Sponsors Link

7 Pengaruh Gigi Ompong Terhadap Kesehatan yang Berbahaya

Sponsors Link

Sebenarnya ada beberapa konsekuensi negatif dari kehilangan beberapa atau semua gigi Anda. Pertama, gigi yang hilang akan mempengaruhi estetika wajah Anda. Tidak hanya senyum Anda akan terpengaruh oleh celah-celah dari gigi yang hilang, tetapi jika Anda kehilangan terlalu banyak gigi, kulit di sekitar mulut Anda tidak akan didukung dengan benar dan akan mulai melorot, membuat Anda tampak lebih tua seperti gigi ompong lansia pertanda dimensia.

ads

Selain itu, gigi yang hilang akan membuatnya lebih sulit untuk mengunyah makanan Anda dengan benar dan bahkan dapat mempengaruhi cara Anda berbicara. Akhirnya, kehilangan satu gigi pun dapat menimbulkan konsekuensi emosional; banyak orang merasa kurang yakin tentang senyum mereka ketika gigi mereka hilang. Jika saat ini Anda kehilangan gigi Anda, pertimbangkan untuk menggantinya dengan implan gigi, yang dapat terlihat dan terasa seperti gigi alami.

Pengaruh Gigi Ompong Terhadap Kesehatan

Berikut beberapa pengaruh gigi ompong terhadap kesehatan:

1. Penyakit Gusi Dan Kesehatan Jantung

Penyakit gusi adalah salah satu penyebab paling umum kehilangan gigi. Peradangan dari penyakit gusi dianggap memicu proses aterosklerosis dan dapat menjelaskan hubungan yang diamati dalam penelitian. Higiene gigi yang buruk adalah salah satu faktor risiko terkuat penyakit gusi seperti gigi ompong saat lansia.

2. Masalah Diet dan Pola Makan

Temuan penelitian ini tidak mengherankan mengingat bahwa orang-orang yang memiliki banyak gigi yang hilang menderita mengalami rangkaian peristiwa berikut:

  • Nutrisi hanya bisa masuk ke tubuh kita melalui diet yang benar.
  • Banyak nutrisi ini perlu dikunyah untuk dicerna dengan benar.
  • Kita tidak bisa mengunyah dengan benar jika kita memiliki gigi yang menyakitkan atau gusi yang sakit.
  • Jika kita tidak bisa mengunyah, kita tidak bisa makan.
  • Yang berarti tubuh kita tidak akan dapat menyembuhkan diri dengan cara mereka dirancang.
  • Dengan setiap gigi yang hilang, kita tampak bertambah tua lebih cepat karena tulang yang menyangga gigi kita juga mendukung 2/3 wajah kita.

3. Kerusakan Tulang Rahang

Kegagalan mengganti gigi atau gigi ompong adalah penyebab utama hilangnya tulang rahang. Gigi membantu menstimulasi dan mendukung tulang rahang, sama seperti olahraga membantu merangsang dan mendukung kesehatan otot. Jika Anda kehilangan gigi, tulang yang pernah mendukung mereka tidak lagi dirangsang seperti pengaruh keturunan pada gigi yang mudah ompong. Dengan cara yang sama bahwa otot yang tidak digunakan dapat menjadi berhenti berkembang, demikian juga tulang rahang yang tidak digunakan.

4. Masalah Gigitan

Gigitan yang tidak tepat (maloklusi) dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk hal-hal seperti sakit kepala, nyeri otot, pemakaian gigi yang tidak wajar, kehilangan gigi , kepekaan dan bahkan TMJD seperti penyebab gigi ompong. Ortodontik dapat membantu memperbaiki maloklusi, tetapi bisa menjadi proses perawatan yang mahal dan panjang.

Sponsors Link

5. Sulit Mengunyah

Bergantung pada lokasi gigi / gigi yang hilang, Anda mungkin mengalami kesulitan mengonsumsi beberapa makanan favorit sehari-hari. Gigi depan yang hilang bisa sangat bermasalah karena kami menggunakannya untuk mematahkan gigitan makanan. Gigi belakang memainkan peran utama dalam menggiling daging dan makanan lainnya. Molar yang hilang karena itu mempengaruhi cara di mana kita mengunyah semuanya. Dan kegagalan mengunyah secara memadai dapat berdampak pada pencernaan, yang mengakibatkan masalah seperti refluks asam.

6. Mempengaruhi Struktur Wajah

Gigi Anda membantu mendukung bentuk dan struktur wajah Anda. Anda akan terkejut bagaimana gigi yang hilang dapat mempengaruhi estetika wajah. Sebagai resorpsi tulang rahang yang atrofi, wajah dapat mulai terlihat cekung dan menua seperti bahaya gigi ompong.

7. Kesulitan Berbicara

Percaya atau tidak, gigi Anda berperan dalam berbicara. Gigi yang hilang atau bahkan celah besar di antara gigi dapat membuat sulit untuk mengucapkan kata-kata tertentu. Anda mungkin mengalami slurring, whistling atau bahkan meludah ketika berbicara.

Nah demikianlah beberapa pengaruh gigi ompong terhadap kesehatan secara umum. Ini akan menganggu aktifitas sehari-hari anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi