Sponsors Link

Kenapa Minuman Olahraga Bisa Menghancurkan Gigi Atlet?

Sponsors Link

Kecenderungan antara minuman olahraga dan juga masalah gigi seperti erosi gigi di kalangan atlet memang mungkin akan mengejutkan banyak orang. Menjaga kesehatan tubuh memang sangatlah penting bagi seorang atlet. Namun hal yang sering terjadi adalah atlet juga seringkali mengabaikan betapa pentingnya ciri ciri gigi sehat mereka.

ads

Menjaga kesehatan mulut sama pentingnya dengan menjaga kekuatan tubuh para atlet. Sayangnya, minuman olahraga bisa menghancurkan gigi atlet memang menjadi kenyataan yang cukup mengkhawatirkan dan akan kami ulas selengkapnya berikut ini.

Masalah Gigi Atlet Akibat Minuman Olahraga

Dalam studi yang dilakukan British Journal of Sports Medicine ditemukan jika minuman olahraga bisa menghancurkan gigi atlet yang paling utama adalah penyakit gusi seperti penyebab gusi berdarah tiba tiba, kerusakan gigi, erosi enamel gigi dan juga gigi bungsu yang terinfeksi.

1. Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi terjadi pada saat bakteri yang ada di mulut menghasilkan asam yang kemudian mulai menggerogoti email gigi. Ini bisa menyebabkan lubang atau gigi berlubang sebab kandungan asam mulai merusak lapisan gigi.

2. Penyakit Gusi

Penyakit gusi atau yang biasa disebut dengan penyakit periodontal merupakan infeksi kronis dan juga radang gusi. Ini bisa terjadi pada saat plak pada gigi atau plak bakteri mulai menumpuk dari waktu ke waktu yang kemudian berubah menjadi zat berpori kasar disebut dengan karang gigi. Plak bakteri tersebut nantinya akan melepaskan racun yang mengiritasi dan menyebabkan infeksi gusi.

3. Erosi Enamel

Enamel gigi merupakan lapisan paling luar dari gigi yang keras dan berwarna semi jernih yang bertugas untuk memberikan perlindungan dari keausan sehari hari. Erosi enamel atau erosi gigi yang terjadi ketika asam merusak enamel pada gigi akan memperlihatkan dentin yang sensitif di lapisan bawahnya.

4. Infeksi Gigi Bungsu

Jenis infeksi gigi bungsu ini bisa terjadi pada saat gigi bungsu yang erupsi sebagian membentuk jaringan gusi di sebelah gigi. Makanan dan juga sisa kotoran bisa dengan mudah terperangkap di dalamnya dan menjadi sarang untuk bakteri dan akhirnya infeksi terjadi.

Meski kondisi ini memang tidak selalu terjadi karena minuman asam atau mengandung gula, namun beberapa dokter gigi menyarankan untuk menghindari kadar gula yang tinggi untuk mencegah infeksi yang semakin memburuk.

Kenapa Atlet Rentan Dengan Kerusakan Gigi?

Mungkin memang terdengar sedikit aneh jika atlet sangat rentan dengan jenis jenis penyakit gigi. Berikut ini akan kami berikan beberapa faktor yang bisa membuat atlet berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi.

1. Konsumsi Gula

Suplemen intra latihan, minuman olahraga atau minuman energi, soda dan gel karbohidrat umumnya dikonsumsi orang yang aktif untuk tetap menjaga energi selama berolahraga. Gula yang ada dalam minuman tersebut bisa merusak gigi dan meningkatkan asam untuk bakteri oral sehingga risiko pembusukan juga semakin meningkat.

2. Konsentrasi Keasaman

Enamel gigi dan juga dentin gigi akan lemah dan juga pecah karena asam dengan pH yang lebih rendah dari 5.5. Banyak minuman olahraga dan juga suplemen intra latihan yang mengandung asam sitrat atau asam malat dengan pH antara 2.4 hingga 4.5 yang tentunya akan merusak enamel dan juga dentin gigi.

Sponsors Link

3. Sering Terpapar Produk Asam dan Gula

Alih alih meneguk minuman olahraga dengan cepat, banyak atlet yang sering minum sedikit demi sedikit selama latihan. Hal inilah yang sebenarnya akan mengekspos gigi para atlet ke tingkat asam dan gula yang berbahaya. Perpanjangan waktu kontak akan menempatkan gigi pada risiko erosi dan juga pembusukan gigi yang lebih tinggi. Sementara membilas atau berkumur dengan minuman olahraga atau suplemen intra latihan akan semakin membuat gigi semakin rentan terhadap erosi.

4. Dehidrasi dan Produksi Air Liur Rendah

Karena dehidrasi merupakan masalah umum atlet, maka memiliki mulut kering dan aliran saliva yang menurun akan membuat mereka lebih rentan terhadap kerusakan gigi. Air liur sendiri berguna untuk melindungi gigi dengan cara membersihkan dan menipiskan cairan pada permukaan gigi.

Air liur juga akan menyediakan kalsium dan juga fosfat untuk membantu untuk remineralisasi dan juga menetralkan asam di dalam mulut. Tanpa jumlah air liur yang cukup di dalam mulut, maka gigi anda tidak akan mendapatlan perlindungan dari bakteri berbahaya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman