Sponsors Link

7 Langkah Menyembuhkan Gusi Sesudah Cabut Gigi

Sponsors Link

Ketika gigi dicabut seperti manfaat cabut gigi berlubang, maka tentunya juga membuat gusi jadi terluka. Jika perawatan yang diberikan tidak tepat pada gusi, maka bisa menyebabkan komplikasi serius dan menyakitkan. Mengetahui beberapa langkah menyembuhkan gusi sesudah cabut gigi sangat penting baik sebelum dan sesudah prosedur cabut gigi yang akan mendukung proses penyembuhan seperti beberapa langkah yang kami berikan berikut ini.

ads
  1. Gigit Kain Kasa

Cara menyembuhkan gusi sesudah cabut gigi atau perawatan setelah cabut gigi yang pertama bisa dilakukan dengan menggigit kain kasa. Dokter nantinya akan menempatkan kain kasa pada luka untuk menghentikan pendarahan. Pastikan anda menggigit kain kasa tersebut dengan keras di area luka untuk menghentikan pendarahan. Apabila pendarahan terus terjadi, maka atur kembali posisi kasa supaya bisa menutup luka dengan sempurna.

  • Hindari bicara karena bisa melonggarkan kasa dan menyebabkan pendarahan terus terjadi.
  • Apabila kasa terlalu basah, maka bisa diganti namun jangan dilakukan terlalu sering dan jangan meludah sebab ludah bisa mengganggu penggumpalan darah.
  • Jangan ganggu area pencabutan gigi dengan jari dan lidah serta hindari membuang ingus atau bersin karena tekanan bisa menyebabkan luka kembali mengeluarkan darah.
  • Sesudah itu, singkirkan kasa sesudah 30 hingga 45 menit.
  1. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Anda juga bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit namun pastikan obat obatan tersebut memang disarankan oleh dokter gigi. Apabila ahli bedah mulut tidak meresepkan obat penghilang rasa sakit, maka anda bisa mengkonsumsi obat yang dijual bebas dan minum juga semua antibiotik untuk sakit gigi yang diberikan. Langsung minum dosis pertama obat penghilang rasa sakit sebelum efek bius berkurang dan ikuti petunjuk dosis sesuai resep.

  1. Tempelkan Kompres Es

Letakkan kompres es pada wajah, di luar area pencabutan gigi. Kompres es ini akan mengurangi pendarahan sekaligus mengontrol pembengkakan dengan cara mengerutkan pembuluh darah penyebab gusi berdarah terus. Pakai kompres es tersebut selama 30 menit lalu lepaskan. Anda bisa melakukan ini selama 24 hingga 48 jam pertama sesudah cabut gigi. Sesudah 48 jam dan pembengkakan berkurang, maka es tidak lagi bisa meredakan rasa nyeri. Anda bisa memakai kantong plastik bersegel yang diisi dengan es serut atau es balok jika memang anda tidak memiliki kompres es.

  1. Pakai Kantong Teh

Dalam teh mengandung asam tanik yang bisa membantu untuk membentuk gumpalan darah dengan cara mengontraksi pembuluh selain ada juga manfaat teh hijau untuk gigi sensitif. Kantong teh ini bisa mengurangi pendarahan dengan cara meletakkan kantung teh lembab di area dan gigit perlahan untuk memberikan tekanan. Lakukan cara ini selama 20 hingga 30 menit atau anda juga bisa minum teh dingin meski menggunakan kantong teh tetap bisa memberikan hasil terbaik.

  1. Kumur Air Garam Hangat

Untuk menggunakan air garam hangat sebagai cara menyembuhkan gusi sesudah cabut gigi, maka anda harus menunggu pagi hari sekaligus untuk meredakan sakit kepala sesudah cabut gigi. Siapkan cairan garam hangat dengan mencampur 230 ml air dengan 1 sendok teh garam, Kumur secara perlahan dan lembut kemudian buang cairan agar tidak menghambat penggumpalan darah. Ulangi cara ini sebanyak 4 hingga 5 kali sehari dalam beberapa hari sesudah pencabutan gigi khususnya sesudah makan dan sebelum tidur. 

Sponsors Link

  1. Banyak Istirahat

Istirahat cukup sangat disarankan untuk memastikan tekanan darah anda stabil dan penggumpalan darah serta penyembuhan gusi bisa terbantu seperti untuk mengatasi masalah gigi bungsu harus dicabut. Hindari melakukan aktivitas fisik selama 24 jam sesudah cabut gigi dan ganjal kepala anda sedikit ketika beristirahat untuk memastikan darah serta air ludah tidak membuat anda tersedak.

  • Hindari membungkukkan badan atau mengangkat benda berat.
  • Pastikan untuk duduk dalam posisi tegak.
  1. Sikat Gigi

Sesudah 24 jam, maka sikat gigi dan gosok lidah anda secara perlahan namun jangan di dekat area cabut gigi. Selain itu, anda juga bisa berkumur perlahan dengan air garam untuk menghindari kerusakan gumpalan darah yang semuanya dilakukan selama 3 hingga 4 hari. Flossing gigi dan juga mouthwash juga bisa dipakai dalam rutinitas harian, namun pastikan anda tidak memakai benang gigi di dekat area cabut gigi dan pakai cairan kumur antiseptik yang sudah diresepkan dokter gigi untuk membunuh bakteri sekaligus mencegah infeksi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini