Sponsors Link

7 Pencegahan Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil

Sponsors Link

Selama kehamilan mungkin anda akan merasakan banyak hal yang belum pernah Anda miliki sebelumnya. Gusi bengkak dan bernanah saat hamil adalah salah satu kondisi yang mungkin terjadi. Anda mungkin terkejut melihat sedikit darah dan nanah pada sikat gigi atau benang gigi Anda, tetapi itu biasa terjadi selama kehamilan seperti pengaruh gigi pada kehamilan.

ads

Perawatan mulut yang tepat selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Gusi bengkak dan bernanah saat hamil bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, tetapi Anda harus mengambil beberapa langkah penting untuk mengendalikannya demi kenyamanan dan ketenangan pikiran Anda sendiri seperti obat radang gusi untuk ibu hamil.

Mengapa Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil Bisa Terjadi?

Gusi bengkak dan bernanah saat hamil adalah gejala dari gingivitis. Masalah ini disebut sebagai kehamilan gingivitis karena gusi Anda lebih mungkin menjadi meradang karena perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan; peradangan ini membuat Anda lebih rentan terhadap bakteri dalam plak. Gingivitis pada kehamilan dapat membuat gusi Anda terasa lembut dan bengkak saat Anda hamil, itulah sebabnya mengapa mereka sering mengeluarkan darah saat Anda menyikat dan menyikat benang seperti kelainan gigi dan rongga mulut saat hamil.

Komplikasi

Gingivitis selama kehamilan adalah bentuk ringan penyakit gusi yang dapat berkembang menjadi periodontitis, yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah atau preeklampsia seperti resiko cabut gigi bungsu saat hamil. Perawatan mulut yang tepat sebelum, selama dan setelah kehamilan Anda akan membantu mencegah masalah ini dan menjaga bayi Anda sehat mungkin selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Pencegahan Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil

  1. Sikat gigi 2-3 kali sehari dan setelah makan kapan pun memungkinkan
  2. Floss dan gunakan obat kumur setiap hari
  3. Jika Anda menderita morning sickness, bilas mulut Anda dengan air atau gosok gigi sesering mungkin untuk menetralisir asam yang disebabkan oleh muntah.
  4. Jika menyikat gigi menyebabkan mual di pagi hari, bilas mulut Anda dengan air, sikat tanpa pasta gigi dan gunakan obat kumur fluoride anti-plak sesudahnya
  5. Makan makanan sehat dengan banyak vitamin B12 dan C
  6. Kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan saran tentang cara mencegah / mengendalikan plak dan gingivitis.
  7. Jadwalkan pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan

Perawatan mulut yang tepat selama kehamilan adalah cara terbaik untuk mencegah gingivitis. Gunakan sikat gigi berbulu lembut, dan sikat perlahan dua kali sehari; bulu halus dan gerakan menyikat lembut mencegah kelebihan tekanan pada gusi Anda yang dapat menyebabkan pendarahan. Menyikat kasar bisa memperburuk peradangan. Gunakan pasta gigi dengan fluoride, yang penting untuk kesehatan gigi. Pastikan Anda menggunakan benang sekali sehari juga seperti tambalan gigi lepas saat hamil.

Sponsors Link

Temui dokter gigi Anda secara teratur selama kehamilan Anda. Dia akan memantau gusi Anda untuk radang gusi dan akan menawarkan tips untuk menjaga perdarahan seminimal mungkin. Jika Anda melihat banyak darah di sikat gigi Anda atau ketika Anda meludah, hubungi dokter gigi Anda dan beri tahu dia. Dia mungkin akan menjadwalkan janji untuk mengesampingkan masalah yang lebih serius.

Batasi makanan manis dan yang menempel di gigi Anda. Ini termasuk banyak jenis permen, soda, jus, dan makanan penutup. Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin C dan kalsium, yang merupakan nutrisi yang memainkan peran besar dalam kesehatan gigi dan gusi Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi