Sponsors Link

Pencegahan Noda Kopi Pada Gigi Tanpa Berhenti Ngopi

Sponsors Link

Saat akan memulai hari, seperti banyak orang anda juga kemungkinan akan menikmati secangkir kopi. Namun, rutinitas pagi tersebut juga bisa berpengaruh pada kesehatan gigi. Apabila noda kopi bisa menodai pakaian, maka juga bisa menodai gigi anda. Aturan praktis ini juga berlaku pada kopi. Dalam kopi mengandung bahan yang disebut dengan tanin yakni sejenis polifenol yang terurai dalam air. Ini juga ditemukan dalam minuman lain seperti pada teh atau anggur. Tanin bisa menyebabkan senyawa warna menempel pada gigi penyebab gigi kusam dan bernoda. Pada saat senyawa tersebut menempel, maka bisa meninggalkan noda kuning yang tidak diinginkan. Lalu, bagaimana cara menghindari noda kopi pada gigi tanpa harus berhenti minum kopi?, berikut triknya untuk anda.

ads

Menyingkirkan Noda Kopi Pada Gigi

Jika anda pencinta kopi, maka tidak perlu panik. Terkadang, dokter gigi bisa menghilangkan noda kopi selama melakukan pembersihan dua tahunan. Untuk itu, pastikan anda menjadwalkan janji temu reguler. Anda juga bisa melakukan pembersihan profesional dengan pengobatan rumahan seperti menyikat gigi dengan soda kue dua kali sebulan yang bisa memutihkan gigi seperti manfaat baking soda untuk gigi kuning.

Anda juga bisa mengurangi noda kopi dengan pasta gigi pemutih dan strip pemutih dengan teratur. Namun seiring dengan penggunaan pasta gigi pemutih, bicarakan juga dengan dokter gigi tentang cara untuk memutihkan gigi di rumah. Selain itu, pertimbangkan juga untuk beralih dari sikat gigi manual ke sikat gigi listrik yang bisa memberikan daya pembersihan lebih besar.

Efek Kopi Pada Gigi

Sama seperti minuman lain yang bukan air, kopi juga bisa menyebabkan bakteri tumbuh di mulut yang kemudian menjadi penyebab erosi gigi dan kerusakan email gigi. ini bisa menyebabkan gigi anda semakin tipis dan rapuh.

Kopi juga bisa menjadi penyebab bau mulut atau halutosis sebab akan menempel pada lidah. Untuk menghindari masalah ini, maka konsumsi makanan lebih dulu sebelum anda minum kopi dan pakai scraper lidah serta sikat gigi sesudah minum kopi.

Mencegah Noda Kopi

Jika menghindari minum kopi di pagi hari tidak bisa anda lakukan, maka anda bisa mencegah noda kopi pada gigi dengan menguranginya. Mungkin anda bisa minum secangkir kopi di pagi hari dan teh hijau untuk sisa hari berikutnya. Hindari juga menambagkan creamer serta gula karena hal tersebut hanya mempercepat pertumbuhan bakteri yang berubah warna.

Sebaiknya, minum satu cangkir kopi secara langsung dan bukan tegukan kecil sepanjang hari untuk mencegah penumpukan bakteri. Selain itu, minum juga satu gelas air sesudah minum kopi untuk membilas mulut dan gigi anda sebab banyak manfaat mouthwash untuk gigi. Apabila anda lebih suka es kopi, maka minum dengan sedotan untuk mengurangi risiko noda. Terakhir, gosok gigi sekitar 30 menit sesudah minum kopi dan setelahnya lanjutkan berkumur dengan air.

Beberapa jenis makanan juga bisa membantu untuk mengatasi noda kopi pada gigi. Buah buahan dan sayuran mentah seperti stroberi dan lemon mengandung serat alami yang bisa membersihkan gigi dengan cara menghancurkan bakteri.

Penyebab Noda Pada Gigi

Kopi sebetulnya bukan menjadi satu satunya penyebab gigi bernoda dan penyebab gigi cepat kuning. Untuk mempertahankan senyum putih, maka sebaiknya perhatikan makanan dan minuman lain yang bisa meninggalkan noda kekuningan, seperti:

Sponsors Link

  • Anggur merah.
  • Beri seperti blueberry, blackberry dan ceri.
  • Tomat dan saus tomat.
  • Kola.
  • Es potong.
  • Teh hitam.
  • Permen keras.
  • Minuman olahraga.

Kabar Baik Untuk Pencinta Kopi

Bagi anda pencinta kopi, kabar baiknya anda masih bisa terus minum kopi sekaligus tetap mempertahankan senyum putih dan sehat yakni dengan minum kopi secukupnya saja. Dokter gigi menyarankan untuk tidak lebih minum dua cangkir kopi per hari. Selain itu, pastikan juga anda tetap menyikat gigi secara teratur dan lakukan kunjungan ke dokter gigi sebanyak dua kali setahun.

Seorang dokter gigi dari State of the Art Dental Group juga mengatakan jika sebaiknya minum kopi dari sedotan. Ini sangat baik untuk mencegah kopi menyentuh gigi anda dan menghindari noda yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini