Sponsors Link

Nekrosis Pulpa: Gejala – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Nekrosis pulpa merupakan kondisi di mana pulpa di dalam gigi sudah mati yang menjadi tahap terakhir dari pulpitis kronis dan bisa menyebabkan masalah lain pada gigi. Bagian paling dalam dari setiap gigi mempunyai jaringan bernama pulpa gigi yang memanjang dari akar ke mahkota. Pulpa gigi merupakan desain kompleks pembuluh darah dan saraf yang membantu menjaga gigi bagian dalam agar bisa selalu sehat. Dua bagian pulpa merupakan saluran akar yang ada di bawah gigi dan ruang pulpa ada di mahkota. Ketika seseorang memiliki penyakit gigi atau mulut, maka pulpa bisa terkena dan akhirnya mati atau nekrosis pulpa serta menyebabkan masalah gigi lainnya.

ads

Gejala Nekrosis Pulpa

Sebagian besar gejala yang mengindikasikan masalah dengan gigi dan juga pulpa bagian dalam terjadi sebelum nekrosis pulpa. Ini bisa terjadi karena ketika nekrosis terjadi, maka saraf mungkin juga akan berhenti mengirim sinyal yang memperingatkan penderita terhadap rasa sakit atau tidak nyaman sebab pulpa sudah mati.

Pada tahap awal masalah pulpa, gigi sensitif pada makanan atau minuman dingin akan terjadi bahkan permen sudah bisa sangat mengganggu gigi yang sakit. Menurut seorang ahli, rasa tidak nyaman itu bisa berlangsung selama 1 sampai 2 detik setiap kalinya.

Sesudah nekrosis pulpa berkembang, maka anda tidak lagi bisa merasakan dingin sama sekali namun mungkin akan merasakan tekanan tinggi pada gigi yang sakit karena makanan. Tekanan ini bisa berlangsung selama beberapa menit suatu waktu. Jika anda sudah sama sekali, maka ini bisa menjadi tanda nekrosis.

Gigi bisa mengalami nekrosis karena penyebab gigi busuk pada anak yang tidak diobati, trauma atau terlalu banyak tambalan yang besar. Pada saat nekrosis, anda juga akan mengalami pulpitis yang tidak bisa sembuh sehingga butuh saluran akar atau pencabutan gigi.

Tes Nekrosis Pulpa

Sebelum menguji nekrosis pulpa, dokter ggi akan melakukan pemeriksaan gigi, gusi dan juga jaringan di sekitarnya yang terkadang kondisi ini tidak diketahui oleh pasien. Ini hanya bisa ditemukan sesudah menjalani pemeriksaan gigi. Sinar X gigi juga bisa membantu untuk mempersempit area pembusukan atau penyakit abses gigi yang mungkin menjadi tempat nekrosis pulpa.

Jika diduga terdapat pulpitis atau nekrosis, maka dokter gigi mungkin akan memakai alat bernama pulpa listrik yang akan memberikan kejut kecil pada gigi. Jika bisa dirasakan oleh pasien, maka pertanda pulpa masih hidup. Namun jika tidak, maka pertanda nekrosis pulpa sudah terjadi.

Penyebab Nekrosis Pulpa

Nekrosis pulpa umumnya dimulai dari kerusakan gigi. Dari Yayasan Nemours, kerusakan gigi umumnya terjadi dalam bentuk gigi berlubang. Rongga dimulai dengan penumpukkan plak pada gigi yang kemudian mengarah pada lubang di email gigi. Ketika diketahui lebih awal, maka gigi yang berlubang akan diisi oleh dokter sehingga tidak menyebabkan masalah lebih lanjut. Namun jika lubang hanya dibiarkan, maka lubang terus membusuk di enamel gigi sehingga akhirnya berpindah ke pulpa yang kemudian membuat pulpa mati.

Penyebab lain dari nekrosis pulpa adalah pulpitis kronis yang melibatkan peradangan jangka panjang atau pembengkakan pulpa karena pembusukan jangka panjang, trauma dan juga banyak restorasi besar.

Pengobatan Nekrosis Pulpa

Pilihan pengobatan untuk mengatasi nekrosis pulpa sangat bervariasi tergantung dari stadium dan tingkat keparahan kondisi. Dokter gigi mungkin akan merekomendasikan satu dari beberapa pengobatan berikut ini:

  • Jenis tambal gigi: Dokter akan mengisi lubang untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.
  • Saluran akar: Dokter gigi akan mengangkat jaringan mati di semua ruang pulpa dan akar gigi untuk menghilangkan infeksi.
  • Solusi irigasi lembut: Digunakan untuk membersihkan saluran secara menyeluruh lalu akan diterapkan pengisian khusus disebut gutta percha.
  • Menghilangkan pulpa: Ini menjadi metode pengobatan nekrosis pulpa dari pulpitis ireversibel dimana selama prosedur, dokter gigi akan membuat lubang kecil di gigi kemudian menghilangkan pulpa yang mati secara manual yang juga dilakukan bersamaan dengan saluran akar.
  • Penggantian gigi: Tergantung dari tingkat keparahan nekrosis pulpa, dokter gigi akan menghilangkan saluran akar dan anda bisa memilih pilihan dari penggantian gigi tergantung dari anggaran dan preferensi anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini