokter umumnya akan mengaplikasikan fluoride pada gigi sesudah prosedur selesai dilakukan. Selain itu, disarankan juga untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman panas atau dingin sesudah selesai prosedur serta tidak disarankan untuk menyikat gigi terlalu keras dan berhenti merokok. Selain itu untuk menghindari hal lain yang bisa menyebabkan gigi sensitif, maka sebaiknya pakai pasta gigi khusus untuk gigi sensitif yang banyak mengandung fluoride.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini