Sponsors Link

6 Cara Menangani Infeksi Gigi Geraham Bungsu

Sponsors Link

Dinamakan gigi bungsu sebab karena gigi ini memang tumbuh paling akhir dan seringkali tumbuh sesudah dewasa bahkan ada beberapa orang yang tidak memiliki gigi bungsu sama sekali. Infeksi yang terjadi pada gigi geraham bungsu bisa sangat mengganggu  sehingga harus mendapatkan penanganan secepatnya termasuk untuk gigi bungsu berlubang parah. Anda bisa melakukan beberapa cara menangani infeksi gigi geraham bungsu berikut ini jika anda belum sempat untuk pergi ke dokter gigi.

ads
  1. Pakai Gel Gigi

Menangani infeksi gigi geraham bungsu yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan gel gigi untuk meredakan rasa nyeri serta peradangan. Gel antibakteri gigi biasanya bisa anda dapatkan di apotek dengan mudah. Sebelum mengaplikasikan gel, anda bisa berkumur terlebih dulu dengan air bersih lalu oleskan 1 sampai 2 tetes gel langsung pada bagian yang terinfeksi memakai kuas berujung kapas. Hindari menggunakan jari untuk mengoleskan gel karena bisa berisiko tercemar bakteri. Untuk hasil terbaik, aplikasikan gel gigi sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

  1. Cabut Gigi

Apabila infeksi yang terjadi pada gigi geraham bungsu selama beberapa kali dan tidak ada tanda gigi geraham bungsu yang akan keluar, maka dokter mungkin akan mencabut gigi geraham bungsu tersebut. Gigi bungsu harus dicabut ini juga dibutuhkan ketika infeksi yang terjadi sudah sangat parah.

Tergantung dari posisi gigi, tindakan ini akan dilakukan dokter ini bisa dilakukan oleh dokter gigi atau bedah mulut. Dokter gigi akan memberikan anestesi lokal kemudian mencabut gigi geraham bungsu tersebut. Anda juga kemungkinan akan diberikan antibiotik dan juga pereda rasa nyeri untuk mencegah infeksi semakin meluas sekaligus meredakan rasa sakit.

  1. Redakan Rasa Nyeri

Apabila anda merasa tidak nyaman karena infeksi pada gigi geraham bungsu, maka anda bisa menggunakan pereda nyeri yang bisa meredakan radang secara sekaligus seperti obat pereda sakit gigi berlubang. Antiinflamasi nonsteroid umumnya bisa anda beli di apotek tanpa resep. Beberapa obat bisa anda konsumsi diantaranya adalah:

  • Ibuprofen, naproxen dan aspirin adalah AINS yang sangat umum digunakan namun jangan berikan aspirin pada anak anak berumur di bawah 18 tahun karena dikaitkan dengan sindrom reye yang mengakibatkan kerusakan pada organ hati dan otak.
  • Parasetamol bukan merupakan antiinflamasi nonsteroid dan tidak bisa mengurangi radang tetapi bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Ikuti dosis pada kemasan obat atau pakai sesuai saran dokter dan jangan melebihi dosis maksimal.
  • Anda harus ingat jika setiap obat memiliki efek samping yang berbeda sehingga baca dengan baik informasi obat dalam kemasan sebelum digunakan.
  1. Gunakan Kompres Dingin

Jika anda tidak ingin mengkonsumsi obat obatan untuk menangani infeksi gigi geraham bungsu, maka anda bisa menggunakan kompres dingin pada bagian yang terinfeksi. Kompres dingin ini sudah cukup membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan penyebab peradangan pada gigi dan gusi sebelum anda mendapatkan perawatan lebih lanjut.

  • Masukkan es batu ke dalam handuk atau kantung plastik dan tempelkan pada bagian yang sakit setidaknya selama 10 menit.
  • Anda juga dapat menggunakan kantong sayuran beku seperti kacang polong atau jagung sebagai pengganti kompres.
  1. Hubungi Dokter Gigi

Untuk segala jenis jenis penyakit gigi dan gusi termasuk kerusakan gigi dan masalah gigi, maka memeriksakan diri ke dokter gigi menjadi cara terbaik. Infeksi yang anda alami bisa saja meluas ke bagian mulut dan juga tubuh lain jika tidak segera mendapat penanganan terbaik. 

Sponsors Link

Perikoronitis bisa memicu komplikasi lain seperti penyakit gusi, karies gigi dan juga pembentukan kista. Sedangkan komplikasi yang lebih serius bisa meliputi infeksi sistemik, pembengkakan kelenjar limfa, sepsis dan bahkan hingga kematian. Apabila jadwal dokter gigi anda kebetulan penuh, maka anda bisa mengunjungi klinik gawat darurat atau rumah sakit sebab ada banyak klinik dan rumah sakit yang juga menyediakan layanan dokter gigi darurat.

  1. Perawatan Gigi Dengan Dokter

Dokter gigi nantinya akan memeriksa bagian yang terinfeksi lalu mengambil foto sinar X gigi untuk menentukan tingkat keparahan kondisi yang anda alami sekaligus menentukan perawatan yang paling tepat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini