Sponsors Link

7 Penyebab Nyeri Gigi Geraham

Sponsors Link

Setiap orang memiliki kumpulan geraham yang berbeda ketika tumbuh dewasa. Geraham bisa tumbuh sekitar usia 6 hingga 12 yang disebut dengan gigi geraham pertama dan kedua. Sedangkan untuk gigi geraham ketiga merupakan gigi bungsu yang biasanya tumbuh pada usia 17 sampai 30 tahun. Nyeri gigi geraham bisa berkisar dari ringan hingga tajam. Anda mungkin mengalami sakit geraham di satu tempat atau bahkan seluruh mulut anda.

ads

Terkadang, anda harus pergi ke dokter gigi untuk mengobati penyebab rasa sakit tersebut. Namun sebenarnya anda bisa mencegah nyeri gigi geraham dengan menjaga kebersihan gigi dan melakukan kunjungan dokter gigi dengan teratur.

Gejala Nyeri Gigi Geraham

Nyeri gigi geraham bisa meliputi rasa sakit yang mengelilingi satu atau lebih gigi geraham anda. Gejala nyeri gigi geraham akan tergantung dari penyebabnya, namun biasanya meliputi:

  • Sakit kepala.
  • Demam.
  • Rasa sakit di dekat telinga.
  • Sakit ketika mengunyah.
  • Sensitivitas pada makanan dan minuman dingin atau panas.
  • Rasa sakit yang tajam.
  • Tekanan pada sinus.
  • Pembengkakan atau pendarahan gusi.
  • Berdenyut di area rahang.
  • Otot rahang terasa kencang.
  • Rasa sakit yang memburuk saat malam hari.

Penyebab Sakit Gigi Geraham

Nyeri gigi geraham mungkin terkait dengan gigi atau juga bisa disebabkan oleh kondisi yang tidak berhubungan dengan gigi anda. Beberapa penyebab berikut saling terkait sementara yang lain lebih terisolasi.

1. Sensitivitas Dingin atau Panas

Sensitivitas terhadap dingin dan panas terjadi pada saat enamel gigi anda aus dan lapisan gigi yang lebih dalam yang mengandung sarap terpapar oleh makanan dan minuman. Jenis sensitivitas tersebut bisa disebabkan karena kerusakan gigi, gigi geraham patah setengah, tambalan yang sudah tua dan bahkan penyakit gusi.

2. Abses Gigi

Penyakit abses gigi bisa terjadi ketika anda mengalami infeksi pada gigi molar akibat kerusakan gigi. Anda mungkin memiliki abses di dekat akar molar atau garis gusi. Abses bisa muncul sebagai kantong nanah dan anda bisa mengembangkan abses gigi dari gigi yang sudah membusuk, gigi yang terluka atau sesudah melakukan perawatan gigi.

3. Lubang, Kerusakan dan Pulpitis

Lubang gigi seperti gigi taring berlubang yang juga dikenal sebagai kerusakan gigi bisa terjadi pada gigi geraham akibat kebersihan gigi yang buruk. Beberapa orang juga lebih rentan terhadap gigi berlubang dan anda bisa merasakan sakit yang tajam atau berdenyut di gigi geraham yang berlubang.

Pulpitis merupakan hasil dari peradangan di dalam gigi yang disebabkan karena gigi berlubang seperti gigi bungsu berlubang parah. Peradangan tersebut bisa menyebabkan infeksi bakteri sehingga harus diatasi sebelum merusak gigi dan mulut anda secara permanen.

4. Periodontitis

Periodontitis atau infeksi gusi bisa berpengaruh pada gigi geraham dan menimbulkan rasa sakit ketika mengunyah. Ini bisa menyebabkan peradangan, merusak jaringan di gusi serta mengikis tulang di dekat gigi anda. Nantinya, periodontitis juga bisa menyebabkan kehilangan gigi jika tidak dirawat dan bahkan menjadi faktor risiko independen untuk penyakit arteri koroner dan diabetes.

5. Infeksi Sinus atau Sinusitis

Anda mungkin pernah merasakan sakit pada gigi geraham atas karena infeksi sinus. Geraham tersebut berada di dekat sinus dan infeksi sinus bisa menyebabkan tekanan pada kepala yang kemudian menyebar ke gigi geraham anda.

Sponsors Link

6. Gerinda Gigi

Anda bisa menggiling gigi bolak balik, gerinda gigi atau bruxism yang menyebabkan sakit gigi geraham. Mungkin anda tidak menyadari jika memiliki kondisi ini karena anda biasanya menggertakkan gigi di malam hari ketika sedang tidur. Kondisi tersebut bisa merusak enamel gigi yang kemudian menimbulkan rasa nyeri di gigi geraham.

7. Kondisi Rahang

Anda juga bisa mengalami nyeri gigi geraham akibat rahang tidak berfungsi seperti seharusnya. Kondisi yang disebut gangguan sendi temporomandibular ini bisa menimbulkan rasa sakit di sekitar rahang dan juga otot otot di sekitarnya yang sekaligus juga menyebabkan rasa sakit ketika sedang mengunyah sesuatu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi