20 Obat Radang Gusi Alami dan Apotik yang Ampuh

Gusi adalah salah satu elemen dari rongga mulut yang kesehatannya juga perlu dijaga. Gusi yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah rongga mulut. Sedangkan gusi yang tidak sehat akan mudah mengalami peradangan. Radang gusi tentunya akan sangat mengganggu. Gejalanya adalah gusi bengkak, gusi berdarah, dan bau mulut.

Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan seseorang tidak nafsu makan karena muncul rasa sakit jika mengunyah makanan. Radang gusi juga sering menjadi Penyakit Mulut pada Anak yang kerap kali terjadi. Maka dari itu diperlukan obat radang gusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa obat alami maupun medis di apotek untuk mengatasi radang gusi.

Obat Apotek untuk Radang Gusi

Jika Anda mengalami radang gusi, maka obat-obatan yang bisa dibeli di apotek bisa juga dijadikan alternatif pengobatan yang sesuai. Berikut beberapa rekomendasi obat radang gusi di apotek. Namun selalu sesuaikan dosis dan jenisnya kepada dokter.

  1. Obat kumur

Obat kumur bisa membantu mengatasi radang gusi. Obat Kumur untuk Gusi Bengkak berperan untuk mengusir bakteri dari dalam rongga mulut sehingga radang pada gusi bisa segera disembuhkan. Gunakan obat kumur yang tepat dan tidak mengandung alkohol untuk hasil lebih baik.

  1. Obat antibiotik

Obat antibiotik adalah jenis obat yang memang direkomendasikan untuk mengatasi bakteri di dalam tubuh. Antibiotik bisa dikonsumsi secara langsung. Namun ada juga bentuk obat antibiotik pemakaian luar yang dioleskan ke bagian gusi yang meradang.

  1. Obat analgesik

Obat analgesik adalah jenis obat pereda rasa sakit yang bisa mengatasi pembengkakan serta pendarahan pada gusi yang meradang. Obat ini memiliki kandungan anti inflamasi. Jenis obat analgesik yang populer antara lain asam mefenamat, metampiron, dan ibuprofen.

  1. Obat antipiretik

Jenis obat lain adalah obat antipiretik. Obat ini bisa digunakan untuk meredakan suhu panas yang muncul karena radang yang terjadi pada gusi. Jenis obat yang populer dari antipiretik ini adalah sanmol yang berisi kandungan paracetamol.

  1. Suplemen tertentu

Obat radang gusi juga bisa berasal dari jenis suplemen tertentu. Misalnya suplemen vitamin C, suplemen asam folat, atau suplemen niasin. Ketiganya memiliki peranan untuk mengatasi pendarahan. Namun penggunaannya perlu dilakukan atas rekomendasi dokter.

Obat Alami untuk Radang Gusi

Jika Anda tidak suka pengobatan medis dan lebih suka pengobatan alami, maka sebenarnya ada sangat banyak bahan herbal yang bisa membantu mengatasi Jenis Jenis Penyakit Mulut, termasuk radang gusi. Hanya saja pengobatan alami ini biasanya tidak bisa cepat dan perlu dilakukan dengan rutin setiap hari. Berikut beberapa jenis pengobatan alami yang bisa dilakukan.

  1. Garam

Garam bisa dijadikan larutan dengan dicampur menggunakan air hangat. Larutan garam hangat itu bisa dijadikan obat kumur selama 3 kali dalam 1 hari untuk hasil maksimal. Fungsinya adalah untuk mengusir bakteri.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi radang gusi. Caranya adalah ambil air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan ramuan itu untuk berkumur sebelum tidur.

  1. Bayam duri

Bayam duri secukupnya bisa digunakan untuk obat radang gusi secara alami. caranya adalah bakar bayam duri di atas alas dari tanah liat (genteng, kendi, dan sebagainya). Setelah itu tumbuk hingga halus. Oleskan daun duri halus ke bagian gusi yang meradang.

  1. Asam jawa

Jika sakit gusi Anda disebabkan oleh menumpuknya bakteri dari plak gigi, maka asam jawa bisa digunakan untuk mengatasinya. Asam jawa memang salahs atu Cara Menghilangkan Karang Gigi secara alami sehingga bisa mengusir radang gusi. Caranya adalah sangrai biji asam jawa, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada karang gigi untuk mengurangi bakteri penyebab gusi meradang.

  1. Kulit andong + garam

Cara membuat obat radang gusi dari kulit andong dan garam adalah kupas kulit andong yang sudah dicuci. Lalu tambahkan garam secukupnya. Aduk ramuan dan oleskan pada gusi yang meradang.

  1. Krokot

Krokot yang dibutuhkan hanya kurang lebih 200 gram dan air kurang lebih 3 gelas. Caranya adalah rerbus krokot yang sudah dicuci hingga mendidih. Terus didihkan air rebusan hingga air tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan setelah dingin.

  1. Gambir + kunyit

Bersihkan 3 potong gambir dan setengah ruas jari kunyit. Iris tipis dan rebus bersama 2 gelas air. Terus terbus hingga air tinggal 1 gelas saja. Gunakan ramuan sebagai obat kumur sebanyak 3 kali sehari untuk mengusir bakteri penyebab radang gusi.

  1. Selada + wortel + peterseli

Ketiga bahan ini juga bisa digunakan sebagai obat gusi meradang. Caranya adalah kukus ketiga bahan lalu haluskan dengan blender. Saring sarinya lalu konsumsi sarinya sebanyak 2 kali sehari.

  1. Daun sirih + garam

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat herbal radang gusi. Caranya adalah haluskan daun sirih bersama garam. Campurkan dengan air secukupnya untuk obat kumur. Kumur dengan ramuan ini setiap pagi dan menjelang tidur untuk membunuh bakteri penyebab radang gusi.

  1. Minyak cengkeh + garam

Minyak cengkeh dan garam memiliki kandungan anti bakteri. Caranya juga sangat mudah, yaitu campurkan minyak cengkeh dengan garam secukupnya. Lalu oleskan ramuan sebagai salep ke gusi yang meradang.

  1. Bawang putih

Bawang putih juga memiliki kandungan yang baik untuk mengusir bakteri. Caranya adalah dengan mengunyah bawang putih di area gusi yang terkena radang. Namun jangan ditelan. Biarkan senyawa aktif bawang putih bekerja maksimal, lalu kemudian kumur hingga bersih.

  1. Bawang merah

Obat Sakit Gusi Bengkak berikutnya adalah bawang merah. Bawang merah juga memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa mengatasi pembengkakan pada gusi. Caranya sama dengan cara mengobati dengan bawang putih di atas.

  1. Sambiloto + kunyit + air jeruk nipis + madu

Keempat bahan di atas bisa mengatasi radang gusi. Caranya adalah rebus semua bahan (kecuali madu) pada air yang mendidih. Saring air rebusannya dan diamkan sebentar agar dingin. Setelah dingin, tambahkan madu  dan konsumsi secara teratur.

  1. Madu

Madu secara independen juga bisa membantu mengatasi radang gusi. Caranya pun sederhana, yaitu hanya dengan mengoleskannya ke bagian gusi yang radang. Oleskan sebanyak 3 kali dalam sehari untuk hasil terbaik.

  1. Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi radang gusi. Caranya adalah dengan mencampur aur perasan lemon ke dalam air hangat. Kumur dengan ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa obat radang gusi di apotek dan secara alami. Jika radang gusi tidak juga mereda sampai beberapa hari kedepan, maka segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat.