Sponsors Link

5 Obat Gusi Bengkak Di Apotik yang Paling Efektif

Sponsors Link

Obat gusi bengkak di apotik biasanya bersifat obat anti mikroba. Terapi antimikroba adalah bentuk pengobatan oral yang digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi perkembangan infeksi bakteri di mulut. Terapi ini bertujuan untuk mencegah penyakit periodontal akibat infeksi, yang dapat menyebabkan gusi berdarah yang menyakitkan dan melonggarkan gigi Anda seperti cara mengatasi dilaresasi.

ads

Persiapan dan Perawatan Obat Gusi Bengkak Di Apotik

Jika dokter gigi memutuskan Anda akan mendapat manfaat dari perawatan antimikroba, ia mungkin akan mulai dengan root planing dan scaling. Proses ini menghilangkan plak dari kantong periodontal menggunakan scaler, pembersih ultrasonik atau laser gigi. Prosedur ini biasanya dilakukan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi ketidaknyamanan pasien seperti obat sakit gigi akibat benturan.

Setelah itu, dokter gigi membersihkan dan menskala permukaan gigi yang terkena untuk mencegah penumpukan plak lebih lanjut dan memungkinkan jaringan gusi untuk menyembuhkan. Praktisi Anda mungkin juga merekomendasikan penggunaan obat kumur antiseptik atau meresepkan obat antibiotik untuk Anda gunakan selama tujuh hingga 10 hari ke depan.

Daftar Obat Gusi Bengkak Di Apotik

1. Mouthwash antiseptik

Obat kumur yang mengandung larutan antiseptik membantu mengontrol reproduksi bakteri, yang tumbuh di jaringan gusi di mulut, dan membantu membersihkan kantong di sekitar gigi individu. Bahan-bahan dalam obat kumur antiseptik termasuk klorheksidin, triclosan, minyak esensial, dan garam logam Sn 11 dan Zn 11 untuk membantu mengontrol plak gigi dan halitosis seperti obat sakit gigi akibat benturan.

2. Obat-obatan antibiotik

Penggunaan antibiotik resep sebelumnya tersebar luas dalam kedokteran gigi untuk mengurangi infeksi, seperti abses mulut, tetapi sekarang lebih jarang ditawarkan karena bakteri telah menjadi resisten terhadap jenis tertentu seperti cara mengatasi gigi ngilu saat puasa. Antibiotik kemungkinan akan direkomendasikan dalam kasus yang parah, seperti pengobatan gingivitis ulseratif nekrosis.

3. Klindamisin

Klindamisin, yang biasanya diresepkan untuk abses gigi yang terjadi di tulang atau jaringan lunak. Dokter gigi akan sering merekomendasikan ini sebagai ukuran sekunder, setelah penisilin atau yang setara telah dicoba tanpa keberhasilan.

4. Chlorhexidine

Chlorhexidine, yang digunakan untuk mengontrol plak, gingivitis, dan ruang periodontal antara gusi dan gigi Anda. Bahan ini datang dalam bentuk chip yang digunakan untuk scaling dan prosedur root planing.

5. Anti Mikroba Lokal

Dokter gigi juga dapat menawarkan terapi antimikroba lokal, yang melibatkan memasukkan gel antibiotik yang mengandung doxycycline atau bubuk minocycline langsung di bawah jaringan gusi dan menyegel area tersebut dengan paket periodontal hingga 10 hari. 

Sponsors Link

Setelah Perawatan dan Menggunakan Obat Gusi Bengkak Di Apotik

Mempertahankan rutinitas kesehatan mulut yang ketat sangat penting setelah terapi antimikroba untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat dari perawatan. Pertama, gosok gigi dua kali sehari selama setidaknya dua menit setiap kali, dan gunakan benang setidaknya sekali sehari. Jika Anda sudah menjalani terapi lokal, hindari flossing selama satu atau dua hari untuk melindungi lokasi paket periodontal.

Selanjutnya, celupkan dengan obat kumur,  untuk kesehatan gigi, gusi dan mulut yang menawarkan perlindungan gusi lanjutan untuk 45% gusi yang lebih kuat dan sehat. Jika dokter gigi Anda meresepkan antibiotik jenis apa pun, penting bagi Anda untuk mengambil seluruh pengobatan seperti yang diinstruksikan untuk mengurangi risiko membangun resistensi bakteri seperti pengaruh rokok pada gigi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini