7 Obat Gusi Bengkak Bernanah di Apotik

Infeksi gusi, atau periodontitis, adalah infeksi jaringan lunak dan tulang yang mendukung gigi hingga menyebabkan gusi bengkak dan dapat menyebabkan kehilangan gigi, peningkatan risiko serangan jantung atau stroke dan masalah kesehatan serius lainnya. Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab paling penting untuk penyakit ini.

Tujuan perawatan adalah untuk membersihkan bakteri dari gusi dan mencegah lebih banyak kerusakan seperti cara mengatasi dilaresasi. Terlepas dari operasi, scaling dan perawatan saluran akar, antibiotik juga dapat diresepkan untuk mengobati kondisi tersebut. Berikut daftar obat gusi bengkak bernanah baik secara alami dan medis.

1. Doxycycline

Doxycycline adalah antibiotik di kelas antibiotik tetrasiklin. Ia bekerja dengan mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri. Doxycycline diberikan dalam bentuk gel dan diaplikasikan di kantong gigi oleh dokter gigi setelah membersihkan plak gigi dan akar gigi. Setelah gel diterapkan, area ini ditutup dengan perban khusus yang disebut paket periodontal dan antibiotik dari gel dilepaskan selama tujuh hari seperti obat sakit gigi akibat benturan. Paket periodontal dihapus setelah tujuh hingga 10 hari. Efek samping yang umum dari doxycycline termasuk diare, sakit mulut dan sakit perut.

2. Chlorhexidine

Chlorhexidine adalah agen antimikroba yang efektif melawan berbagai macam bakteri. Ini biasanya ditemukan di mulut bilas resep yang digunakan untuk mengendalikan bakteri ketika mengobati infeksi gusi. Chlorhexidine bekerja dengan membunuh bakteri yang ada dalam kantong oral dan mencegah kekambuhan infeksi. Efek samping yang paling umum dari chlorhexidine termasuk peningkatan pewarnaan gigi, peningkatan pembentukan kalkulus dan perubahan persepsi rasa seperti pengaruh rokok pada gigi.

3. Minocycline

Minocycline termasuk dalam kelompok antibiotik tetrasiklin. Ini membawa efek antimikroba dengan menghambat sintesis protein baru dalam sel bakteri. Minocycline memiliki spektrum aktivitas yang luas. Ini efektif terhadap berbagai bakteri dan tersedia dalam bentuk bubuk yang dapat diterapkan oleh dokter gigi di lokasi infeksi. Ini juga tersedia sebagai partikel bulat kecil yang dikenal sebagai mikrosfer sepetri cara mengatasi gigi ngilu saat puasa. Mikrosfer ini ditempatkan oleh dokter gigi di kantong gigi dan melepaskan antibiotik secara perlahan dari waktu ke waktu.

4. Larutan salin

Obat sederhana untuk gingivitis adalah menggunakan garam. Garam tidak hanya disinfektan alami, tetapi juga menghilangkan pembengkakan dari jaringan. Larutkan satu sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, campurkan dan bilas mulut Anda dengan larutan selama sekitar satu menit. Disarankan untuk mengulangi perawatan beberapa kali sehari.

5. Pasta Kunyit

unyit memiliki sejarah panjang dalam Pengobatan Tradisional China dan Ayurvedic dalam mengobati banyak penyakit . Kunyit mengandung kurkumin, bahan utama yang dikenal karena sifat anti-virus, antibakteri, dan anti-inflamasinya dan ini lah mengapa kunyit menjadi salah satu dalam daftar obat gusi bengkak bernanah ini.

6. Aloe Vera

Aloe vera memiliki banyak khasiat penyembuhan. Mirip dengan penggunaannya pada kulit , lidah buaya digunakan untuk membersihkan dan menenangkan gigi dan gusi. Obat kumur lidah buaya dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk mengobati gingivitis yang diinduksi plak Seperti gigi anak tumbuh berantakan.

7. Bubuk soda kue

Obat gusi bengkak bernanah lainnya adalah bubuk soda kue. Menurut sebuah penelitian, baking soda memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi infeksi. Karena soda kue bersifat basa, ia menetralisir asam di dalam mulut, sehingga mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Soda kue juga dapat membantu menjaga mulut Anda bebas dari bakteri yang dapat menyebabkan plak dan gigi berlubang.