Pengaruh Fluoride Pada Gigi yang Wajib Diketahui

Fluoride merupakan sebuah zat yang memiliki bahan senyawa yang sering Anda dengar dan bahkan sering digunakan sebagai pasta gigi atau obat kumur – kumur sehari – hari. Bahan fluoride atau garam fluoride yang dapat dijumpai di dalam alam yang berupa zat sodium fluoride, magnesium, ammonium fluorofosfat, ammonium, calcium, hexadesil ammonium, dan ammonium fluorosilikat  serta aluminium fluoride dan bahan garam lainnya. Contoh pasta gigi anak yang tidak mengandung fluoride yang jarang diketahui.

Fluoride digunakan sebagai pasta gigi dan obat kumur karena berguna sebagai  mineral pada gigi yang hilang diakibatkan adanya asam dari plak atau karang gigi dan bakteri yang ditimbulkan. Ada beberapa fakta yang mengatakan bahwa penambahan bahan fluoride memiliki manfaat dan fungsi yang baik dan juga ada pula kemungkinan konsekuensi atau efek samping yang dapat terjadi bagi  pengonsumsinya. Manfaat dan kandungan bahan fluoride manfaat dan efek sampingnya.

Untuk mengetahui apa saja dampak baik dan buruk pengaruh fluoride pada gigi dan pada penggunannya, berikut ini penjelasannya untuk Anda :

Manfaat Baik Fluoride Pada Gigi Anda

Sama seperti bahan mineral dan vitamin lainnya, kandungan fluoride juga dibutuhkan oleh manusia, terutama untuk pemenugan pada dan dalam kekuatan gigi serta kesehatan mulut. Beberapa penyebab keluar gumpalan darah pada gigi berlubang.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan menggunakan bahan ini diantaranya yaitu :

1. Memberikan Perlindungan Pada Gigi

Pengaruh fluoride pada gigi pertama yaitu sebagai perlindungan gigi, dimana gigi menjadi lebih sehat dan kuat dan juga agar tidak mudah berlubang, dan juga tidak mudah membusuk. Karena aneka makanan serta minuman yang masuk ke dalam mulut melewati proses pengunyahan yang akan membuat kuman makin banyak yang bersarang di mulut, terutama pada bagian gigi.

Dengan rajin menggunakan pasta gigi berfluoride ketika menggosok gigi, maka kuman serta bakteri akan menghilang dan mulut Anda akan terjaga kebersihannya. Berikut penyebab gigi berdarah saat bangun tidur dan pengobatannya.

2. Remineralisasi Pada Tulang dan Gigi

Selain dapat memberikan perlindungan bagi gigi, kebutuhan tulang kita juga membutuhkan fluoride agar tetap berfungsi dengan baik. Proses remineralisasi yang pada tulang dibantu oleh mineral fluoride sehingga  sangat berguna dalam proses pencegahan kehilangan mineral dan akan mengganti mineral tulang dan gigi yang hilang sehingga gigi dan tulang menjadi lebih kuat dan menjadi sehat. Dampak dan penyebab gigi gemeretak saat tidur dan cara mengatasinya.

3. Memperkuat Enamel Gigi

Pengaruh fluoride pada gigi juga berdampak pada kesehatan yang menyangkut  enamel gigi. Semakin tipisnya enamel pada gigi maka bakteri akan lebih mudah memproduksi asam di dalam mulut. Hal ini tentu akan membuat pengeroposan gigi terjadi lebih mudah dan cepat. Dengan fluoride sesuai dengan kebutuhan Anda, maka lapisan email gigi dapat menjadi lebih tebal dan kuat sehingga bakteri pun akan sulit untuk berkembang biak. Contoh manfaat pelindung gigi dan jenis pelindung gigi.

4. Menjaga Nafas dan Mulut Anda Lebih Sehat

Selain dari pada itu fluoride juga sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan pada mulut dan nafas Anda. Mulut akan terbebas dari bau yang kurang sedap yang disebabkan oleh bakteri dari sisa makanan dan juga membuat nafas menjadi lebih segar setelah menggunakan bahan ini. Jadi tidak perlu kuatir bau mulut muncul setelah menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride. Berikut kelainan gigi karies penyebab, pengobatan dan pencegahan.

5. Mencegah Dari Bakteri dan Kuman

Akibat sisa makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, permen, lengket dan lainnya menyisakan banyak bakteri dan kuman. Untuk mencegah bakteri dan kuman berkembang biak dan merusak gigi, maka Anda dapat menggunakan produk seperti pasta gigi dan moutwash sebagai pembersih gigi dari sisa makanan dan minuman tersebut. Sehingga gigi dan mulut menjadi lebih bersih dan sehat. Masalah pada kelainan gigi berwarna coklat penyebab dan cara mengatasinya.

Manfaat Buruk Fluoride Pada Gigi Anda

Keuntungan fluoride tidak hanya sebagai pelindung bagi gigi saja, namun apabila penggunaannya yang terlalu berlebihan atau bahkan kekurangan dapat menyebabkan pada kerusakan gigi. Contoh berikut beberapa kasus penggunaan fluoride yang berlebihan :

  • Karena fungsinya adalah untuk menebalkan enamel, tentu saja saat kadarnya berkurang maka enamel gigi akan terus menipis akibat asam yang menumpuk dari bahan fluoride ini. Hal inilah yang menimbulkan terjadi karies gigi lebih dini terjadi. Penyebab kelainan gigi pada pasien Osteogenesis Imperfecta yang wajib diketahui.
  • Ketika kadar fluoride menurun di dalam tubuh, gejala tulang rapuh dapat terjadi dan akhirnya menyebabkan terjadinya pengeroposan pada gigi Anda.
  • Efek yang akan terjadi pada anak dengan pemberian fluoride terlalu banyak atau berlebihan adalah fluorisis atau disebut juga dengan pengapuran gigi.
  • Terlalu tingginya kadar fluoride justru tidak baik untuk tulang dan bahkan berpotensi menimbulkan kerusakan pada gigi khusunya. Risiko terjadinya patah tulang dan gigi rapuh pun akan meningkat khususnya bagi yang sudah lanjut usia. Masalah pada gigi bengkak berdarah pada anak penyebab dan gejalanya.
  • Selain itu dapat menimbulkan pada gigi yang sensitif akibat dari pengereposan dini akibat kelebihan penggunaan bahan fluoride.
  • Membuat mulut menjadi lebih kering, apabila penggunaanya melebihi dari batas normal.
  • Menyebabkan penyakit lain yang lebih serius seperti kerusakan pada otak, osteoporosis, kerusakan sistem reproduksi dan masih banyak lagi dampak lainnya. Berikut estimasi biaya operasi abses gigi yang wajib diketahui.
  • Dapat menyebabkan mudah gigi menjadi patah karena kerapuhan gigi, penggunaan bahan fluoride yang berlebihan harus diwaspadai agar kesehatan gigi Anda lebih terjamin.

Walaupun telah banyak tersedia kebutuhan fluoride harian mulai dari anak-anak hingga dewasa, namun harus tetap diperhatikan penggunannya agar penerimaan bahan tersebut tidak terlalu banyak dan menimbulkan efek yang buruk bagi gusi, mulut dan gigi Anda. Tanda dan ciri ciri gigi abses yang jarang diketahui dan sering terjadi.

Semoga penjelasan mengenai pengaruh fluoride pada gigi di atas menjadi referensi Anda untuk menjaga asupan bahan yang berlebihan. Gunakan secukupnya sesuai dengan porsi normal Anda demi kesehatan gigi terjaga.