Sponsors Link

6 Cara Menghentikan Pendarahan Sesudah Cabut Gigi

Sponsors Link

Gusi berdarah sesudah cabut gigi sebenarnya wajar terjadi yang kemungkinan juga akan keluar bersama dengan air liur selain sakit kepala sesudah cabut gigi. Efek samping berupa pendarahan sesudah cabut gigi ini juga masih terbilang aman dan tidak menimbulkan komplikasi. Pendarahan sesudah cabut gigi biasanya terjadi antara 3 hingga 20 menit sesudah proses cabut gigi. Meski terbilang aman, namun sebaiknya hal ini juga secepatnya diatasi agar tidak mengganggu aktivitas dengan salah satu dari beberapa cara yang kami berikan berikut ini.

ads
  1. Gigit Kapas

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghentikan pendarahan sesudah cabut gigi adalah dengan menggigit kapas secara lembut sesudah cabut gigi. Hal ini bisa membantu untuk menghentikan pendarahan sekaligus mencegah darah tertelan dengan air liur. Hal penting untuk diperhatikan adalah tidak mengunyah atau menekan kapas terlalu kuat supaya darah yang keluar tidak semakin banyak.

  1. Kompres Kantong Teh

Selain memakai kapas, gigi berdarah terus sesudah cabut gigi juga bisa diatasi dengan kantong teh hijau atau teh hitam. Kantong teh yang sudah diseduh dan didinginkan bisa diselipkan ke lokasi gigi yang sudah dicabut dan gigit secara perlahan selama 30 menit. Kandungan tannic acid dalam teh nantinya bisa menghambat pendarahan agar lebih cepat berhenti.

  1. Posisikan Kepala Lebih Tinggi dari Jantung

Cara kedua yang sangat mudah untuk menghentikan penyebab gusi berdarah terus menerus sesudah cabut gigi adalah dengan menjaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung baik ketika duduk atau tidur yang juga bisa membantu untuk menghentikan pendarahan lebih cepat.

  1. Hindari Aktivitas Berat

Sesudah cabut gigi, sebaiknya hindari aktivitas berat dan lebih banyak istirahat sekaligus mengkonsumsi makanan lunak seperti puding, sup hangat atau yogurt dingin. Selain itu, pastikan juga untuk menghindari beberapa kegiatan sesudah cabut gigi seperti:

  • Tidak merokok selama 48 jam sesudah cabut gigi sebab merokok bisa menghambat proses penyembuhan jaringan gusi dan ada pengaruh rokok bagi kesehatan gigi dan mulut lainnya.
  • Hindari minuman atau makanan yang panas selama 24 jam sebab panas bisa menghambat proses pembekuan darah.
  • Tidak menggunakan sedotan atau mengunyah makanan keras selama 24 jam.
  1. Witch Hazel

Dalam witch hazel memiliki sifat astringent yang sangat baik untuk menghentikan pendarahan, Astringents ini bisa mengencangkan kulit dan menariknya dalam waktu yang bersamaan, menurunkan suplai darah setya membantu pembekuan darah. Gunakan witch hazel ini pada kain kasa dan kompres pada area pendarahan dan pilih yang tanpa tambahan alkohol atau bahan lain yang bisa ditemukan di sebagian besar toko obat untuk perawatan setelah cabut gigi.

  1. Es Batu

Menerapkan es batu pada luka yang berdarah khususnya di area mulut juga menjadi cara mudah untuk menghentikan pendarahan sekaligus mengurangi pembengkakan. Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah yakni hanya perlu membungkus es batu dengan kain kasa dan tempelkan langsung pada luka. Jangan gunakan es batu langsung karena bisa menimbulkan masalah pada area gusi yang juga bisa digunakan untuk mengatasi penyebab gigi bengkak pada anak.

Umumnya, masa penyembuhan setelah cabut gigi membutuhkan waktu antara 1 hingga 2 minggu. Sedangkan untuk jaringan gusi membutuhkan waktu antara 3 hingga 4 minggu sampai luka bisa tertutup. Sementara untuk penyembuhan tulang gigi sesudah dicabut biasanya membutuhkan waktu antara 6 hingga 8 bulan tergantung dari perawatan kebersihan gigi yang dilakukan. 

Sponsors Link

Cara Mengurangi Rasa Sakit Sesudah Cabut Gigi

Meski tidak berbahaya, namun gusi berdarah yang terjadi sesudah cabut gigi terkadang bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang disebut dengan dry socket. Socket atau soket sendiri adalah lubang pada lokasi gigi dicabut yang nantinya akan menjadi tempat darah menggumpal. Sedangkan bekuan darah di lokasi cabut gigi ini berguna untuk melindungi tulang serta saraf gigi dari berbagai zat asing seperti makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Inilah yang menyebabkan socket belum mengering terkena paparan udara yang kemudian membuat saraf dan tulang pada bagian tersebut menimbulkan rasa nyeri serta ngilu. Jika ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama masa pemulihan. Anda bisa memakai beberapa obat penghilang rasa nyeri seperti ibuprofen dan juga paracetamol. Akan tetapi, sebaiknya hindari aspirin untuk meredakan nyeri ketika pendarahan sesudah cabut gigi. Aspirin bekerja untuk mengencerkan darah sehingga akan berbanding terbalik dengan cara menghentikan pendarahan yang sudah dilakukan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini