Sponsors Link

10 Cara Mencegah Gigi Sensitif yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Gigi sensitif adalah penyebab gigi ngilu yang paling umum. Gigi menjadi sensitif juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Sehingga untuk terhindar dari permasalahan gigi sensitif, memang perlu dilakukan pencegahan sejak dini. Berikut beberapa cara mencegah gigi sensitif yang perlu dilakukan untuk terhindar dari permasalahan gigi ngilu dan gigi hipersensitif.

ads
  1. Menjaga kebersihan mulut

Mungkin ada banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik. Padahal hal tersebut adalah penyebab berbagai masalah pada gigi. Jika gigi tidak dibersihkan secara baik dan teratur, maka sisa makanan akan menumpuk pada gigi dan hal ini menyebabkan pengeroposan pada permukaan gigi secara perlahan-lahan.

Jika gigi sudah mengalami pengikisan, maka akan muncul permasalahan gigi ngilu dan gigi bisa jadi menjadi sensitif. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah gigi sensitif yang paling utama adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Ketahui cara menyikat gigi dengan benar agar bisa membersihkan gigi secara lebih baik lagi dan lebih sempurna.

  1. Gunakan sikat gigi yang halus

Penyebab lainnya mengapa gigi sering ngilu atau gigi menjadi sensitif adalah penggunaan sikat gigi. Sikat gigi memang ada bermacam-macam. Ada yang bulunya kasar dan ada yang lembut. Anda tentu disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut atau halus. Hal tersebut akan mengurangi risiko pengikisan di lapisan luar gigi.

Sedangkan penggunaan sikat gigi yang kasar akan meningkatkan risiko pengikisan pada lapisan email gigi dan merupakan salah satu Pantangan Gigi Sensitif. Sehingga penggunaan sikat gigi juga perlu diperhatikan untuk mencegah adanya gigi yang menjadi sensitif.

  1. Kurangi makanan asam

Makanan asam merupakan makanan yang sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan makanan asam bisa menjadi penyebab pengeroposan gigi atau pengikisan permukaan gigi sehingga bisa menjadi Penyebab Gigi Sensitif. Seperti yang diketahui bersama bahwa asam memiliki sifat korosif, begitu pula dengan makanan asam yang bisa korosif terhadap gigii. Jika gigi sudah mengalami pengikisan, maka akan meningkatkan risiko gigi sensitif.

  1. Kurangi makanan manis

Makanan manis memang sangat enak. Namun, untuk mencegah gigi sensitif ada baiknya kurangi makanan manis yang terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan makanan manis yang tertinggal di gigi akan berubah menjadi asam. Dan seperti yang dijelaskan di atas, bahwa makanan asam bisa bersifat korosif terhadap gigi, demikian pula dengan makanan manis yang sudah diubah menjadi asam. Sehingga salah satu cara mencegah munculnya Gigi Hipersensitif adalah dengan mengurangi makanan manis.

  1. Jangan langsung menyikat gigi setelah makan

Kita memang direkomendasikan untuk menyikat gigi setelah sarapan atau setelah makan. Namun menyikat gigi sesaat setelah makan, terutama setelah makan makanan asam dan manis, justru akan menjadi penyebab kerusakan pada lapisan gigi. Menyikat gig terlalu awal akan merusak email gigi dan menyebabkan gigi meningkat risikonya untuk menjadi sensitif. Sehingga ada baiknya jika Anda menunggu sebentar untuk menggosok gigi setelah makan. Msialnya menunggu selama 30 menit.

Sponsors Link

  1. Hindari menggertakkan gigi

Memang ada banyak kebiasaan buruk dari gaya hidup yang disadari atau tidak, bisa menjadi kebiasaan yang merusak gigi. Salah satunya adalah kebiasaan menggertakkan gigi atau menggesekkan gigi. Kebiasaan ini biasanya muncul di waktu anak-anak dan biasa terjadi saat tidur. Kondisi ini dinamakan bruxism. Kebiasaan ini tentu kebiasaan buruk karena meningkatkan risiko gigi sensitif dan cedera pada gigi.

  1. Menggunakan pasta gigi sensitif

Untuk Anda yang sudah terlanjut memiliki masalah gigi sensitif, pencegahan bisa dilakukan untuk menghindari rasa ngilu kambuh. Salah satu Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi akan membantu mencegah rasa ngilu pada Anda.

Sponsors Link

  1. Perawatan gigi berlubang

Gigi berlubang juga bisa menjadi penyebab gigi terasa ngilu dan sensitif. Sehingga mencegah gigi sensitif bisa dilakukan dengan melakukan perawatan terhadap gigi berlubang. Perawaan gigi berlubang ada banyak yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi gigi berlubang itu sendiri. Salah satunya dengan penambalan gigi. Atau juga bisa dengan melakukan perawatan saluran akar pada gigi berlubang yang masih bisa diperhatankan.

  1. Membersihkan karang gigi

Karang gigi merupakan permasalahan umum pada gigi dan gusi. Sebaiknya karang memang dihilangkan dari gigi Anda. Hal ini dikarenakan karang gigi akan menyebabkan kerusakan pada permukaan gigi sehingga suatu saat nanti gigi bisa menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. Apalagi karang gigi yang menumpuk akan mengganggu bagian pangkal gigi, dimana bagian tersebut ada bagian akar gigi yang mengandung serabut syaraf dan akan meningkatkan rasa ngilu. Ketahui juga beberapa Pantangan Setelah Membersihkan Karang Gigi yang perlu dihindari.

  1. Hindari pasta gigi yang mengandung pemutih

Pemutih gigi yang terkandung di pasta gigi, apalagi yang dosisnya berlebihan justru tidak baik untuk gigi. Hal ini dikarenakan pemutih gigi bisa merusak lapisan permukaan gigi dan meningkatkan gigi yang terasa ngilu. Sehingga mencegah gigi sensitif bisa dilakukan dengan menghindari jenis pasta gigi tersebut.

Demikianlah beberapa metode pencegahan gigi sensitif yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi