Sponsors Link

8 Cara Mencegah Gigi Keropos yang Perlu Dilakukan

Sponsors Link

Kesehatan gigi memang perlu dijaga agar tidak mengalami permasalahan di kemudian hari. Salah satu permasalahan pada gigi yang umum terjadi adalah gigi keropos, yang bisa menjadi gigi berlubang besar jika dibiarkan terus menerus. Padahal gigi keropos dan berlubang akan menjadi ruang bagi tumbuhnya bakteri sehingga Anda mungkin akan lebih sering merasa sakit gigi. Sehingga mencegah gigi keropos memang perlu dilakukan. Berikut beberapa cara pencegahan gigi keropos yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

ads
  1. Menjaga mulut agar tetap lembab

Salah satu permasalahan gusi dan gigi yang tanpa disadari bisa meningkatkan risiko gigi keropos dan berlubang adalah Mulut Kering. Mulut kering ini disebabkan oleh kurangnya produksi air liur di rongga mulut. Padahal air liur itu sangat diperlukan untuk mencegah proses pembusukan pada gigi. Selain itu air liur juga bermanfaat untuk pembersih alami dari gigi di dalam mulut. Selain itu mulut kering akan meningkatkan risiko pH rendah (asam) di mulut sehingga bisa menjadi penyebab demineralisasi pada gigi.

Jika Anda memiliki masalah mulut kering, sebaiknya cari tahu penyebabnya dan sebisa mungkin atasi permasalahan tersebut. Misalnya jika penyebabnya adalah dehidrasi, ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menjaga asupan minum harian sebanyak 8 gelas per hari.

  1. Menjaga kebersihan rongga mulut

Cara mencegah gigi keropos berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan dari rongga mulut. Rongga mulut dan gigi memang perlu dijaga kebersihannya agar tidak menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri. Yang mana bakteri tersebut akan mempercepat pengeroposan dan juga pembusukan pada gigi.

Menjaga kebersihan mulut bisa dilakukan dengan cara menyikat gigi dengan benar dan tepat waktu. Selain itu jika terdapat sisa makanan di sela-sela gigi, ada baiknya menggunakan benang gigi atau dental floss, bukan dengan tusuk gigi. Karena bahaya tusuk gigi juga bisa menyebabkan tingginya risiko pengeroposan pada gigi.

  1. Membersihkan plak gigi

Plak atau karang gigi juga merupakan salah satu Penyebab Gigi Keropos Pada Usia Muda yang perlu untuk dicegah. Plak pada gigi ini terjadi jika ada sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Plak dan karang gigi akan lama-lama mengeras dan semakin sulit untuk dibersihkan. Dan hal tersebut akan menjadi ruang bagi perkembangbiakan bakteri dalam mulut. Bakteri inilah yang akan menjadi penyebab pengeroposan pada gigi. Sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan dari pengeroposan gigi adalah dengan membersihkan karang gigi.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok bukan hanya berdampak buruk untuk kesehatan jangka panjang dan kesehatan rongga dalam manusisa saja. Merokok juga bisa menyebabkan banyak gangguan pada rongga mulut. Salah satunya bisa menyebabkan gigi kuning dan juga meningkatkan risiko pengeroposan pada gigi. Hal ini dikarenakan rokok mengandung zat-zat yang menghambat produksi air liur dan menjadikan mulut kering.

Padahal seperti yang dijelaskan di atas, mulut kering bisa menjadi penyebab Gigi Keropos Pada Orang Dewasa. Selain itu rokok akan meningkatkan risiko perkembangbiakan bakteri. Sehingga bakteri itu bisa terus menerus menyebabkan pembusukan dan pengeroposan pada gigi. Mencegah gigi keropos bisa dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Sponsors Link

  1. Menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol

Bukan hanya merokok, mengonsumsi minuman alkohol juga bisa menjadi penyebab dari gigi yang menjadi keropos. Sehingga pencegahan gigi keropos yang harus dilakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol. Alkohol bisa merusak gigi karena di dalamnya ada berbagai kandungan yang menyebabkan korosi di permukaan gigi. Jika terjadi secara terus menerus, maka gigi bisa menjadi keropos dan akhirnya bisa juga menjadi berlubang.

  1. Mengurangi kebiasaan makan camilan

Makan camilan atau yang sering disebut dengan kebiasaan ngemil adalah kebiasaan yang juga disadari atau tidak, bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi saat ngemil biasanya memang adalah makanan yang berpotensi tinggi untuk menyebabkan kerusakan pada gigi. Seperti makanan manis dan juga makanan yang tidak sehat. Kebiasaan ngemil akan menyebabkan gigi terus menerus bekerja atau bekerja dengan keas. Selain itu, kebiasaan ngemil akan meningkatkan risiko sisa makanan yang menempel pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi kotor. Jika sisa makanan menempel dalam waktu yang lama, akan berdampak pada tumbuhnya bakteri di sana dan perlahan-lahan akan menjadi Penyebab Gigi Keropos Pada Orang Dewasa.

Sponsors Link

  1. Mengurangi makanan asam

Sudah diketahui secara pasti bahwa asam bersifat korosif. Demikian pula dengan makanan asam. Makanan asam yang dikonsumsi terus menerus akan menjadi Makanan yang Menyebabkan Gigi Berlubang. Dan jika pengikisan itu terus menerus terjadi, maka gigi lama kelamaan juga akan menjadi keropos dan bahkan berlubang. Sehingga salah satu langkah untuk mencegah gigi keropos adalah dengan mengurangi makanan asam

  1. Mengurangi makanan manis

Makanan manis memang tidak selalu berasa asam. Akan tetapi, makanan manis mengandung gula atau glukosa. Sedangkan glukosa yang mengendap di gigi akan lama kelamaan berubah menjadi asam. Hal tersebut bisa menyebabkan gigi menjadi lebih rentan untuk mengalami pengikisan pada lapisan permukaannya. Sehingga gigi bisa menjadi keropos jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara mencegah gigi keropos yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini