7 Obat Granuloma Gigi yang Alami dan Terbukti Ampuh

Timbulnya pembengkakan di area sekitar gusi hingga munculnya benjolan seringkali menjadi masalah sepele bagi sebagian orang. Selain dianggap tidak membahayakan, biasanya masalah seperti ini hanya menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang akan hilang dengan sendirinya setelah pengkonsumsian obat sakit gigi berlubang dan ngilu.

Namun, jika hal tersebut dibiarkan terus menerus apalagi didampingi dengan keluhan gigi berlubang. Maka bisa jadi timbulnya benjolan di sekitar gusi menjadi masalah yang lebih serius hingga menyangkut sistem saraf di dalamnya. Hal inilah yang seringkali menimbulkan masalah baru yang disebut dengan granuloma gigi.

Granuloma gigi sendiri merupakan munculnya benjolan di akar gigi yang disertai dengan rasa nyeri akut. Biasanya benjolan ini berbentuk padat dengan ukuran sekitar 5 – 8 mm. Dimana kemunculannya menjadi titik awal dari sakit gigi yang dibiarkan dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab Granuloma Gigi

Granuloma gigi tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa faktor penyebab yang menimbulkan seseorang mengalami masalah gigi seperti ini, diantaranya:

  • Tumpukan Karang Gigi yang Dibiarkan

Karang gigi timbul akibat penumpukan plak pada gigi dari sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan lapisan email gigi menjadi lemah dan terkikis, karang gugi juga dapat menyebabkan pembengkakan di area sekitar gusi dan menimbulkan adanya benjolan. Jika tidak segera di atasi, benjolan akan nampak seperti daging tumbuh yang semakin besar dengan bentuk yang lebih padat.

  • Karies Gigi

Karies gigi menjadi salah satu masalah yang cukup banyak dialami. Dimana masalah seperti ini bisa diakibatkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Saat gigi kotor dan penumpukan sisa makanan yang terus terjadi, maka bakteri akan lebih mudah berkembang di daerah tersebut. Dimana bakteri akan terus masuk dan merusak ke bagian jaringan gigi yang lebih dalam. Akibatnya, gigi akan berlubang, timbul rasa sakit, pembengkakan di area gusi, peradangan, hingga muncul benjolan atau daging tumbuh.

  • Gingivitis

Gingivitis merupakan kondisi dimana gusi mengalami peradangan yang menyebabkan daerah sekitar gusi menjadi sakit bahkan menyebabkan gusi berdarah. Kondisi seperti ini dapat menyerang area gusi dan jaringan pengikat di dalamnya. Jika tidak diobati, maka kekuatan gigi akan melemah dan mengakibatkan gigi tanggal sebelum waktunya.

  • Infeksi

Infeksi pada gigi menjadi salah satu masalah yang cukup serius dan harus segera ditangani. Dimana infeksi gigi dapat disebabkan oleh bakteri yang masuk dan merusak ke jaringan dalam gigi dan menyebabkan benjolan yang berujung pada kista gigi. Biasanya infeksi seperti ini ditemui pada penderita gigi berlubang besar di bagian gigi geraham yang dapat berujung pada granuloma.

Obat Granuloma Gigi

Dari beberapa penyebab granuloma gigi, jenis-jenis penyakit gigi seperti ini dapat diobati dengan beebrapa tindakan. Jika kondisinya belum terlalu parah, maka anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami untuk mengempeskan benjolan yang muncul di area sekitar gusi. Namun, jika benjolannya sudah terlalu parah yang ditandai dengan gejala rasa sakit yang luar biasa. Maka tindakan medis menjadi salah satu cara terbaik untuk mengobati granuloma gigi.

Ada beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menyembuhkan granuloma gigi jika kondisinya belum terlalu parah. Berikut obat granuloma gigi yang dapat anda buat dari manfaat bahan-bahan alami:

  1. Daun Sirih

Manfaat sirih untuk gigi memang sangat luar biasa. Daun yang memiliki kandungan antibakteri ini dapat anda manfaatkan untuk mengobati granuloma gigi. Caranya, tumbuk 1 – 2 lembar daun sirih, tempelkan pada bagian gusi yang muncul benjolan. Selain itu, rebus beberapa lembar daun sirih. Gunakan rebusan daun sirih sebagai obat kumur.

  1. Kunyit

Kunyit menjadi obat granuloma pada gigi yang dapat anda manfaatkan khasiatnya. Bahkan kunyit juga dapat menghentikan peradangan pada gusi. Caranya, siapkan 1 – 2 siung kunyit. Parut hingga halus dan tempelkan pada bagian yang muncul benjolan.

  1. Pinang

Buah pinang dulunya menjadi salah satu buah yang banyak digunakan untuk membersihkan gigi oleh para nenek moyang. Kini buah pinang juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati munculnya granuloma gigi. Caranya, ambil 1 – 2 buah pinang. Gosokan secara perlahan dalamnya buah pinang ke bagian gusi yang muncul benjolannya.

  1. Bunga Rosella

Selain memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bunga rosella juga dapat anda manfaatkan untuk mengempelkan benjolan pada gusi. Caranya, ambil 3 – 5 bunga rosella yang masih segar. Tumbuk hingga halus dan tempelkan ke bagian benjolan di gusi. Selain itu, anda bisa membuat rebusan bunga rosella untuk obat kumur berikutnya.

  1. Buah Gambir

Obat granuloma berikutnya dapat anda temui pada buah gambir. Buah ini dapat anda manfaatkan untuk menghentikan peradangan gusi akibat granuloma gigi. Caranya, ambil 1 buah gambir. Haluskan dan tempelkan ke bagian gusi yang terdapat benjolannya.

  1. Minyak Cengkeh

Selain digunakan untuk obat tradisional sakit gigi berlubang dan ngilu, minyak cengkeh juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan granuloma gigi. Caranya, anda bisa menggunakan minyak cengkeh untuk dioleskan ke bagian benjolan pada gusi.

  1. Daun Sirsak

Selanjutnya, anda juga dapat memanfaatkan daun sirsak untuk obat granuloma pada gigi. Caranya, ambil 1 – 2 lembar daun sirsak. Tumbuk hingga halus dan tempelkan ke bagian gusi yang terdapat benjolannya.

Itulah beberapa obat granuloma gigi yang berasal dari bahan-bahan alami dan dapat digunakan untuk mengobati granuloma gigi. Namun jika kondisinya sudah parah, maka tindakan medis menjadi salah satu cara mengobati granuloma gigi yang paling efektif.