Manfaat dan Prosedur Operasi Periodontal

Jika anda memiliki masalah infeksi gusi yang serius atau disebut dengan penyakit periodontal, maka dokter gigi mungkin akan merekomendasikan pembedahan. Operasi periodontal tersebut bisa meliputi menghilangkan bakteri di bawah gusi, membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan, membentuk kembali tulang yang menopang gigi serta mencegah kerusakan gigi di kemudian hari.

Siapa yang Butuh Operasi Periodontal

Seseorang dengan penyakit parah atau lanjut di sekitar gusi dan jaringan pendukung gigi umumnya menjadi calon operasi periodontal. Jika anda memiliki penyakit gusi, maka akan ada beberapa gejala yang mungkin terjadi seperti:

Dokter nantinya akan memberi tahu anda jika anda bisa memperoleh manfaat dari operasi periodontal. Dokter gigi juga kemungkinan akan merekomendasikan pendekatan perawatan yang lebih konservatif jika penyakit gusi atau tanda gusi tidak sehat yang terjadi tidak lanjut.

Persiapan Operasi Periodontal

Beberapa minggu sebelum prosedur, mengkonsumsi obat tertentu seperti penghilang rasa sakit, aspirin dan pengencer darah mungkin harus dihentikan. Sebagian besar dokter gigi juga akan menyarankan untuk tidak merokok atau minum alkohol setidaknya 24 jam sebelum prosedur.

Dokter kemungkinan juga akan memberikan antibiotik untuk diminum sebelum prosedur untuk menurunkan risiko infeksi.

Prosedur Operasi Periodontal

Dokter gigi atau periodontis akan melakukan operasi dan ada beberapa jenis pilihan bedah. Dokter umumnya akan menentukan jenis operasi apa yang sesuai dengan kondisi spesifik pasien.

1. Operasi Flap

Ahli bedah akan membuat luka kecil pada gusi dan mengangkat bagian jaringan. Setelah itu, karang gigi dan bakteri akan diangkat dan gusi dijahit kembali sehingga jaringan pas di sekitar gigi sehingga juga bisa dilakukan sebagai cara membersihkan karang gigi.

2. Okulasi Tulang

Apabila penyakit gusi sudah merusak tulang di sekitar akar gigi, maka kemungkinan harus diganti dengan graft. Cangkok tulang bisa dibuat dari bagian kecil tulang pasien, tulang sintetis atau tulang sumbangan.

Prosedur ini akan membantu untuk mencegah kehilangan gigi dan bisa meningkatkan pertumbuhan tulang secara alami.

3. Regenerasi Jaringan Terpandu

Teknik ini melibatkan penempatan sepotong kecil bahan di antara tulang dan jaringan gusi untuk memungkinkan tulang agar bisa tumbuh kembali.

4. Cangkok Jaringan Lunak

Ketika gusi surut dan penyebab gusi berdarah tiba tiba, maka graft bisa membantu untuk memulihkan beberapa jaringan yang sudah hilang. Dokter gigi akan mengambil sepotong kecil jaringan donor untuk menempel pada area di mana jaringan jarang atau hilang.

5. Protein

Ahli bedah juga terkadang akan mengoleskan gel yang mengandung protein khusus ke akar gigi yang sakit. Ini berfungsi untuk mendorong pertumbuhan tulang dan jaringan yang sehat.

Pemulihan Operasi Periodontal

Pemulihan akan tergantung dari seberapa parah penyakit yang diderita seperti contohnya penyebab peradangan pada gigi dan gusi, kesehatan secara menyeluruh dan juga jenis prosedur yang dilakukan. Umumnya, pendarahan ringan dan rasa tidak nyaman sesudah segala jenis operasi bisa terjadi.

Pasien juga bisa melanjutkan banyak aktivitas normal sekitar satu hari sesudah prosedur dilakukan. Sedangkan merokok harus dihindari karena bisa mengganggu cara tubuh untuk sembuh dari operasi.

Sedangkan jika anda perokok, maka dokter gigi mungkin juga akan meminta anda untuk memakai obat kumur khusus atau mengkonsumsi antibiotik sesudah operasi. Anda mungkin juga tidak bisa menyikat atau menggosok gigi pada daerah tertentu dari mulu hingga benar benar sembuh.

Dokter juga akan merekomendasikan mengkonsumsi makanan lunak selama 1 hingga 2 minggu sesudah prosedur. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah yogurt, es krim, puding, orak arik telur, kentang tumbuh dan semacam spaghetti dan menjauhi makanan yang dilarang saat gusi bengkak.

Peradangan

Mempertahankan kesehatan gusi sangat penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Operasi periodontal bisa menurunkan risiko kehilangan gigi dan juga kerusakan gigi lebih lanjut. Anda mungkin juga bisa mengurangi beberapa kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, osteoporosis, diabetes yang juga bisa menyebabkan gusi berdarah pada penderita diabetes dan kanker.