Sponsors Link

Cara Mengganti Gigi yang Hilang Dengan Gigi Palsu

Sponsors Link

Dokter gigi akan merekomendasikan macam macam gigi palsu sebagai pilihan untuk mengganti gigi yang hilang atau ketika kondisi gigi asli saat ini tidak bisa direstorasi. Situasi yang menyebabkan pencabutan gigi yang tersisa bisa terjadi karena gigi yang rusak parah pada saat terapi saluran akar bukan pilihan, penyakit periodontal lanjut, perawatan saluran akar yang gagal, gigi yang rusak dan tidak bisa diperbaiki dan akar patah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengganti gigi yang hilang dengan gigi palsu, silahkan simak ulasan dari kami berikut ini.

ads

Jenis Jenis Gigi Palsu

Ada dua jenis gigi palsu utama yang akan digunakan ketika mengganti gigi yang hilang dengan gigi palsu, yakni khusus untuk jumlah gigi alami yang bisa direstorasi dan disimpan oleh dokter gigi di mulut.

Gigi palsu lengkap dipakai pada saat tidak ada lagi gigi yang tersisa pada lengkung gigi atas atau bawah. Ini dirancang untuk menggantikan semua gigi pada lengkung gigi dan berbagai jenis gigi palsu lengkap termasuk gigi berlebih, gigi palsu segera dan gigi palsu konvensional.

Gigi palsu parsial dipakai ketika satu atau lebih gigi yang hilang ada di lengkung gigi atas atau bawah. Gigi palsu parsial memakai penjepit logam atau keramik untuk menambatkan gigi yang tersisa demi stabilitas.

Mengelola Dengan Gigi Palsu

Memakai gigi palsu untuk pertama kali membutuhkan beberapa penyesuaian gaya hidup anda untuk beberapa bulan pertama waktu pemakaian. Memilih makanan yang lembut dan mudah untuk dikunyah sangat dianjurkan sampai anda bisa merasa nyaman dengan gigi tiruan tersebut selain juga harus menjauhi pantangan pengguna gigi palsu.

Karena cara gigi palsu dibangun, maka kemampuan bicara bisa terpengaruh selama beberapa minggu pertama pemakaian gigi palsu. Jika anda memiliki masalah dengan pengucapan, maka cobalah untuk membaca sesuatu dengan keras untuk melatih pidato anda.

Tulang dan gusi nantinya akan menyusut seiring berjalannya waktu khususnya dalam enam bulan pertama sesudah cabut gigi. Hal ini bisa menyebabkan gigi palsu anda menjadi longgar dan menyebabkan gigi gigi tersebut berbunyi ketika sedang bicara atau makan, terlepas dari lengkungan selama aktivitas atau ketika sudah sangat longgar, keluar dari mulut anda yang menjadi salah satu efek samping gigi palsu permanen.

Reline merupakan prosedur yang membentuk kembali gigi tiruan ke lengkung gigi anda dengan menambahkan lebih banyak bahan akrilik ke gigi tiruan.

Gigi palsu yang baru dibuat atau sudah dipasang kembali akan butuh penyesuaian yang dilakukan oleh dokter gigi. Hal ini sangat penting untuk menghilangkan titik titik tekanan pada jaringan gusi yang mungkin menyebabkan anda sakit atau merasa tidak nyaman, menghaluskan bintik bintik kasar dan terkadang juga mungkin bisa pas dengan tepat.

Penyesuaian tersebut sangat umum dan seseorang bahkan harus mengharapkan pentingnya janji atau temu dengan dokter di masa berikutnya untuk memastikan gigi palsu anda memberi fit yang optimal dan tingkat kenyamanan yang layak anda dapatkan.

Perawatan Gigi Palsu

Meski gigi palsu memang terbuat dari akrilik dan tidak rentan terhadap kerusakan gigi, kalkulus dan plak pada gigi masih bisa terbentuk. Untuk itu, gigi palsu harus dibersihkan setiap hari.  Perawatan gigi tiruan yang tidak benar akan membuat bakteri terjebak di bawah gigi palsu dan menyebabkan iritasi jaringan serta bisa menimbulkan luka dan lesi pada mulut atau infeksi ragi mulut dan sariawan.

Beberapa merk pembersih gigi tiruan tersedia dan sebaiknya pilih salah satu yang tidak abrasif dengan bahan akrilik dan tidak akan menimbulkan korosi pada logam yang dipakai pada gigi tiruan anda.

Sponsors Link

Bicarakan dengan Dokter Gigi

Jika anda tidak yakin apakah gigi palsu cocok dengan situasi anda, buatlah janji untuk mendiskusikan pilihan perawaan yang tepat untuk anda. Jika anda seorang kandidat untuk gigi palsu, maka dokter gigi mungkin memutuskan untuk merujuk anda ke dokter gigi palsu, seorang dokter yang berspesialisasi dalam penggantian gigi hilang atau dokter gigi yang merupakan profesional terlatih dan berlisensi yang mengambil langkah langkah yang dibutuhkan untuk membuat gigi palsu khusus tersebut sekaligus juga diberikan beberapa cara merawat gigi palsu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini