Sponsors Link

Pengaruh Air Mineral Sparkling Pada Gigi yang Belum Terungkap

Sponsors Link

Anda mungkin pernah mendengar peringatan jika makanan dan minuman asam bisa menyebabkan kerusakan erosif pada gigi dan kerusakan gigi. Namun untuk sekarang ini, terbilang sulit untuk melewatkan hari tanpa minuman bergelembung untuk dikonsumsi. Minuman soda seperti limun atau cola bisa memberikan asam dengan dosis padat gula yang terkenal berbahaya untuk kesehatan gigi. Namun ternyata, ada juga spektrum minuman asam yang juga bisa menyebabkan erosi gigi seperti air mineral sparkling yang sering dianggap aman. Dalam penelitian sudah menemukan jika ini bisa menyebabkan banyak bahaya seperti minuman berkarbonasi lainnya. Lalu, apa sebenarnya pengaruh air mineral sparkling pada gigi kita?.

ads

Kenapa Minuman Asam Buruk untuk Gigi?

Semua masalah dengan minuman yang menurunkan pH di mulut bisa mengganggu pertukaran mineral yang terjadi pada cangkang keras gigi anda yang juga disebut dengan email gigi yakni lapisan putih mengkilap yang merupakan campuran mineral seperti kalsium dan fosfat yang ada dalam keseimbangan air liur dan tubuh.

Ketika sedang makan, maka anda bisa menurunkan pH mulut sehingga menjadi lebih asam dan email gigi akan mulai kehilangan mineral. Sesudah selesai makan, maka air liur dirancang untuk membangun kembali keseimbangan pH dan membantu mendorong mineral kembali ke gigi.

Jika anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dengan frekuensi terlalu tinggi, maka air liur tidak memiliki kesempatan untuk membangun kembali mineral dan ini bisa menyebabkan erosi gigi atau keausan gigi yang merusak anatomi gigi manusia.

Minuman yang Harus Diwaspadai

Dalam penelitian sudah menunjukkan jika pengaruh air mineral sparkling pada gigi bisa melarutkan email gigi jika dibandingkan dengan air biasa. Keasaman air mineral lebih tinggi dam komposisi mineral tampaknya memiliki sedikit efek terhadap perlindungan untuk erosi gigi. Jika dibandingkan dengan minuman ringan, air mineral jauh lebih mudah menyebabkan erosi sehingga anda harus lebih berhati hati dengan minuman ini.

Sedangkan untuk minuman soda benar benar harus anda hindari dalam urusan kerusakan asam pada gigi dan mungkin menjadi penyebab erosi gigi paling banyak sekarang ini selain makanan yang dapat merusak gigi. Untuk jus buah sering disebut sebagai pilihan sehat. Jus buah seperti jeruk, apel dan jus cranberry sangat tinggi tingkat keasaman sehingga juga harus dibatasi dan lebih baik mengkonsumsi langsung buah segar.

Air lemon panas sering dikonsumsi untuk pencernaan. Minum air lemon hangat di pagi hari bisa menyebabkan kerusakan gigi dan seseorang dengan erosi gigi, kondisi seperti GERD juga harus menghindari minum air lemon hangat di pagi hari untuk mengurangi beban asam. Jika memang harus minum minuman ini, maka pastikan untuk mencairkan jus lemon dengan satu gelas air untuk mencegah keasaman berlebih.

Minuman olahraga dan minuman energi juga bisa menyebabkan erosi gigi yang bisa diperburuk ketika sehidrasi selama olahraga dan rehidrasi dengan minuman olahraga asam. Sementara air mineral sparkling bisa menurunkan pH menjadi antara 4.9 dsmpsi 5.5 di mana air botolan biasa atau air ledeng biasanya memiliki pH 6.9 hingga 7.5 sehingga air mineral sparkling lebih asam jika dibandingkan dengan bir dan anggur.

Sponsors Link

Alami Menjadi yang Terbaik

Meski sebagian besar menyadari bahaya soda dan minuman olahraga, namun ada banyak minuman botol yang tersedia dan bisa menurunka pH mulut serta berpotensi menyebabkan erosi gigi. Sebaiknya, biasakan diri anda mulai sekarang untuk minum air putih biasa dibandingkan air mineral sparkling untuk mengurangi beban asam pada mulut anda.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk memastikan jika anda tidak berisiko mengalami kerusakan gigi akibat asam. Meski air mineral sparkling banyak dikonsumsi sekarang ini, namun ternyata ada efek buruk yang bisa ditimbulkan dari minuman ini khususnya untuk ciri ciri gigi sehat sehingga sebaiknya kurangi mengkonsusmi minuman ini atau lebih baik hindari sepenuhnya untuk menjaga kesehatan gigi anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman