Sponsors Link

Mengapa Gigi Lansia Mudah Copot, Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Semakin bertambah usia, maka akan semakin berkurang pula kekuatan kita. Sebut  saja seperti kekuatan tulang, tentunya semakin hari semakin berkurang pula kekuatan tulang tersebut.

ads

Oleh karena itulah sering kali seseorang mengonsumsi makanan dan minuman tertentu untuk menguatkan tulanganya. Selain tulang ternyata yang bisa juga mengalami penurunan, baik itu penurunan fungsi atau penurunan kekuatan.

Hal ini akan terjadi khususnya bagi mereka yang sudah berusia lansia. Mereka yang berusia lansia tersebut sering kali mengalami gigi yang copot padahal mereka tidak memfungsikan gigi tersebut untuk mengunyah makanan yang keras. 

Gigi lansia memang  lebih mudah tanggal atau lebih mudah copot seiring bertambahnya usia. Apalagi jika seorang lansia tersebut tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya secara teratur. Selain itu seseorang yang merokok juga akan cenderung lebih mudah giginya mengalami copot oleh karena pengaruh dari kandungan yang terdapat dari roko tersebut.

Berikut ini adalah alasan mengapa gigi lansia mudah copot, antara lain adalah sebagai berikut :

1.Penyakit Gusi

Penyakit gusi atau yang sering juga disebut dengan perodontis merupakan salah satu penyebab gigi lansia mudah copot.  Periodontis ini merupakan infeksi gusi berat yang disebabkan oleh adanya penumpukan plak, yakni lapisan lengket bakteri yang terbentuk di sela-sela gigi.

Infeksi parah inilah yang kemudian merusak jaringan dan juga tulang di dalam gusi. Selain bisa menyebabkan gigi copot, bakteri yang ada di dalam jarigan gusi ini juga bisa masuk ke aliran darah yang bisa menyerap organ tubuh yang lainnya. Sebut saja seperti paru-paru dan juga jantung. makanan untuk mengatasi gusi berdarah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kebiasaan Menggeretak Gigi

Beberapa orang mempunyai kebiasaan buruk yang kerap kali tidak disadari oleh seseornag tersebut. Sebut saja seperti kebiasaan menggeretak gigi. Dalam istilah medis, kebiasaan yang satu ini disebut juga dengan bruxim. 

Dan bahayanya sobat, apabila dilakuan secara terus menerus, maka akan berdampak membuat gigi tersebut cepat aus dan  membuatnya menjadi lebih mudah copot. Untuk itulah kebiasaan yang satu ini sangat buruk untuk kesehatan gigi anda. bahaya kebiasaan menggertakkan gigi bisa anda pelajari lebih lanjut.

3. Trauma

Trauma akibat terkena benturan keras atau pukulan yang mengenai sekitar mulut, bisa mengakibatkan gigi menjadi muah copot. Hal ini bukan hanya terjadi pada mereka yang berusia lansia saja, namun pada semua yang pernah merasakan hal tersebut. 

Selain itu sobat, trauma gigi tersebut juga bisa dipicu dari kegiatan sehari-hari, sebut saja seperti mengunyah es batu, menggigit palstik minuman atau hal yang lainnya yang berpotensi membaut gigi trauma, sehingga membuat gigi tersebut mudah copot.

4. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu, sebut saja seperti pasien yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, maka hal ini bisa memicu kerusakan pada gigi. Sebut saja seperti menyebabkan gigi lansia mudah copot sehingga akan berdamoak buruk abgi kesehatan gigi dan mulutnya secara keseluruhan.

Sponsors Link

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Semoga bermanfaat. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi