Lebih Cepat Sembuh Dengan Minum Es Sesudah Cabut Gigi

Banyak orang yang sering mengatakan jika sesudah melakukan operasi cabut gigi, maka sebaiknya lebih banyak minum air dingin atau air es. Tanpa disadari, kita juga percaya akan hal tersebut dan akhirnya juga minum es sesudah cabut gigi. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut juga dibenarkan dalam dunia medis dan apakah memang benar bisa mempercepat penyembuhan sesudah cabut gigi?. Untuk menemukan jawaban selengkapnya, silahkan anda simak ulasan yang kami berikan berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Operasi Cabut Gigi

Dokter gigi umumnya akan melakukan operasi cabut gigi ketika gigi pasien memang sudah benar benar rusak. Gigi rusak seperti berlubang parah atau keropos jika dibiarkan maka bisa menimbulkan rasa nyeri sehingga harus dicabut untuk mencegah penyebaran kerusakan gigi ke area lain sehingga manfaat cabut gigi berlubang menjadi sangat penting. Operasi gigi ini umumnya dilakukan dengan pemberian obat bius agar membuat pasien tidak merasakan sakit. Namun sesudah operasi selesai dan efek bius pencabutan gigi hilang, maka rasa sakit tersebut bisa muncul kembali.

Sesudah selesai cabut gigi, umumnya akan ada lubang pada gusi yang mengeluarkan darah atau pendarahan pada gusi sehingga menyebabkan bengkak dan peradangan. Ini sebenarnya sangat wajar terjadi dan untuk mempercepat penyembuhannya bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi adalah minum obat penghilang rasa sakit yang diberikan oleh dokter sebagai perawatan sesudah cabut gigi. Obat ini biasanya aman dan dianjurkan oleh dokter sesudah cabut gigi untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi.

  1. Kompres Dingin

Selain untuk cara mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, kompres es juga bisa ditempelkan pada area luar mulut sekitar 10 sampai 20 menit untuk tiap kali kompres yang berguna untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sesudah cabut gigi. Letakkan kain tebal diantara es dan juga kulit supaya pembuluh darah tidak benar benar mati total untuk mengalirkan darah.

  1. Kumur Air Garam

Sesudah 24 jam sesudah operasi cabut gigi dilakukan, maka berkumur dengan air garam bisa dilakukan sebanyak beberapa kali sehari. Ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sekaligus mengatasi sakit kepala sesudah cabut gigi. Akan tetapi, jangan berkumur dengan keras karena bisa membuat gusi kembali berdarah dan menghambat penyembuhan gusi.

  1. Tidur Dengan Bantal Tinggi

Ketika anda ingin tidur sesudah operasi cabut gigi, maka sebaiknya gunakan bantal saat berbaring. Pastikan posisi kepala anda lebih tinggi dari badan sebab posisi datar bisa meningkatkan pendarahan.

  1. Jangan Sentuh Bekas Cabut Gigi

Pastikan anda tidak menyentuh area bekas cabut gigi seperti memakai sikat gigi, lidah atau tusuk gigi. Apabila ini dilakukan, maka akan menghambat proses penyembuhan sekaligus bisa menyebabkan pendarahan semakin parah dan infeksi gigi

Bagaimana Dengan Minum Es Sesudah Cabut Gigi?

Sebenarnya, suhu dingin bisa membuat pembuluh darah mengalami penyempitan sehingga darah tidak mengalir terlalu deras akibat penyempitan tersebut sehingga sering digunakan sebagai cara menyembuhkan sakit gigi dengan es batu. Inilah yang membuat kompres es sangat penting dilakukan sesudah cabut gigi. Namun, bagaimana dengan minum es sesudah cabut gigi?.

Sebaiknya, anda perlu berhati hati pada saat melakukan sesuatu yang bisa menyebabkan kontak langsung dengan luka di bekas cabut gigi seperti menyikat gigi, berkumur dengan keras dan memainkan lidah ke area bekas cabut gigi. Sedangkan untuk minum khususnya minum air dingin sesudah cabut gigi sebetulnya tidak dilarang yang bahkan baik dilakukan untuk cara menghilangkan gusi gatal. Namun sebaiknya jangan minum air dingin dengan menggunakan sedotan. Gerakan menyeruput yang dilakukan mulut ketika minum memakai sedotan bisa menambah tekanan pada area gusi sehingga proses penyembuhan akan terhambat sekaligus meningkatkan risiko sedotan menyenggol area bekas cabut gigi. 

Dengan penjelasan diatas, minum es sesudah cabut gigi sebetulnya bisa dilakukan dan baik untuk mempercepat proses penyembuhan asalkan tidak memakai sedotan dan tidak minum terlalu cepat. Namun jika memang pendarahan belum terhenti sesudah beberapa hari, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut untuk mencegah infeksi dan masalah yang jauh lebih serius pada bekas operasi cabut gigi tersebut.