Sponsors Link

Odontoma – Penyebab – Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Odontoma merupakan tumor odontogenik yang paling sering terjadi. Jenis tumor ini terbentuk dari pertumbuhan enamel gigi dan dentin gigi yang keluar dari jalurnya akan tetap juga bisa mengandung jaringan pulpa. Bisa dikatakan jika tumor ini mengandung jaringan yang umumnya juga ada pada penyusun gigi. Bagi kita orang awam, biasanya lebih mengenal odontoma dengan sebutan tumor gigi yang umumnya jarang menimbulkan gejala.

ads

Jenis Odontoma

Odontoma terbagi menjadi dua jenis yakni odontoma compound dan juga odontoma kompleks.

  • Odontoma compound: Bentuk tumor yang bentuknya seperti gigi normal yang paling sering terjadi.
  • Odontoma kompleks: Bentuk pertumbuhan tumor gigi yang tidak beraturan dan ada bahaya gigi berantakan yang bisa ditimbulkan.

Kondisi tersebut merupakan jenis tumor odontogenik yang paling umum dan biasanya akan terdiagnosis pada usia 11 hingga 15 tahun. Akan tetapi, ini bisa diatasi dengan mengurangi faktor risiko dan sebaiknya didiskusikan lebih lanjut dengan dokter.

Tanda dan Gejala Odontoma

Ada banyak gejala yang bisa ditimbulkan dari odontoma namun biasanya tidak dipedulikan. Salah satunya adalah kemunculan gigi dewasa atau gigi tetap yang tertunda yang sering dianggap remeh. Benjolan pada gusi juga bisa menjadi tanda dan gejala dari odontoma dimana gigi taring yang paling sering terkena.

Diagnosis dan juga pengobatan dini bisa mencegah kondisi tumor gigi serta keadaan darurat medi lainnya semakin buruk. Untuk itu sangat penting melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencegah kondisi serius ini.

Penyebab Odontoma

Sebenarnya, belum ada penelitian pasti untuk mengetahui penyebab dari odontoma. Namun infeksi gigi atau trauma di tempat tumor tumbuh umumnya yang menjadi penyebab odontoma. Sampai sekarang juga belum diketahui tentang apa saja faktor yang bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami odontoma atau tumor gigi tersebut sehingga bisa dikatakan jika gangguan pada mulut ini merupakan masalah yang tidak boleh disepelekan.

Diagnosis Odontoma

Jaringan abnormal yang tumbuh tersebut umumnya memang tidak memperlihatkan gejala eksternal. Tumor gigi bisa terlihat ketika dilakukan pemeriksaan X ray di dokter gigi. Adanya gigi tertunda atau absen gigi bisa memperlihatkan jika seseorang kemungkinan butuh pemeriksaan lebih lanjut.

Adanya tumor dari gigi tersebut membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan jenis tumor sebelum tindakan medis akan dilakukan. Selain itu, diagnosis sel sel atau histologis jaringan yang diambil juga bisa memberikan informasi penting bagi dokter ketika akan melakukan diagnosis. Berikut ini adalah beberapa tes yang bisanya dilakukan untuk diagnosis odontoma.

  • Histologi odontoma: Pada saat diperiksa pada tingkat sel, bisa ditemukan pulpa gigi, dentin, enamel gigi dan sementum yang menyerupai bentuk normal atau tidak normal.
  • CT scan odontoma: Mengacu pada gambar yang bisa diperoleh dari X ray yang ditingkatkan kembali dengan tomografi komputer atau pandangan bagian berlapis. Pencitraan teknologi canggih tersebut akan membantu dokter gigi dalam melihat apa yang ada di dalam tumor sebelum melakukan operasi pengangkatan.

Setiap informasi unik serta pengaturan jaringan gigi bisa menentukan jenis strukturnya. Kadang kadang, odontoma kompleks bisa semakin luas ke rongga hidung sehingga butuh perhatian khusus. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan lengkap di luar X ray sederhana untuk memperoleh informasi tambahan tersebut. Terkadang, pencitraan magnetic juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan analisis menyeluruh dari masa yang bersifat kompleks.

Pengobatan Odontoma

Satu satunya pengobatan yang bisa dilakukan untuk odontoma atau tumor gigi adalah dengan pengangkatan jalan operasi. Penemuan dan pengobatan dini akan membuat kondisi tersebut bisa ditangani secepatnya yang tentu akan memberikan keuntungan pada pasien.

Sponsors Link

Tumor gigi atau odontoma adalah tumor jinak yang terbentuk pada jaringan gigi. Pada kebanyakan kasus, pengangkatan yang dilakukan juga merupakan pengangkatan sederhana dan biasanya proses pemulihan yang dibutuhkan juga cepat. Meski begitu, beberapa tumor kompleks juga bisa menyebabkan komplikasi sesudah pengangkatan. Untuk itulah sangat penting untuk berkomunikasi dengan dokter bedah.

Pencegahan Odontoma

Karena penyebab dan pemicunya belum diketahui, maka belum jelas gaya hidup seperti apa yang harus dilakukan dan pengobatan rumahan seperti apa yang bisa dilakukan. Jika anda memang mencurigai memiliki odontoma, maka sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter gigi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi