Sponsors Link

5 Pengaruh Aksesoris Pada Gigi yang Berakibat Fatal

Sponsors Link

Ingin memasang aksesoris pada gigi? Penggunaan aksesoris gigi kini tidak lagi dikenakan di bagian-bagian tubuh tertentu seperti leher, gelang tangan, ataupun telingan sebagai antingnya. Namun penggunaan aksesoris pun juga dilakukan di bagian gigi agar nampak lebih menarik ketika seseorang sedang tersenyum.

ads

Jika biasanya aksesoris gigi hanya berkisar di pemasangan behel fashion dan ketahui efek samping behel fashion atau behel non-permanen. Nampaknya sejumlah orang ada yang memilih menggunakan berlian untuk disematkan di bagian gigi mereka. Jika biasanya berlian digunakan sebagai aksesoris perhiasan. Maka kali ini berlian justru digunakan untuk mempercantuk tampilan gigi. Lantas, apakah anda termasuk orang yang sudah atau ingin memasang aksesoris seperti emas, berlian pada gigi?

Memasang berlian ataupun perhiasan pada gigi sebenarnya bukan tren baru untuk diketahui. Dimana para nenek moyang kita pun sudah menerapkan cara ini untuk mempercantik tampilan gigi mereka. Umumnya, berlian digunakan oleh mereka kaum berada. Misalnya saja seperti penggunaan emas kuning 22 karat atau 24 karat, emas putih 18 karat dan sejenis kristal lainnya. Lantas, adakah pengaruh aksesoris pada gigi tersebut?

Pengaruh Aksesoris Pada Gigi

Pemasangan atau penggunaan aksesoris pada gigi sebenarnya memiliki fungsi sekaligus dampak yang harus diketahui. Fungsinya tentu saja untuk mempercantik tampilan gigi sehingga ketika menebar senyum pun seseorang akan jauh merasa percaya diri. Sayangnya, hal tersebut juga menimbulkan beberapa dampak buruk yang harus anda ketahui.

Dampak terburuk mungkin bisa terjadi apabila aksesoris di pasang secara sembarangan. Dimana anda memasangnya bukan di dokter spesialis gigi yang sering menangani masalah tersebut dan justru mempercayakan pada ahli atau tukang gigi biasa. Biasanya selain prosedur pemasangan yang salah, kebanyakan bahan yang digunakan untuk pembuatan aksesoris gigi pun juga memiliki kualitas rendah dimana dapat berpengaruh bagi kesehatan gigi di masa mendatang.

Kebanyakan gigi akan mengalami beberapa kerusakan yang menimbulkan efek samping bagi kesehatan gigi berikutnya. Untuk anda yang saat ini menggunakan aksesoris pada gigi ataupun baru berniat untuk memasangnya. Maka berikut adalah pengaruh aksesoris pada gigi yang harus anda ketahui:

  1. Alergi di Bagian Mulut dan Sekitarnya

Penggunaan aksesoris pada gigi pada dasarnya harus dilakukan sesuai prosedur, mulai dari pemasangan, perawatan, hingga masalah kesehatan gigi dan mulut. Pengaruh yang paling banyak terjadi akibat pemasangan aksesoris gigi seperti penggunaan berlian, emas dan sebagainya adalah terjadinya alergi di bagian mulut dan sekitarnya. Alergi bisa saja terjadi di bagian mulut yang terkontak atau bersentuhan dengan aksesoris gigi.

Biasanya alergi akan timbul setelah penggunaan aksesoris, seperti mulut bagian dalam yang merah, gatal, hingga berbentuk bintik-bintik. Jika masalah serupa terjadi, maka sebaiknya segera ambil tindakan dengan mengkonsultasikan pada pihak dokter spesialis gigi . Selain itu juga dapat menimbulkan gusi bengkak tapi tidak sakit, penyebab gusi berdarah tiba-tiba.

Sponsors Link

  1. Iritasi

Selain terjadinya alergi di sekitar mulut bagian dalam, penggunaan aksesoris gigi juga dapat menimbulkan iritasi. Iritasi bisa saja terjadi karena adanya bahan aksesoris yang tidak bisa bersatu dengan tekstur dan gigi. Hasilnya, gigi dan bagian mulut akan terjadi iritasi dan menyebabkan luka. Selain itu, iritasi juga dapat terjadi di bagian gusi sehingga gusi lebih cepat sensitif dan menjadi penyebab gigi sensitif dibandingkan kondisi sebelumnya.

ads

  1. Menimbulkan Bau Mulut

Pengaruh aksesoris pada gigi yang paling umum terjadi adalah dapat menjadi penyebab bau mulut. Biasanya penggunaan aksesoris justru akan menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri. Jika dibiarkan dan tidak rutin dibersihkan, maka kuman dan bakteri akan terus berkembang biak di dalam bagian gigi yang terpasang aksesoris. Anda pun bisa menuntaskannya dengan cara mengatasi bau mulut berlebihan.

  1. Gigi Berlubang

Selain menimbulkan bau mulut, penggunaan aksesoris gigi juga dapat memicu terjadinya lubang pada gigi. Umumnya, lubang akan terjadi akibat bertumpuknya kuman dan bakteri di area sekitar gigi yang dipasang aksesoris. Kuman akan terus merusak jaringan gigi yang membentuk karies gigi. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama. Maka dampak terburuknya adalah gigi akan membentuk gigi lubang dan berdarah yang terus menuju ke area jaringan yang lebih dalam.

  1. Prosedur Pemasangan yang Salah

Selain digunakan sebagai trend fashion, penggunaan aksesoris pada gigi juga harus diperhatikan dari struktur kesehatan dan kebersihan gigi. Dimana saat penggunaan aksesoris pada gigi umumnya akan terjadi gangguan pengembalian mineral yang hilang. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam prosedur pemasangan aksesoris gigi akan menambahkan bahan asam guna melekatkan aksesoris di bagian gigi yang ingin dipasang.

Namun, hal serupa bisa saja diminimalisir jika anda melakukannya di dokter spesialis gigi yang tepat. Dimana dalam prosedur pemasangan aksesoris, selain digunakan bahan asam. Pihak dokter juga akan memberikan Topikal Flour guna menetralisir remineralisasi yang akan terjadi di bagian lapisan gigi (enamel gigi).

Kini bagi anda yang ingin atau sudah menggunakan aksesoris pada gigi. Sebaiknya perhatikan pengaruh dalam jangka panjangnya. Selain itu prosedur pemsangan, pemeliharaan, dan juga kebersihan gigi harus dilakukan secara maksimal. Tujuannya, tentu agar dampak dan pengaruh aksesoris pada gigi di atas tidak merusak lapisan dan jaringan struktur gigi anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini