6 Obat Sakit Gigi Akibat Benturan Paling Efektif

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang menderika sakit gigi seperti penyebab sakit gigi kambuh. Nah, salah satu penyebab yang akan menyisakan sakit gigi yang lumayan sakit adalah karena benturan. Adanya trauma atau benturan menjadi salah satu faktor pemicu dan penyebab sakit gigi diakibatkan rusaknya jaringan disekitar gigi atau pendarahan seperti cara mengobati gigi bengkak akibat sakit gigi. Nah, jika anda mengalami sakit gigi akibat benturan maka gunakan beberapa obat sakit gigi akibat benturan berikut ini:

Obat Sakit Gigi Akibat Benturan

Ini adalah beberapa obat sakit gigi akibat benturan yang bisa menjadi pertolongan pertama sebelum Anda mengunjungi dokter gigi:

1. Air garam

Ini mungkin salah satu cara terbaik untuk menenangkan sakit gigi. Campur ¼ hingga 1/2 sdt. garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah selama 5 hingga 10 detik, keluarkan dan ulangi. Air garam membantu membunuh bakteri di area yang terkena dan mengurangi tekanan pada ujung saraf seperti cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi.

2. Aspirin

Obat penghilang rasa sakit memberikan bantuan yang cepat dan efektif untuk sakit gigi ringan. Memiliki gigi yang sakit dapat menyulitkan untuk makan, berbicara dan bahkan tidur, sehingga obat nyeri yang dijual bebas dapat membantu meringankan rasa sakit. Catatan: Jangan letakkan aspirin pada gusi gigi yang terkena. Aspirin adalah asam dan akan membakar gusi Anda. Menelan aspirin sebagai gantinya seperti penyebab sakit gigi kambuh.

3. Minyak Cengkeh

Ini juga dikenal sebagai Eugenol, adalah bahan yang umum ditemukan dalam produk-produk gigi. Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan dan anestesi yang membantu mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi. Campur 2-3 tetes dengan minyak zaitun atau minyak goreng dan oleskan campuran tersebut pada gigi yang sakit. Anda juga bisa mengoleskan bola kapas ke dalam campuran minyak dan menggosoknya di area yang terkena.

4. Balok Es atau Es Batu

Gunakan bongkahan es, bungkus kain di sekitarnya, dan pegang di atas pipi Anda di tempat yang sakit. Suhu dingin akan mematikan rasa sakit. Catatan: Jangan langsung menggunakan es pada gigi yang terkena. Gigi yang diradang oleh sakit gigi sensitif terhadap suhu panas dan dingin, jadi ini hanya akan meningkatkan rasa sakit.

4. Alkohol

Alkohol adalah antiseptik dan astringen dan dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sakit gigi. Tuangkan ke bola kapas dan mengoleskannya ke gigi yang sakit.

5. Bawang putih

Bawang putih praktis adalah obat ajaib, terbukti sangat efektif antiseptik dengan antivirus kuat, antijamur dan sifat antibakteri. Ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama ribuan tahun. Untuk menggunakannya, cincang satu cengkih bawang putih, lalu taburkan dan biarkan selama sekitar 10 menit untuk mengaktifkan allicin. Oleskan sedikit ke area yang terkena, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak karena dapat terbakar. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air garam hangat.

6. Mentimun

Mentimun dikenal karena efek hemostatik dan menenangkannya, itulah sebabnya Anda mungkin pernah mendengar tentang itu sebagai obat yang sangat baik untuk lingkaran gelap di bawah mata. Ketika digunakan untuk obat sakit gigi, efek hemostatiknya membantu mengurangi aliran darah ke gigi yang terkena, akhirnya mengurangi dan menenangkan rasa sakit.