Teknologi Pasta Gigi dari Cangkang Kerang

Dear sobat pembaca semua.. kesehatan gig dan mulut jika dibicarakan memang tak ada habisnya, selalu ada penemuan dan teknologi terbaru baik itu berhubungan dengan perawatan, pengobatan, atau tindakan dalam prosedur gigi. Tentunya segala inovasi tersebut ada karena penciptanya termotivasi untuk menciptakan kenyamanan dan manfaat yang lebih besar lagi serta memajukan tipe prosedur kosmetik dalam kedokteran gigi. Setuju ya sobat?

Nah sobat, bicara mengenai kesehatan gigi, tentu tak asing lagi dengan apa yang disebut dengan pasta gigi. Tentu setiap hari sobat bertemu dengan pasta gigi ketika menggosok gigi yakni ketika melakukan cara sikat gigi sesuai anjuran ahli gigi, selama ini apa kandungan pasta gigi yang menurut sobat merupakan kandungan yang terbaik dan memiliki manfaat terbaik untuk gigi?

Kalsium? fluor? mineral? atau bahan pemutih? tentunya sobat memang sebelumnya sudah memahami kandungan baik apa saja yang terkandung dalam pasta gigi ya sobat. Nah sobat, ternyata kini ada penemuan terbaru, yakni Teknologi Pasta Gigi dari Cangkang Kerang. Pernahkan sobat mendengar sebelumnya atau mungkin sobat sudah pernah menggunakannya?

Cangkang kerang tentu dikenal sebagai bahan yang kuat, tinggi kalsium, dan mampu melindungi dengan sempurna karena kekuatan yang dimilikinya. Keunggulan tersebutlah yang akhirnya diteliti dan mejadi sebuah inovasi baru. Selengkapnya yuk sobat simak langsung saja penjelasan detailnya berikut ini.

Teknologi pasta gigi dari cangkang kerang ini ternyata diciptakan di Indonesia loh sobat, tentunya kita ikut berbangga ya sobat. Teknologi ini diciptakan oleh Farah A. dan Amalia N. A. yang merupakan siswi SMA N 3 Semarang. Inovasi yang diciptakan tersebut membuat keduanya berhasil memenangkan Medali perunggu, yakni pada ajang International Enviromental Project Olympiad 2012 di Istanbul, Turki yang sebelumnya juga memenangkan Medali perak di Indonesian Science Project Olimpiad 2012.

Nah sobat, dari hasil penelitiannya tersebut, mereka dapat membuktikan bahwa pasta gigi dari cangkang kerang memiliki manfaat yang lebih serta biaya bahan dan produksi yang jauh lebih murah, demikian beberapa keunggulannya.

1. Tidak Mengandung Detergen

Keunggulan dari pasta gigi yang berasal dari bahan alami cangkang kerang ini sobat, agak berbeda dengan pasta gigi lain pada umumnya, sobat tentu sering melihat atau menggunakan pasta gigi dengan busa yang banyak ketika menyikat dan mungkin merasa lebih mantap jika busa yang ditimbulkan lebih banya.

Busa tersebut berasal dari kandungan bahan kimia yang jika digunakan berlebihan sebenarnya terdapat bahaya detergen pasta gigi dan busa tersebut tidaklah ada manfaatnya untuk gigi, pada pasta gigi dari cangkang kerang, tidak ada kandungan sodium laury sulfate (SLS) yang berfungsi sebagai detergen yang umum dipakai di pasta gigi lainnya sehingga lebih minim resiko atau lebih minim alergi.

2. Ramah Lingkungan

Karena tidak adanya kandungan busa di pasta gigi tersebut, tentunya memiliki dampak ramah lingkungan ya sobat? hal ini sekaligus memaksimalkan manfaat pasta gigi untuk gigi serta menghapus pandangan masyarakat bahwa pasta gigi baik bukan dilihat dari banyak atau sedikitnya busa yang ditimbulkan, justru yang lebih sedikit busanya adalah yang terbaik karena tidak memiliki kandungan detergen.

3. Kandungan Kalsium Tinggi

Tentu sobat paham bukan bahwa cangkang kerang memiliki badan yang kuat dan anti rapuh, pasta gigi dari cangkang kerang ini memiliki kandungan lebih besar yakni sebesar 20.225 per part milion yang lebih besar dari pasta gigi pada umumnya, sehingga tentunya memiliki manfaat yang lebih ampuh dalam menguatkan gigi dimana memang terdapat manfaat kalsium terhadap kesehatan gigi.

4. Gigi Lebih Bersih

Setelah diuji coba pada 50 orang, menggunakan pasta gigi dari bahan cangkang kerang ternyata memiliki hasil kekesatannya 80 sd 100 persen lebih besar dan terasa lebih bersih serta rasa segar meningkat 60% walaupun tidak memiliki kandungan busa, hal ini karena kandungan bahan alami yang terdapat di dalamnya seperti kalsium, pepermint, dan daun sirih yang ditambahkan dalam pembuatan.

5. Bahan Lebih Alami

Bahan dalam pasta gigi dari cangkang kerang ini jelas jauh lebih alami ya sobat? dimana bahan didapat lang sung dari alam tanpa bahan pengawet dsb dan telah dibuktikan serta diuji di hadapan para ahli kesehatan dan gigi hingga mampu mendapat pengakuan dari ajang Internasional yang membuktikan bahwa pasta gigi tersebut aman digunakan.

6. Aman untuk Semua Umur

Pasta gigi dari bahan cangkang kerang ini boleh digunakan untuk semua umur mulai anak anak hingga dewasa dan lansia, tentunya dengan kadar sesuai kebutuhan, misalnya pada anak anak hanya boleh digunakan sebesar biji jagung kecil dan kadar lain sesuai kebutuhan dan umur. Untuk pasien dengan masalah gigi tertentu seperti alergi kalsium atau hiperkalsemia (penyakit kelebihan kalsium) dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum menggunakan.

Prosedur Pembuatan dan Penelitian

Nah sobat, sekarang penulis jelaskan bagaimana proses pembuatan pasta gigi tersebut dan pengujian yang dilakukan hingga dinyatakan aman untuk digunakan, tentunya proses yang dialami panjang dan membutuhkan riset serta pengujian berulang agar hasilnya tidak sembarangan ya sobat, berikut prosesnya.

  • Cangkang kerang pilihan yang telah diperiksa bebas bakteri dan bebas kuman dicuci dan disterilkan hingga bersih dan ditumbuk atau dihaluskan.
  • Cangkang kerang ang telah halus selanjutnya disaring dan diayak kemudian dicampur magnesium karbonat dan gliserin untuk membentuk gel sehingga dapat digunakan sebagai pasta gigi.
  • Bahan yang sudah berbentuk gel selanjutnya diberi bahan tambahan yang alami yakni mencampurkan minyak pepermint sebagai penyegar dan ekstrak daun sirih sebagai anti kuman sehingga tidak hanya tinggi kalsium, namun juga terasa segar di mulut ketika digunakan.
  • Bahan yang sudah selesai disterilkan kembali agar benar benar bersih dan aman kemudian dikemas dengan memasukkan ke dalam tube khusus sebagaimana pasta gigi dengan suntikan khusus tanpa tersentuh tangan untuk hasil yang benar benar bersih.

Nah sobat, pada saat ini pasta gigi dari bahan cangkang kerang tersebut sedang dikembangkan untuk bisa diedarkan dan digunakan oleh masyarakat luas. Semoga kita semua bisa segera ikut merasakan manfaatnya ya sobat..

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa selalu update inf terbaru mengenai kesehatan gigi dan mulut di halogigi.com ya sobat, jangan sampai sobat kuper dan ketinggalan informasi penting.. Terima kasih. Salam.