Sponsors Link

7 Pengaruh Garam Pada Gigi yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Tahukan anda jika garam dapur yang sering anda gunakan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan gigi. Dimana bumbu dapur yang satu ini diyakini mampu menuntaskan permasalahan gigi, seperti cara mengatasi gigi berlubang parah, obat sakit gigi berlubang, cara membersihkan karang gigi, hingga sebagai cara untuk memutihkan gigi.

ads

Bahkan menurut para ahli, menyakini jika kandungan nutrisi yang terdapat di dalam garam mampu membunuh bibit kuman dan penyakit penyebab sakit gigi. Nah, untuk anda yang selama ini belum mengetahui manfaat yang terkandung dalam garam. Berikut adalah manfaat garam untuk gigi:

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi masalah yang paling sering dialami. Selain faktor kebersihan gigi yang kurang terjaga, penyebab gigi cepat berlubang juga dapat dipicu oleh berbagai macam faktor, seperti konsumsi makanan manis, kerusakan gigi yang dibiarkan begitu saja, hingga faktor lainnya.

Kini untuk anda yang memiliki masalah gigi berlubang. Maka kandungan anti-bakterian yang terdapat di dalam garam, ternyata mampu digunakan sebagai cara mencegah gigi berlubang.  Dimana anda bisa memanfaatkannya dengan cara rutin berkumur dengan larutan air garam setiap hari atau minimal satu kali dalam dua hari.

  1. Obat Sakit Gigi

Selain mempu menuntaskan permasalahan gigi berlubang, garam juga memiliki manfaat yang sangat efektif untuk mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang. Kandungan senyawa anti-inflamasi yang terkandung di dalam garam mampu meredakan sakit dan nyeri saat sakit gigi sedang menyerang. Anda bisa memanfaatkan garam dapur sebagai obat alami. Caranya, cukup berkumur dengan larutan air garam atau bisa juga dengan menempelkan celupan kapas kecil di area gigi yang terasa sakit.

  1. Menghilangkan Karang Gigi

Penyebab gigi cepat berkarang bisa diakibatkan oleh penumpukan sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Umumnya sisa makanan akan menjadi sarang sejumlah kuman dan bakteri yang terus berkembang hingga terbentuknya karang gigi yang keras. Biasanya untuk membersihkan karang gigi, anda bisa pergi ke dokter. Namun kini cara membersihkan karang gigi dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat dengan manfaat garam untuk gigi.

  1. Memutihkan Gigi

Memiliki gigi putih dan bersih tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Dimana untuk bisa memiliki gigi putih umumnya orang akan melakukan terapi bleaching gigi untuk tampilan gigi yang lebih putih. Namun anda bisa memanfaatkan garam daput sebagai cara memutihkan gigi hitam berlubang secara alami. Selain lebih mudah dilakukan, biaya yang harus anda keluarkan pun juga terbilang cukup murah.

  1. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut menjadi masalah yang paling umum terjadi. Dimana ada banyak sekali penyebab bau mulut terjadi, mulai dari salah makan, gigi yang mengalami masalah, hingga kebersihan gigi yang kurang terjaga. Jika masalah seperti ini terjadi pada anda, maka tak perlu bingung mencari obat pereda bau mulut. Anda bisa memanfaatkan kandungan anti-bakterian yang terdapat di dalam garam. Caranya, cukup berkumur dengan larutan air garam maka bau mulut pun akan hilang dengan sendirinya.

Sponsors Link

  1. Mengatasi Gusi Bengkak

Masalah gusi bengkak memang kerap terjadi, khususnya bagi mereka para ibu hamil. Selain banyak di derita para ibu hamil, gusi bengkak juga sering anda alami dengan berbagai macam penyabab, misalnya sakit gigi, terjadinya iritasi di area sekitar gusi, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, tentu tak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus melakukan cara untuk meredakan gusi bengkak.

Salah satu cara yang terbilang cukup efektif untuk meredakan gusi bengkak adalah dengan memanfaatkan garam dapur. Caranya, anda bisa berkumur dengan larutan air garam atau bisa juga dengan menempelkan pada gulungan kapas yang diletakan di bagian gusi yang bengkak.

  1. Mengatasi Gigi Sensitif

Memiliki gisi sensitif tentu sangat mengganggu, apalagi jika anda suka makan-makanan yang asam, dingin dan sebagainya. Permasalahan gigi sensitif tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain akan terganggu, tentu masalah lain pun bisa timbul jika gigi dibiarkan begitu saja. Kini untuk anda yang sering mengalami gigi sensitif dan terasa ngilu jika digunakan untuk makan. Maka gunakan air garam sebagai solusinya atau bisa juga dengan cara mengatasi gigi sensitif.

Sponsors Link

Dari sekian banyaknya manfaat yang terkandung dalam garam. Ternyata memanfaatkan garam untuk gigi secara berlebih juga memiliki pengaruh yang buruk. Dimana pengaruh garam pada gigi bisa mengakibatkan pengikisan yang terjadi di dalam lapisan terluar gigi (enamel gigi). Pengikisan gigi bisa terjadi akibat penggunaan garam dapur yang terlalu banyak. keterJika hal tersebut terjadi, bukan lagi manfaat yang anda dapatkan. Melainkan justru kerusakan pada gigi yang semakin parah, misalnya saja gigi menjadi lebih cepat berlubang, gigi lebih sensitif, gigi berwarna kuning, coklat bahkan kehitaman.

Kini untuk anda yang terbiasa memanfaatkan garam dapur untuk mencegah permasalahan pada gigi. Sebaiknya gunakan secara wajar. Dimana anda bisa memanfaatkan secara minimal jika sakit gigi sedang menyerang. Atau untuk yang ingin melakukan perawatan gigi, sebaiknya jangan menggunakan garam lebih dari satu kali setiap hari. Dimana hal tersebut dapat dilakukan ggar pengaruh garam pada gigi dapat anda minimalisir.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi