Sponsors Link

7 Pencegahan Karang Gigi Mudah dan Praktis

Sponsors Link

Jika menyikat gigi tidak dilakukan dengan teratur dan bersih, maka hal yang bisa anda alami adalah penyebab karang gigi pada anak dan orang dewasa. Karang gigi sebetulnya disebabkan karena sisa sisa makanan yang menumpuk serta bakteri yang mengendap kemudian membuat gigi jadi keropos. Umumnya, karang gigi terbentu di atas atau pada garis gusi sehingga agak sedikit sulit untuk dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Karang bisa menumpuk pada gigi dan berpengaruh pada kesehatan gusi sebab gusi akan meradang dan iritasi. Bentuk paling umum yang terjadi pada seseorang dengan karang gigi adalah gingivitis. Sedangkan jika kondisinya semakin buruk, maka karang gigi bisa menjadi penyebab periodontitis. Sebetulnya, sistem kekebalan tubuh akan melawan bakteri penyebab karang pada gigi, namun ini juga bisa menyebabkan gigi menjadi terkikis dan rusak. Lalu, bagaimana pencegahan karang gigi terbaik dan paling mudah yang bisa dilakukan?, berikut bocorannya untuk anda.

ads

Pengaruh Karang Gigi Pada Gigi dan Gusi

Karang gigi atau disebut dengan tartar bisa menyulitkan anda ketika menyikat dan menggosok gigi seperti seharusnya. Ini nantinya bisa menyebabkan gigi berlubang dan juga kerusakan gigi. Karang gigi yang terbentuk di atas garis gusi bisa berdampak buruk sebab bakteri di dalamnya bisa mengiritasi dan merusak gusi anda. Dengan berjalannya waktu, maka ini bisa menyebabkan penyakit gigi progresif. Sedangkan bentuk penyakit gusi paling ringan dinamakan dengan gingivitis. Umumnya, masalah ini bisa dicegah dan dihentikan dengan menyikat gigi, memakai benang gigi, memakai obat kumur antiseptik dan juga melakukan pembersihan rutin di dokter gigi.

Jika ini tidak dilakukan, maka masalah lebih buruk bisa terjadi ke titik kantong terbentuk antara gusi dan gigi yang terinfeksi bakteri disebut periodontitis. Sistem kekebalan tubuh akan mengirim bahan kimia untuk melawan dan bercampur bersama bakteri setya barang yang dikeluarkan. Nantinya ini bisa merusak tulang serta jaringan yang menahan gigi ditempatnya. Selain itu, dalam beberapa penelitian juga menghubungkan bakteri pada penyakit gusi dengan penyakit jantung serta masalah kesehatan tubuh lainnya.

Pencegahan Karang Gigi

Cara terbaik untuk menghindari karang gigi adalah dengan melakukan langkah pencegahan. Beberapa langkah pencegahan karang gigi yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

1. Sikat Gigi Dengan Teratur

Menyikat gigi dengan teratur dua kali sehari selama 2 menit menjadi salah satu cara pencegahan karang gigi yang bisa dilakukan dengan mudah. Scrub 30 detik dua kali sehari sebetulnya memang tidak akan menghilangkan plak pada gigi atau mencegah karang gigi. untuk itu, gunakan bulu sikat yang lembut dan cukup kecil agar bisa masuk ke mulut dengan sempurna. Pastikan untuk memasukkan permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi dan juga pada geraham belakang.

2. Gunakan Sikat Gigi Elektronik

Dalam sebuah studi menemukan jika sikat gigi elektronik atau bertenaga bisa menghilangkan plak pada gigi dan karang gigi lebih efektif dibandingkan model sikat gigi manual. Namun, pastikan sikat gigi elektronik yang anda gunakan sudah melewati uji kontrol kualitas dan juga keselamatan yang ketat.

3. Pilih Pasta Gigi

Pastikan anda memakai pasta gigi pengontrol karang gigi yang mengandung fluoride. Fluoride tersebut akan membantu untuk memperbaiki kerusakan email gigi dan beberapa produk juga memiliki zat yang disebut dengan triclosan untuk melawan bakteri dalam plak.

4. Gunakan Flossing Gigi

Flossing gigi, dental floss atau benang gigi juga sangat penting digunakan. Sebaik apapun anda memakai sikat gigi, namun flossing gigi menjadi satu satunya cara terbaik untuk menghilangkan plak di antara gigi sekaligus mengurangi risiko karang gigi di area yang sulit dijangkau.

5. Kumur Setiap Hari

Selain menyikat gigi dan menggunakan flossing gigi secara teratur, berkumur juga harus dilakukan setiap hari. Pakai obat kumur antiseptik setiap hari untuk membunuh bakteri penyebab plak dan karang gigi.

Sponsors Link

6. Perhatikan Diet Anda

Bakteri yang ada di mulut bisa tumbuh subur pada makanan manis dan bertepung. Ketika terpapar dengan beberapa jenis makanan tersebut, maka asam berbahaya akan dilepaskan. Untuk itu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan batasi jumlah makanan manis. Setiap anda makan, maka sebenarnya anda juga menambah jumlah bakteri di dalam mulut sekaligus memberi makan pada bakteri di mulut anda. Untuk itu, sebaiknya berhari hati ketika mengkonsumsi makanan tersebut dan sikat gigi serta minum banyak air selama dan sesudah makan.

7. Hindari Merokok

Dalam sebuah studi menunjukkan jika seseorang yang perokok atau memakai produk tembakau, maka lebih berisiko memiliki karang gigi sebab pengaruh rokok pada gigi memang sangat buruk. Untuk itu, hindari dan hentikan kebiasaan buruk merokok tersebut mulai dari sekarang.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini