7 Cara Pencegahan Karies Gigi Paling Mudah

Karies gigi bisa terbentuk karena gula dan sisa makanan yang ada di permukaan gigi dan kemudian akan berubah menjadi asam karena bakteri. Gigi manusia terdiri dari tiga lapisan dimana lapisan luar disebut dengan enamel, bagian tengah disebut dengan dentin dan pada lapisan pusat gigi terdiri dari saraf dan pembuluh darah bernama pulp. Jika lapisan gigi yang terinfeksi bakteri semakin dalam, maka kerusakan gigi yang terjadi juga akan semakin parah. Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan karies gigi seperti tidak melakukan perawatan gigi dan terlalu banyak mengkonsumsi gula serta beberapa penyebab lainnya. Sebelum semua itu terjadi, ada baiknya langkah pencegahan karies gigi harus segera dilakukan seperti beberapa cara yang akan kami berikan berikut ini.

Apakah Karies Gigi?

Karies gigi bisa terjadi ketika masalah gigi berlubang mulai terbentuk yang disebabkan karena bakteri yang juga menjadi penyebab karies gigi pada bayi. Karies gigi dan juga kerusakan gigi adalah masalah kesehatan paling umum yang dialami seluruh orang di dunia. Jika lubang pada gigi tidak segera diatasi, maka lubang semakin membesar dan mempengaruhi lapisan dalam gigi yang kemudian menyebabkan sakit gigi kronis, infeksi dan gigi tanggal. Karies gigi biasanya terjadi pada anak anak, remaja dan juga lansia namun masalah ini bisa berkurang jika segera ditangani sedini mungkin.

  1. Sikat Gigi dan Pakai Benang Gigi

Menyikat gigi sebanyak dua kali sesudah makan dengan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride menjadi sangat penting untuk membersihkan setiap sela gigi dari sisa sisa makanan. Selain itu, pakai juga benang gigi atau flossing gigi untuk membersihkan kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi.

  1. Kumur Dengan Air Mengandung Fluoride

Ada beberapa kondisi yang seringkali membuat anda tidak sempat atau tidak bisa menyikat gigi sesudah makan. Untuk itu, pastikan anda berkumur dengan air putih dan akan lebih baik lagi jika berkumur dengan air yang mengandung fluoride.

  1. Kurangi Camilan dan Minuman

Mengkonsumsi camilan dan berbagai minuman selain air putih seperti minuman manis dalam kemasan sudah menjadi bagian dari kebiasaan saat ini dan memiliki efek buruk bagi tubuh termasuk infeksi gigi. Camilan dengan kandungan karbohidrat tinggi atau gula nantinya akan menghasilkan asam di area mulut. Hal ini nantinya akan menjadi area yang sangat disukai bakteri dan kemudian akan mulai merusak gigi. Hal ini juga bisa terjadi ketika anda sering mengkonsumsi minuman selain air putih sehingga dua kebiasaan ini sebaiknya dihindari untuk pencegahan karies gigi.

  1. Konsumsi Makanan Sehat Untuk Gigi

Beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah karies gigi adalah makan manis seperti permen atau keripik sebab sangat mudah melekat dan terselip di antara sela sela gigi dan kemudian menyebabkan kerusakan gigi. Untuk mengganti makanan manis dan gurih tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran karena sangat baik untuk gigi dengan cara meningkatkan produksi air liur sehingga bisa membersihkan gigi secara alami. 

  1. Periksa Gigi Dengan Teratur

Memeriksakan gigi seperti proses scaling gigi dengan teratur menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus mempercepat karies gigi terdeteksi sehingga bisa ditangani. Untuk itu, jadikan pemeriksaan gigi menjadi kegiatan rutin dimulai dari sekarang.

  1. Perawatan Gigi Dengan Terapi Fluor

Fluoride memang terkandung di dalam pasta gigi namun jumlahnya belum cukup untuk mencegah karies gigi termasuk karies gigi pada ibu hamil. Untuk itu, anda bisa melakukan terapi fluoridasi dengan cara menemui dokter gigi. Terapi fluor ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan dioles atau dalam bentuk suplemen. 

  1. Perawatan Gigi Anti Bakteri

Untuk sebagian orang, kondisi tubuh tertentu bisa membuat gigi semakin rentan dengan jenis jenis penyakit gigi seperti karies gigi. Untuk mencegah karies gigi, nantinya dokter akan memberikan obat kumur anti bakteri tertentu atau jenis terapi lain yang berguna untuk mengurangi bakteri di dalam mulut penyebab karies gigi.

Semakin cepat anda melakukan perawatan gigi, maka nantinya akan semakin mudah juga untuk mencegah terjadinya karies gigi sehingga lakukan perawatan secara teratur sebelum karies gigi terjadi dan menyebabkan berbagai masalah lainnya.