Sponsors Link

Metode Air Flow Dapat Membersihkan Plak Gigi, Benarkah?

Sponsors Link

Plak gigi adalah lapisan bakteri yang lengket, terlihat jelas (seringkali juga tak terlihat) yang terbentuk pada gigi – baik di atas maupun di bawah garis gusi. Jika tidak dibersihkan, plak dapat mengeras menjadi karang gigi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan plak pada gigi. salah satunya ialah dengan metode Air Flow.

ads

Air Flow, dari bahasa Inggris secara harfiah diterjemahkan sebagai “aliran udara” adalah jet yang cukup kuat dari campuran udara, air dan natrium bikarbonat (biasa baking soda) diumpankan melalui ujung halus khusus dan dengan demikian “menyapu” plak lunak, plak padat gelap dan deposit kecil tartar.

Beberapa klinik gigi menawarkan bubuk kalsium sebagai abrasif, yang lebih menguntungkan bagi permukaan gigi. Hal itu karena prinsip operasinya bahwa metode pembersihan gigi Air Flow disebut sandblast. Tentu, tidak ada pasir dalam komposisi campuran pembersih.

Apa saja kegunaan Air-Flow selain membersihkan plak di gigi? Berikut beberapa manfaatnya:

1.Pembersihan yang Lebih Efektif

Aliran air yang kuat namun terkendali, udara dan bubuk halus tidak hanya memoles semua permukaan gigi, menghilangkan plak, perubahan warna gigi dan deposit halus, namun juga menjangkau jauh ke dalam poket periodontal hingga kedalaman 5 mm.

Ini jauh lebih efisien daripada pembersihan secara konvensional untuk menghilangkan biofilm yang dapat menyebabkan periodontitis dan peri-implantitis. proses terjadinya lapisan biofilm di gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Peningkatan Kenyamanan Pasien

Siapa pun yang pernah mengernyit saat alat kuret masuk ke dalam gusi, akan menyambut alat ini karena metode pembersihannya yang tidak menyakitkan, cepat dan tidak invasif.

Bahkan poket dalam dan area interproksimal mudah dijangkau tanpa adanya ketidaknyamanan dan potensi probing yang dapat merusak jaringan dengan kuret dan tanpa kontak instrumen, teknik ini tidak menimbulkan panas atau getaran.

Serbuk non-toksik yang digunakan dalam polishing udara juga lebih menyenangkan dan kurang berpasir daripada pasta yang digunakan dalam proses polishing pada umumnya.

Serbuk polishing disertai dengan rasa tambahan, seperti spearmint, bahkan telah dikembangkan untuk digunakan di mesin Air Flow, membuat pengalaman pasien menjadi lebih menyenangkan. membersihkan plak di gigi memang patut anda coba.

3. Mengurangi Sensitivitas Gigi

Polishing dengan aliran udara sangat ideal bagi mereka yang menderita gigi sensitif. Hal ini tidak hanya karena tidak adanya kontak langsung dan tidak adanya panas dan getaran, namun karena partikel mikro bubuk yang sangat kecil benar-benar dapat menutupi tubulus dentinalis yang terbuka dan mengurangi sensitivitas gigi. Polishing aliran udara juga bisa mendorong re-mineralisasi gigi yang rusak.

4. Pembersihan Lebih Cepat

Studi telah menunjukkan bahwa penggunaan Air Flow tiga kali lebih cepat dalam menghilangkan stain dan plak daripada metode konvensional. Ini berarti lebih sedikit waktu yang digunakan untuk perawatan pasien.

Gigi dibersihkan dengan cara abrasif tidak seperti cara konvensional yang menggunakan gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Setiap daerah yang mengalami kerusakan kecil dibuang dengan perlahan tanpa perlu mengebor struktur gigi yang sehat.

5. Ideal untuk digunakan sebelum perawatan ortodontik

Teknik Air Flow adalah cara pembersihan yang ideal sebelum melangkah ke prosedur yang memerlukan bahan bonding dan penggunaan sealant karena menghilangkan hampir 100 persen bakteri dan endotoksin.

Tidak hanya itu, pasta pada pembersihan konvensional mengandung gliserin yang bisa mengganggu prosedur ikatan antara bahan bonding dan gigi. Udara, air dan bubuk yang digunakan dalam Air Flow tidak mengandung gliserin dan memudahkan bonding dan sealant untuk berikatan dengan permukaan gigi.

Dengan metode Airflow gigi akan tampak lebih putih cemerlang. Untuk memperoleh hasil yang maksimal biasanya akan dilakukan scaling (membersihkan karang gigi) terlebih dahulu.

Dokter gigi yang akan menentukan apakah diperlukan scaling atau tidak sebelumnya. Dengan begitu, hasil Airflow akan tampak segera setelah perawatan. Anda akan merasa lebih fresh, karena gigi bersih dan senyum cemerlang sehingga akan meningkat kepercayaan diri Anda.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai metode air flow dapat membersihkan plak gigi. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi