Sponsors Link

Mikroba Pada Plak Gigi dan Penjelasannya

Sponsors Link

Salah satu  masalah gigi yang sering kita alami adalah seperti gigi berlubang. Gigi berlubang ini juga tidak mengenal usia baik itu usia muda, tua, anak-anak sering sekali mengalami penyakit gigi yang satu ini.

ads

Gigi berlubang tersebut adalah kondisi dimana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar ( email gigi ) hingga bagian dalam gigi ( dentin gigi ) sampai pada akhirnya membentuk lubang gigi. 

Gigi berlubang tersebut disebabkan oleh penumpukan bakteri pada mulut, sering mengonsumsi makanan manis dan tak kunjung dilakukan pembersihan mulut, serta faktor yang lainnya yang mengakibatkan gigi tersebut menjadi berlubang.

Gigi berlubang tersebut sering kali diabaikan oleh seseorang, padahal jika dibiarkan terlalu lama, maka gig berlubang tersebut bisa saja menyebar dan membesar hingga menyebabkan  masalah serius pada kesehatan anda nantinya.

Gigi berlubang tersebut juga tidak jarang disebabkan oleh adanya bakteri yang menyebabkan penumpukan plak pada gigi anda. Sementara itu dalam plak tersebut juga terdapat mikroba. Nah sobat, untuk ulasan selengkapnya berikut penulis akan menjelaskannya untuk anda. Cekidot.

1.Apa Itu Mikroba Pada Plak Gigi?

Adapun mikroba pada plak gigi merupakan organisme berukuran mikroskropis yang antara lain terdiri dari bakteri, virus, dan juga fungsi.  Pembentukan plak pada gigi itu sendiri terjadi akibat adanya kolonisasi bakteri yang terjadi pada gigi. Salah satu bakteri yang berkolonisasi pada gigi adalah bakteri sejenis streptococcus mutans. 

Bakteri ini menguraikan karbohidrat terutama sukrosa ( gula tebu ) sebagai sumber nutrien. Nantinya sukrosa ini akan diuraikan menjadi monsakarida sebagia sumber energi sel, dengan bantuan enzim dalam mulut kita.

Enzim kedua yang diuraikan oleh sel berupa rantai polisakarida yang tidak larut untuk menguraikan fruktosa yang disebut sebagai molekul glukan.  Dengan adanya glukan ini akan melekatkan streptocossus mutans pada pelikel, yang menyediakan spesies pada  bakteri dan kuman pada mulut seperti mikorba tersebut, sehingga  timbunan plak pada gigi anda akan semakin menumpuk.

Oleh karena penumpukan plak tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan gigi anda secara keseluruhan bagi tubuh anda, maka sebaiknya mikroba pada plak pada gigi tersebut baiknya harus anda antisipasi sejak dini. Adaupun cara menghilangkannya adalah sebagai berikut :

2. Cara Menghilangkan Mikroba Pada Gigi

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan mikroba tersebut adalah dengan menghilangkan plak pada gigi tersebut. Berikut cara yang bisa anda lakukan :

  • Sikatlah gigi anda dengan cara yang baik dan benar dan dengan waktu yang tepat pula.  Yakni pagi sehabis anda sarapan dan juga pada malam hari sebelum anda tidur. Dan jangan lupa aplikasian flossing gigi dan juga akhiri dengan berkumur menggunakan obat kumur.
  • Menjaga jenis makanan dan minuman yang anda konsumsi. Hindari  makanan yang terlalu manis dan minuman alkohol atau soda.
Sponsors Link

Demikian sobat ulasan yang  bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi