Sponsors Link

10 Pengaruh Behel Pada Gigi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penggunaan behel atau dengan istilah kawat gigi semakin banyak diminati. Terbukti banyak kaum hawa maupun adam yang berlomba-lomba memasang behel demi mendapatkan struktur gigi yang mereka idamkan. Selain digunakan untuk merapikan struktur gigi yang berantakan. Ternyata trend penggunaan behel juga semakin marak digunakan meskipun sebagian sudah memiliki bentuk gigi yang terbilang cukup rapi dan tanpa masalah.

ads

Dengan berkembangnya trend penggunaan behel gigi, tak jarang dari mereka yang justru memutuskan untuk menggunakan behel non-permanen atau yang lebih dikenal dengan istilah behel fashion. Mengingat biaya untuk pasang behel permanen cukup mahal. Maka pilihan untuk bisa tampil keren dengan penggunaan behel fashion pun dianggap sebagai solusi yang paling tepat.

Meskipun memiliki cara kerja yang tak sama dengan behel permanen. Namun menggunakan behel fashion seakan sudah menjadi trend di kalangan anak muda jaman sekarang. Namun, tahukan anda jika penggunaan behel ini memiliki sejumlah efek samping tertentu? Untuk itu, berikut pengaruh behel pada gigi yang harus anda ketahui misalnya saja seperti efek samping behel fashion

  1. Gigi Menjadi Lebih Sulit Untuk Dibersihkan

Penggunaan behel gigi baik behel permanen ataupun behel fashion tentu memiliki pengaruh yang bisa anda rasakan. Terutama ketika gigi akan dibersihkan. Jika sebelumnya membersihkan gigi cukup menyikat bagian gigi dengan cara yang mudah. Namun ketika terdapat kawat atau behel gigi, menyikat gigi pun harus dilakukan dengan benar dan tanpa melukai bagian sekitarnya, misalnya saja seperti cara perawatan behel fashion.

  1. Menyebabkan Gigi Goyah

Telah diketahui jika manfaat dari pemakaian behel gigi adalah untuk merapikan struktur gigi yang berantakan. Namun apabila prosedurnya salah tentu sejumlah pengaruh pun bisa anda alami. Misalnya saja seperti kekuatan gigi yang berkurang sehingga menyebabkan gigi goyah.

  1. Munculkan Kuman dan Bakteri Pada Area Sekitar Behel

Penggunaan behel jenis apapun ternyata dalap memicu tumbuhnya kuman dan bakteri yang bersarang di area sekitar behel gigi. Biasanya kuman dan bakteri akan tumbuh akibat sisa-sisa makanan yang tidak terangkat secara sempurna. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka penumpukan sisa makanan di sela-sela behel gigi akan menjadi penyebab gigi cepat berkarang.

  1. Alergi di Sekitar Gigi dan Mulut

Menggunakan bahel fashion memang dapat menunjang penampilan anda. Namun penggunaan bahan dan alat yang kurang tepat tentu bisa memicu timbulnya alergi di sekitar mulut dan gigi. Biasanya behel akan dibuat dengan bahan logam yang mudah menyebabkan alergi bagi si penggunanya.

Sponsors Link

  1. Timbulnya PMS (Penyakit Menular Seksual)

PMS atau Penyakit Menular Seksual menjadi momok paling menakutkan bagi semua orang. Dimana penyakit ini bisa dipicu akibat penggunaan behel gigi yang kurang tepat. Ketika pemasangan behel gigi dilakukan dengan prosedur ala kadarnya. Tentu sejumlah masalah akan anda alami, misalnya saja seperti alergi, iritasi yang menyebabkan luka kecil di area mulut dan gigi. Ketika luka sudah terjadi di area sekitar mulut dan anda kurang menyadari aktivitas oral seks yang anda lakukan. Maka masalah seperti penularan virus HIV/AIDS pun bisa saja terjadi.

ads

  1. Munculnya Karang Gigi

Jika perawatan dan kebersihan behel gigi kurang anda perhatikan. Maka bukan tidak mungkin jika penggunaan behel gigi akan memicu pembentukan karang gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang menempel di area gigi ataupun di sekitar behel. Namun untuk menuntaskan masalah ini, anda bisa mencari solusi tepat dengan cara mencegah karang gigi dan cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras.

  1. Terjangkitnya Penyakit Hepatitis

Bukan hanya penyakit menular seksual, melainkan pengaruh behel pada gigi juga dapat menimbulkan adanya penyakit hepatitis yang begitu menakutkan. Dimana penyakit ini bisa diakibatkan oleh penggunaan kawat yang terbuat dari bahan logam biasa. Penggunaan logam tentu akan menimbulkan iritasi di area sekitar gigi dan mulut. Dan jika dibiarkan terlalu lama akan membentuk sebuah luka kecil yang bisa menjadi pintu masuk penyebaran virus hepatitis.

  1. Gangguan Sistem Pencernaan

Selain memberikan efek kurang baik bagi tubuh, penggunaan behel gigi juga dapat memicu terganggunya sistem pencernaan penggunanya. Dimana apabila bahan logam yang digunakan memiliki kualitas rendah, bukan tidak mungkin jika logam akan bereaksi bersama air liur. Dan hal tersebutlah yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan tubuh anda.

  1. Menyebabkan Bau Mulut

Menggunakan behel gigi tentu sering menimbulkan reaksi yang kurang baik untuk tubuh. Selain itu, penggunaan behel gigi juga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Dimana penyebab bau mulut dapat dipicu akibat kebersihan gigi yang tak bisa dilakukan secara menyeluruh. Anda pun bisa mencegahnya dengan cara mencegah bau mulut.

  1. Lebih Sulit Untuk Mengunyah Makanan

Tidak sedikit pengguna behel gigi yang mengeluhkan masalah seperti sulitnya mengunyah makanan. Oleh sebab itu ada makanan khusus bagi pengguna gigi behel seperti makanan untuk pemakai behel pemula. Biasanya kesulitan untuk mengunyah makanan akan terjadi di awal-awal penggunaan behel. Atau bisa juga ketika behel mulai dirapatkan guna membentuk struktur gigi secara lebih cepat.

Kini untuk anda yang sedang menggunakan behel gigi jenis apapun atau yang sedang berkeinginan untuk memasang behel gigi. Maka pertimbangkan pengaruh behel pada gigi di atas. Karena dari penggunaan behel gigi ternyata terdapat efek samping yang bisa membahayakan tubuh anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini