Sponsors Link

Bahayakah Menelan Gigi yang Patah

Sponsors Link

Saat sedang makan, kadang-kadang ada orang yang tidak sadar bahwa giginya goyang. Mungkin karena cara makan yang terlalu bersemangat, atau mungkin makannan yang di makan keras. Bisa jadi gigi yang goyang tersebut  kemudian tanggal, lalu ikut tertelan bersama makanan yang diasup.

ads

Lalu, kalau sudah begini langkah apa yang dapat dilakukan, agar hal itu tidak mengganggu kesehatan? Karena tekstur gigi sangat keras, dikhawatirkan benda itu bisa merusak proses pencernaan yang terjadi di perut manusia.

Menjawab tentang masalah ini, dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, pada prinsipnya jika memang kita tanpa sengaja menelan gigi patah, hal itu tidak akan begitu memengaruhi kesehatan.

“Karena dalam proses pencernaan manusia, pada umumnya gigi tersebut akan hancur sendiri walaupun terkadang tidak sepenuhnya hancur. Namun dengan proses pencernaan yang bagus, biasanya gigi yang tanggal akan terbuang dengan sendirinya melalui BAB,” ujar Deffy.

Dalam hampir semua kasus patah pada gigi karena terjatuh dialami oleh gigi depan atas. Gigi depan yang patah sebagian masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum.

Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasa menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit.

Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan mahkota gigi dan akar dari infeksi kuman.

Setelah perawatan tersebut selesai,  baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula dengan dibuatkan mahkota tiruan atau restorasi lainnya yang sesuai. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk perawatan gigi patah sangat bergantung dari jenis perawatan yang dilakukan yaitu apakah dengan penambalan biasa atau dengan menggunakan crown gigi.

Beberapa Tips Mencegah Gigi Patah

  • Jangan mengunyah benda keras

Sering mengunyah benda keras dapat memperlemah gigi sampai patah. Cegah gigi patah dengan menghilangkan kebiasaan mengunyah benda keras.

  • Jangan mengertakkan gigi

Mengertakkan gigi adalah saat gigi terus-menerus ditekan menutup, biasanya saat tidur. Seiring waktu, hal tersebut memperlemah email gigi dan membuat gigi rentan patah.

  • Kenakan pelindung mulut saat melakukan permainan olahraga

Gigi sering kali patah dan tanggal dalam permainan olahraga. Jika memainkan olahraga kontak, seperti American football, atau olahraga yang memungkinkan benda keras menghantam wajah, seperti bisbol, kenakan pelindung mulut untuk mencegah kerusakan gigi.

Sponsors Link

  • Rawat gigi

Kesehatan mulut yang buruk memperlemah dan membuat gigi menjadi lebih rentan rusak. Untungnya, kesehatan mulut dapat dikendalikan sendiri. Kerusakan gigi dan gigi patah dapat dicegah dengan menjaga mulut tetap bersih dan periksa ke dokter gigi secara rutin.

Bagaimanapun, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat bagi  gigi Anda yang patah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini