Sponsors Link

Normalkah Gusi Berdarah Saat Menstruasi, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Pada saat seorang wanita sudah memasuki tahap dewasa pada umumnya ditandai dengan masa menstruasi. Masa menstruasi ini adalah hal yang wajar yang memang harus dirasakan setiap wanita.

ads

Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, pada saat seorang akan merasakan menstruasi tersebut, maka ada berbagai hal yang pada umumnya akan dirasakan oleh seorang wanita tersebut.

Beberapa hari sebelum menjelang menstruasi biasanya seluruh badan akan terasa pegal, pinggang terasa sakit dan juga emosi yang tidak stabil. Oleh karena itulah sering kali seorang wanita yang ingin menstruasi sering kali dikatakan “ sensitif “ hal tersebut merupakan keadaan normal.

Hal tersebut pada umumnya terjadi karena memang pada saat akan datang bulan, maka seorang wanita akan merasakan adanya perubahan  hormon dalam tubuhnya. gangguan gigi dan gusi menjelang menstruasi bisa anda pelajari lebih lanjut.

Selain kondisi tubuh yang pegal tersebut sobat, seorang wanita yang hendak menstruasi juga sering kali mengalami sensasi yang tidak nyaman dalam mulutnya. Sebut saja seperti gigi yang terasa pegal dan longgar, maka gusi juga akan mengalami bengkak dan gusi sensitif yang tidak jarang membuat gusi tersebut menjadi berdarah.

Lantas, normalkah gusi berdarah saat menstruasi tersebut? Untuk ulasan selengkapnya, berikut ini penulis akan menjelaskannya untuk anda. Cekidot.

Pada saat menstrusi, gusi berdarah tersebut memang sering sekali terjadi. Hal tersebut dikarenakan :

  • Terjadinya perubahan hormon apda seorang wanita.
  • Terjadinya rasa sensitif yang berlebihan pada bagian mulut secara keseluruhan
  • Adanya pertumbuhan plak yang tumbuh dan mengiritasi gusi seseorang, terlebih lagi pada saat seorang wanita sedang mensturasi, maka gigi dan mulutnya akan terasa sensitif sehingga akan sangat gampan untuk berdarah
  • Pada saat seorang wanita masuk kedalam tahap puberitas, maka ia juga akan merasakan perubahan yang tergolong drastis dalam hidupnya. Sebut saja seperti puberitas yang akan berpengaruh pada sensitifitas gigi dan gusinya, hal ini akan lebih cenderung terlihat pada saat ia sedang menstruasi atau datang bulan.
  • Terjadinya peradangan gusi yang diakibatkan oleh menstruasi tersebut. Pada saat seseorang mengalami peradangan gusi, maka sering kali hal tersebut akan membuat gusinya berdarah. Hal seperti ini cenderung terjadi pada seorang wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi.

Itulah sobat beberapa penyebab  gusi berdarah pada saat datang bulan. Hal tersebut pda umunya terjadi karena adanya kenaikan hormon estrogen dan juga hormon progesterone pada perempuan yang menyebabkan peningkatan aliran darah ke gusi anda.

Pada saat peningkatan  aliran darah tersebut ke gusi semakain bertambah, maka hal ini juga akan membuat gusi tersebut menjadi lebih sensitif dan akan rentan menjadi berdarah.

Namun sobat, pada saat pendarahan pada gusi anda terlalu parah ada baiknya anda harus berkonsultasi dengan dikter gigi untuk memasikan hal tersebut adalah normal.

Sponsors Link

Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk anda sobat semua. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak jalah menarik lainnya untuk anda. Sampai jumpa, salam hangat selalu. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam gigi sehat. 

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Mulut
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini