Sponsors Link

10 Pengaruh Gigi Pada Saraf yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Masalah gigi seperti gigi berlubang maupun gigi sensitif menjadi permasalahan yang cukup sering dialami. Berbagai faktor bisa saja menjadi penyebabnya, mulai dari kesehatan gigi yang kurang diperhatikan, kebersihan gigi yang kurang dijaga dan beberapa faktor lainnya. Lantas, apa pengaruh gigi pada saraf yang disebabkan oleh gigi berlubang dan sensitif? Berikut penjelasannya.

ads

Gigi berlubang menjadi masalah yang cukup sering dialami. Dimana kondisi seperti ini bisa saja terjadi akibat beberapa faktor, baik itu dari dalam maupun dari luar. Karena rasa sakit yang begitu menyiksa. Umumnya ketika orang menderita sakit gigi akibat gigi berlubang. Kebanyakan mereka langsung memutuskan untuk mencari cara agar sakit gigi bisa hilang seketika. Mulai dari penggunaan obat sakit gigi berlubang dan ngilu, cara cabut gigi berlubang orang dewasa, hingga cara mematikan saraf gigi yang sakit secara tradisional.

Cara seperti ini diyakini sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang. Selain rasa sakit yang akan hilang dalam waktu yang cepat. Umumnya mematikan saraf gigi juga dapat dilakukan dengan beberapa metode. Proses seperti ini memang sangat sering dilakukan, bahkan bagi mereka yang menderita gigi sensitif sekalipun.

Namun, meskipun cukup ampuh untuk mengatasi masalah gigi. Metode mematikan saraf gigi juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan organ gigi dan mulut anda. Berikut adalah pengaruh gigi pada saraf yang dapat anda ketahui:

  1. Pendarahan

Pendarahan bisa terjadi akibat proses pencabutan gigi ataupun pembedahan gigi. Biasanya pendarahan akan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Dimana saraf yang mendukung jaringan untuk menghentikan proses pendarahan tidak bisa bekerja secara optimal. Hal itulah yang mengakibatkan pendarahan tidak bisa dihentikan dalam kurung waktu yang cukup lama. Bahkan jika pendarahan sudah berhenti, maka akan timbul kembali pendarahan lain di jaringan gigi yang sama.

  1. Infeksi Gigi

Mematikan saraf gigi dengan metode pencabutan bisa dikatakan cukup berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi gigi dan gusi. Namun cara seperti ini justru banyak dilakukan untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang dan sebagainya. Selain dapat mengakibatkan pendarahan yang cukup lama, metode pencabutan gigi seperti ini juga dapat berpengaruh pada sistem saraf gigi anda.

  1. Peradangan

Peradangan di area sekitar gigi dan gusi menjadi salah satu efek dari metode pencabutan gigi berlubang. Selain akan menimbulkan rasa sakit, umumnya akan disertai dengan peradangan yang cukup hebat. Biasanya hal ini terjadi karena adanya kebocoran jahitan yang telah dilakukan.

Sponsors Link

  1. Pembengkakan

Pengaruh gigi berlubang pada saraf, ternyata juga dapat menimbulkan adanya pembengkakan di sekitar gusi. Biasanya pembengkakan akan terjadi apabila proses pencabutan tidak dilakukan dengan baik. Selain akan merasakan rasa sakit, umumnya anda pun juga akan lebih susah untuk mengunyah makanan ataupun berbicara.

ads

  1. Keretakan Pada Rahang

Selain beresiko adanya pendarahan, peradangan, pembengkakan hingga terjadinya infeksi pada saluran gigi. Masalah gigi berlubang besar juga dapat memberikan pengaruh yang cukup fatal, yaitu dimana rahang menjadi retak dan sulit digunakan untuk makan ataupun berbicara. Jika hal tersebut terjadi, maka langkah selanjutnya harus dilakukan pembedahan untuk memperbaiki struktur rahang yang retak.

  1. Gangguan Pada Mata

Pengaruh yang cukup fatal berikutnya adalah terjadinya gangguan pada mata. Hal serupa memang tak sepenuhnya benar, tergantung dari masalah dan proses penyembuhan yang dilakukan. Namun jika metode untuk mengatasi masalah gigi salah dilakukan. Maka pengaruh atau gangguan yang terjadi pada mata pun bisa terjadi. Hal tersebut dikarenakan adanya infeksi yang menyebar melalui pembuluh yang terhubung ke sistem saraf mata.

  1. Gangguan Pada Mulut

Bukan hanya mata, melainkan mulut pun juga bisa berkena dampaknya. Jika pencabutan gigi atau pematian saraf gigi anda lakukan. Maka bukan berarti masalah akan berhenti disana. Justru jika metode pencabutannya kurang tepat. Maka akan berdampak pada gangguan mulut yang lebih parah.

  1. Rasa Mual

Saat masalah gigi sedang anda derita seperti sakit gigi yang tak kunjung sembuh. Biasanya sejumlah orang akan mengalami rasa trauma di bagian perut atau lambungnya. Hal tersebut bisa menyebabkan rasa mual atau bahkan susah digunakan untuk mencerna makanan. Sehingga sangat dianjurkan ketika orang sedang sakit gigi harus mengkonsumsi makanan khusus agar tidak berimbas ke organ pencernaannya.

  1. Komplikasi Gigi Mati

Komplikasi gigi mati bisa terjadi akibat pembuluh saraf dan pembuluh darah pada ruang pulpa tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Hal ini selain menimbulkan rasa sakit saat disentuh ataupun saat gigi bergesekan dengan gigi lain. Ternyata juga menyebabkan gigi menjadi lebih rapuh dari sebelumnya. Selain itu, gigi rapuh seperti ini juga menimbulkan beberapa masalah gigi lainnya, seperti penyebab bau mulut yang tidak sedap, infeksi, pembengkakan dan lainnya.

  1. Melemahnya Jaringan Penyokong Gigi

Saat saraf gigi dimatikan tentu jaringan penyokong gigi akan lebih lemah dari sebelumnya. Bahkan jaringan saraf pun bisa saja tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal inilah yang bisa menimbulkan seseorang lebih mudah ompong sebelum waktunya. Gigi akan lebih lemah dan mudah tanggal di usia muda yang menjadi penyebab gigi ompong.

Itulah beberapa pengaruh gigi pada saraf yang harus anda perhatikan. Selain dapat menimbulkan efek samping yang lebih fatal, pengaruh gigi pada saraf juga dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi