Sponsors Link

Operasi Gigi Geraham Bungsu, Kapan Harus Dilakukan?

Sponsors Link

Gigi bungsu seringkali menimbulkan masalah dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mencabut lewat operasi gigi bungsu. Prosedurnya dinamakan dengan odontektomi yang sebetulnya memang tidak selalu harus dilakukan setiap orang dan hanya pada kondisi tertentu saja yang mengharuskan gigi bungsu tersebut dicabut atau dengan kata lain sudah memperlihatkan ciri gigi bungsu bermasalah. Berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap tentang kapan seharusnya operasi gigi geraham bungsu dilakukan dan mungkin anda menjadi salah satu orang yang memang harus menjalankan operasi tersebut.

ads

Kapan Harus Operasi Gigi Bungsu?

Beberapa dokter gigi biasanya akan merekomendasikan untuk membuang gigi bungsu apabila pertumbuhannya tidak tepat meski belum muncul seluruhnya seperti gigi bungsu tumbuh tidur. Kebanyakan dokter gigi percaya jika akan lebih menghilangkan gigi bungsu di usia muda sebelum akar dan juga tulang terbentuk sepenuhnya. Keuntungan lain yang bisa diperoleh adalah masa pemulihan sesudah operasi gigi geraham bungsu juga bisa dipersingkat.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak anak muda yang memiliki gigi bungsu tumbuh abnormal segera menjalani operasi gigi bungsu karena gigi bungsu harus dicabut meski gigi itu belum menyeabkan masalah. Sementara dari American Dental Association, operasi gigi bungsu dibutuhkan apabila seseorang mengalami perubahan pada area gigi tersebut, seperti:

  • Timbul rasa sakit.
  • Berkali kali mengalami infeksi di jaringan lunak di bawah atau sekitar gigi.
  • Kantung berisi cairan atau kista gigi terbentuk dan jika tidak ditangani, maka kista bisa merusak saraf dan tulang rahang.
  • Tumor terbentuk
  • Gigi yang berada di dekatnya mengalami kerusakan.
  • Kerusakan gigi yang meluas.
  • Menyebabkan penyakit atau masalah pada gigi.

Bagaimana Jika Tidak Siap Operasi?

Jika memang anda belum siap untuk mencabut gigi bungsu berlubang parah atau tidak, maka anda bisa meminta dokter untuk menjelaskan kondisi gigi anda. Dalam kebanyakan kasus, anda bisa menunggu sampai beberapa bulan untuk melihat ada atau tidaknya perubahan sebelum mengambil keputusan. Namun jika memang tidak mengalami rasa sakit atau tidak terjadi pembengkakan dan bau mulut di area rahang belakang, maka operasi gigi bungsu sudah tidak bisa ditunda lagi.

Dokter akan memeriksa kondisi gigi dengan seksama dan jika terjadi pembengkakan atau rasa sakit karena infeksi aktif akibat gigi bungsu menusuk pipi atau hal lainnya, maka operasi gigi bungsu sudah harus dilakukan. Nantinya anda akan diberikan obat penghilang rasa sakit serta antibiotik selama beberapa hari. Sesudah kondisinya dinilai baik, maka operasi gigi bungsu akan dilakukan.

Persiapan Operasi Gigi Bungsu

Hal paling penting untuk persiapan operasi gigi bungsu adalah kondisi mental. Anda harus tenang dan tidak perlu takut karena dokter gigi sudah terlatih serta tidak akan merasa sakit berlebihan selama operasi ciri ciri gigi bungsu tumbuh dilakukan sebab zat anestesi lokal akan membuat kebal area yang akan dioperasi. Akan tetapi, rasa tekanan atau tarikan di rahang sangat wajar terjadi namun bukan rasa sakit.

Lama operasi gigi bungsu atau odontektomi tersebut juga bervariasi dari 30 menit atau bisa lebih lama tergantung dari tingkat kesulitan ciri gigi bungsu bermasalah dan juga keterampilan dokter. Selain itu tergantung dari kondisi gigi, terkadang juga dibutuhkan tindakan memecah gigi dalam bagian bagian yang lebih kecil sebelum akhirnya akan dicabut seluruhnya. Ini akan dilakukan jika sulit atau bahkan tidak memungkinkan mencabut gigi dalam kondisi utuh.

Sponsors Link

Sesudah semua bagian gigi termasuk akar berhasil diangkat, maka dokter akan menjahit luka yang cukup lebar tersebut untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan. Jahitan tersebut tidak harus dilepas sebab bisa diserap tubuh atau sering disebut dengan istilah menjadi daging. Sesudah itu, dokter juga akan memberikan arahan, seperti:

  • Minum obat teratur dan kontrol sesuai dengan jadwal yang sama seperti obat impaksi gigi.
  • Menggigit kasa atau kapas setidaknya 45 menit sesudah operasi untuk menghentikan pendarahan dengan cepat.
  • Minum banyak cairan.
  • Mengkonsumsi makanan lunak seperti bubur, nasi atau mie.
  • Menyikat gigi sesudah hari kedua dan menghindari menyikat gigi di area bekuan darah bekas operasi.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi