Sponsors Link

10 Cara Mencegah Gigi Kuning yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Gigi kuning pasti akan membuat penampilan menjadi tidak indah dan bisa mempengaruhi tingkat percaya diri. Namun, untuk mengembalikan warna gigi menjadi lebih putih itu bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, langkah pencegahan terhadap gigi kuning memang perlu dilakukan. Berikut ini ada beberapa cara mencegah gigi kuning yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari agar penampilan menjadi lebih percaya diri.

ads
  1. Rutin membersihkan gigi

Salah satu penyebab dari gigi kuning adalah malas untuk membersihkan gigi. Padahal, menyikat gigi disarankan sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika tidak menyikat gigi secara benar dan dalam kadar yang tepat, tentu lama kelamaan gigi akan menjadi kuning. Penyebabnya adalah sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan menjadi penyebab dari gigi kuning. Maka dari itu salah satu cara mencegah adanya gigi kuning adalah dengan membersihkan gigi secara rutin. Ketahui Cara Menyikat Gigi dengan Benar.

  1. Tidak merokok

Rokok merupakan benda yang mau tidak mau akan mempengaruhi kondisi gigi karena asap rokok memang dihirup dari mulut. Asap rokok itu sendiri adalah benda asing yang jika terus menerus masuk atau melewati rongga mulut akan menyebabkan gigi kuning dan bernoda. Sehingga salah satu langkah pencegahan gigi kuning adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, rokok juga tidak baik untuk kesehatan. Sehingga ada baiknya berhenti merokok secepatnya.

  1. Mengurangi konsumsi minuman yang menciptakan noda

Mencegah gigi kuning juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi minuman yang menciptakan noda di gigi. Beberapa Makanan yang Membuat Gigi Kuning yang dimaksud adalah kopi, teh, dan minuman lain yang memiliki zat warna yang kuat. Minuman tersebut bisa menyebabkan noda di gigi dan menjadikan gigi berwarna kuning. Sehingga pengurangan konsumsi minuman tersebut akan membantu mencegah perubahan warna gigi yang terlalu cepat. Setidaknya, jika Anda memang memiliki kebiasaan minum kopi atau teh, jangan lupa untuk rutin membersihkan gigi, terutama setelah mengonsumsi minuman tersebut.

  1. Permen karet tanpa gula

Salah satu cara pencegahan gigi kuning lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi permen karet yang tidak mengandung gula. Malah lebih baik lagi jika mengonsumsi permen karet yang memang dirancang untuk membersihkan gigi secara lebih baik sekaligus mencegah bau mulut. Permen karet akan membantu membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi sehingga gigi menjadi lebih bersih dari sebelumnya. Namun ingat selalu bahwa permen karet yang dimaksud bukan permen karet yang manis, karena pemren karet yang manis justru akan menyebabkan gigi bertambah kuning.

  1. Menggunakan siwak

Menggunakan siwak juga akan membantu mencegah gigi kuning. Siwak atau miswak itu sendiri adalah sebuah ranting atau batang kayu siwak yang dimanfaatkan sejak dulu untuk menjaga kebersihan gigi. Manfaat Siwak Untuk Gigi bisa membantu mencegah pembentukan bakteri di dalam rongga mulut sehingga bisa mencegah pembentukan plak dan mencegah gigi berlubang. Menggunakan siwak secara rutin setiap hari akan membantu mencegah gigi menjadi kuning.

  1. Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari

Pola makan yang baik juga bisa menjadi salah satu cara pencegahan gigi kuning dan berbagai permasalahan lain pada gigi. Buah dan sayur adalah makanan yang sehat dan mengandung serat. Bukan hanya itu, ternyata mengonsumsi buah dan sayur setiap hari juga akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan tampilan gigi itu sendiri. Beberapa buah dan sayur yang direkomendasikan adalah apel dan wortel. Kedua makanan ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan minum teh atau kopi setiap harinya.

Sponsors Link

  1. Mencegah asam lambung naik

Asam lambung tidak hanya menyebabkan Mulut Terasa Pahit namun juga bisa mempengaruhi warna gigi. Sehingga mencegah gigi kuning juga perlu dilakukan dengan mencegah asam lambung naik. Khususnya bagi orang-orang dengan gangguan lambung. Naiknya asam lambung ini sendiri ternyata bisa merusak gigi itu sendiri. Hal ini dikarenakan asam dari lambung yang naik dan menyentuh gigi serta rongga mulut akan menyebabkan pengikisan pada lapisan enamel gigi secara perlahan-lahan namun terus menerus. Sehingga, jika lapisan gigi mengalami pengikisan, gigi akan bertambah kuning.

  1. Menghindari soda dan minuman energi

Selain kopi, teh, dan minuman yang berwarna, minuman soda dan minuman energi adalah jenis minuman yang juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Walau katakanlah kedua minuman ini tidak mengandung warna atau berwarna bening. Penyebabnya adalah soda dan minuman berenergi bisa mengikis permukaan atau enamel gigi. Sehingga pengikisan ini akan menyebabkan gigi menjadi kuning. Sebaiknya bagi Anda yang memiliki gaya hidup suka meminum minuman soda atau energi, kurangi kebiasaan itu. Bahkan lebih baik hentikan kebiasaan tersebut.

Sponsors Link

  1. Menggunakan sedotan untuk minuman berwarna

Jika memang Anda sangat suka minum minuman berwarna dan tidak bisa meninggalkan kebiasaan tersebut, maka minum menggunakan sedotan akan bisa meminimalisir risiko noda di gigi. Karena minum dengan sedotan akan mengurangi area gigi yang bersentuhan langsung dengan minuman itu sendiri.

  1. Membersihkan plak gigi

Plak dan karang gigi adalah penyebab gigi kuning yang perlu untuk dihilangkan. Maka dari itu, jika plak atau karang gigi sudah muncul dan terlihat, ada baiknya melakukan scalling gigi atau pembersihan karang gigi.

Demikianlah beberapa cara mencegah gigi kuning yang perlu diketahui. Ketahui juga beberapa Cara Mengatasi Gigi Kuning yang perlu dilakukan. Semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini