Sponsors Link

Tips Memilih Obat Sakit Gigi Untuk Anak

Sponsors Link

Anak anak umumnya akan memiliki gigi berlubang serta masalah pada gusi sehingga lebih rentan terhadap sakit gigi. Untuk orang dewasa, memilih obat sakit gigi serta pereda nyeri mungkin bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Akan tetapi anda tidak bisa memberikan obat sakit gigi secara sembarangan pada anak sebab masing masing obat bisa menimbulkan efek samping. Berikut akan kami berikan tips untuk memilih obat sakit gigi untuk anak yang aman digunakan.

ads

Hal Penting Sebelum Memberikan Obat Sakit Gigi Anak

Sebagian besar masalah sakit gigi pada anak umumnya disebabkan karena sisa makanan yang masih terselip di antara gigi. Untuk itulah, anda tidak perlu langsung memberikan obat sakit gigi pada anak ketika mereka mengeluh sakit gigi. Ada beberapa langah sederhana yang sangat disarankan bagi orang tua sebelum memberikan obat sakit gigi pada anak.

1. Sikat Gigi atau Pakai Benang Gigi

Sebaiknya, pilih sikat gigi dengan bulu halus dan cobalah untuk menyikat gigi yang sulit terjangkau dan sering diabaikan anak seperti bagian gigi geraham dalam. Anda juga bisa memakai benang gigi atau flossing gigi untuk hasil pembersihan gigi yang lebih optimal. Jika anak anda sudah bisa memakai sikat gigi dan benang gigi sendiri, maka anda bisa membiarkan mereka melakukannya sendiri namun tetap harus dalam pengawasan.

2. Kumur dengan Air Garam

Sebelum anda memberikan obat sakit gigi untuk anak, ada baiknya jika anda meminta anak untuk berkumur dengan air garam khususnya jika mereka sudah mengerti bagaimana cara untuk berkumur. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat dan aduk sampai rata yang juga menjadi salah satu obat sakit gigi saat puasa.

Perhatikan untuk tidak menggunakan air panas atau dingin kemudian ajari anak anda untuk berkumur setidaknya 30 detik lalu pastikan mereka membuang seluruh airnya. Anda bisa mengulangi cara ini setiap beberapa jam sekali untuk mencegah rasa nyeri muncul kembali.

Memilih Obat Sakit Gigi Anak

Jika memang sakit gigi masih saja berlanjut, maka anda bisa memberikan obat oabatan antiradang seperti acetaminophen, ibuprofen atau paracetamol pada anak anda atau antibiotik untuk sakit gigi. Semuanya tergolong aman digunakan oleh anak anak sekaligus efektif namun tetap harus mematuhi cara penggunaan serta dosis yang dianjurkan.

Paracetamol bisa diberikan untuk anak anak yang sudah berusia di atas 2 bulan jika berat badan sudah lebih dari 4 kg dan lahir sesudah berumur 37 minggu. Sedangkan untuk dosis paracetamol yang bisa diberikan untuk bayi berusia 2 hingga 3 bulan berbeda dengan bayi yang berumur di atasnya sehingga harus dikonsultasikan dengan dokter sebelum memberikan jenis obat ini.

Untuk ibuprofen baru bisa diberikan jika anak sudah berusia 3 bulan dan berbobot 5 kg atau lebih untuk mengatasi penyebab sakit gigi kambuh. Hindari pembeian ibuprofen untuk anak yang menderita asma kecuali jika memang disarankan oleh dokter. Selain itu, pastikan juga dosis yang anda berikan sesuai dengan anjuran.

Untuk orang dewasa, aspirin biasanya dipakai untuk meredakan demam dan juga nyeri. Akan tetapi, jangan berikan aspirin ini pada anak karena bisa menyebabkan penyakit langka bernama sindrom Reye yang menyebabkan pembengkakan di hati dan otak anak anak serta bisa berujung fatal.

Sponsors Link

Jangan juga mengoleskan obat pereda nyeri langsung pada gusi anak karena beberapa obat tersebut memiliki sifat yang asam dan bisa melukai gusi anak. Sebagai gantinya, anda bisa mengaolikasikan bahan antikuman alami seperti minyak cengkeh.

Menyikat gigi dengan pasta gigi untuk anak 2 tahun sampai mengkonsumsi obat sakit gigi untuk anak sebenarnya adalah langkah untuk meredakan rasa sakit sementara waktu. Anak anda mungkin juga butuh penanganan dari dokter gigi supaya rasa sakit yang dialami bisa hilang sepenuhnya. Untuk itulah, sebaiknya periksakan kondisi anak anda ke dokter gigi bila memang mereka sudah mengeluh rasa nyeri yang terjadi di area gigi mereka. Semoga bisa bermanfat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat-Obatan