Sponsors Link

4 Pengaruh Kafein Pada Gigi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Banyak orang yang tidak tahu jika jenis minuman berkafein ada cukup banyak. Bukan hanya kopi, melainkan terdapat beberapa minuman yang mengandung kafein yang cukup tinggi juga. Selain kopi yang memiliki pengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut. Ternyata minuman berkafein lain juga memiliki pengaruh yang hampir sama. Lantas, apa pengaruh kafein pada gigi?

ads

Pengaruh kafein pada kesehatan gigi memang cukup beragam. Mulai dari perubahan warna pada gigi hingga menyebabkan gigi berlubang dan lainnya. Tak heran jika minuman ini banyak dihindari kerena memiliki pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan gigi manusia. Namun, tidak banyak yang tahu jika minuman-minuman berkafein yang sering anda minum selama ini ternyata menjadi penyebab perubahan dari kesehatan gigi yang semakin menurun.

Berikut adalah jenis minuman berkafein:

  • Kopi
  • Cokelat
  • Kopi Decaf
  • Es Krim
  • Minuman Bersoda
  • Teh
  • Kuaci Bunga Matahari
  • Pil Diet

Dari beberapa jenis minuman berkafein di atas, kopi memang memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Bahkan seseorang yang suka atau biasa minum kopi setiap hari, umumnya penyebab gigi warna kuning atau bahkan kehitaman dibandingkan dengan mereka yang tak suka minum kopi.

Selain mempengaruhi warna pada gigi, ternyata pengaruh minuman berkafein juga dapat menurunkan kesehatan gigi anda. Berikut adalah pengaruh minuman kafein pada gigi yang harus anda ketahui:

  1. Berubah Warna Gigi

Pengaruh minuman berkafein pada gigi yang pertama mungkin sudah sering terjadi. Dimana kebanyakan orang yang suka minum-minuman berkafein seperti kopi, minuman bersoda ataupun es krim yang mengandung kafein. Umumnya akan memiliki tampilan gigi yang kurang putih dibandingkan dengan orang yang tak suka minuman berkafein. Perbedaan tersebut bisa anda ketahui manakala anda menemui orang yang hampir setiap hari mengkonsumsi kopi dengan orang yang tidak suka atau bahkan sangat jarang mengkonsumsi kopi.

Perubahan warna pada gigi disebebkan adanya senyawa tanin yang terkandung dalam kopi. Bahkan menurut Healthline New York City’s Cosmetic Dental Studios, mengatakan bahwasanya senyawa tanin yang terkandung di dalam kopi sangat berperan mempengaruhi warna gigi para pengkonsumisnya. Tak heran, jika kebanyakan orang yang mengkonsumsi kopi akan memiliki warna gigi lebih kuning bahkan kecoklatan dibandingkan dengan orang yang tak mengkonsumsi kopi dan hal tersebut menjadi penyebab gigi cepat kuning.

Sponsors Link

  1. Gigi Berlubang

Orang yang mengkonsumsi minuman berkafein secara berlebih memiliki resiko terhadap penyebab gigi cepat berlubang yang jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi minuman berkafein. Kandungan kafein dan senyawa yang terdapat di dalam kopi, memberikan efek untuk merusak lapisan pelindung gigi.

ads

Jika lapisan tergerus, tentu pembentukan plak dan sisa makanan pun jauh lebih mudah. Jika mereka tidak rajin membersihkannya, maka masalah seperti gigi berlubang pun akan beresiko lebih tinggi. Jika kerusakan sudah anda alami dan kebiasaan minum minuman berkafein belum bisa anda hindari. Maka masalah seperti gigi berlubang besar hingga gigi berlubang berdarah pun akan menjadi masalah yang lebih serius dan harus segera ditangani.

  1. Merusak Enamel Gigi

Selain mempengaruhi perubahan warna pada gigi, senyawa tanin yang terkandung di dalam minuman berkafein khususnya kopi. Ternyata juga dapat merusak lapisan terluar gigi (enamel gigi). Dimana tanin sendiri merupakan salah satu jenis senyawa aktif polifenol yang dapat terpecahkan bersama larutan air. Senyawa ini akan menyebabkan warna hitam pada kopi, tek ataupun coklat lebih cepat menempak ke lapisan terluarnya. Selain akan menyebabkan gigi kuning, tanin juga mampu merusak lapisan enamel gigi.

Selain senyawa tanin, minuman berkafein disinyalir juga memiliki jenis senyawa lain yang mampu merusak kesehatan gigi pengkonsumsinya. Senyawa tersebut bersifat asam, sehingga membuat lapisan enamel gigi akan lebih mudah lunak dan kasar. Jika lapisan enamel gigi kasar, tentu noda dan sisa makan pun jauh lebih mudah menempel di bagian tersebut. Dimana akan menyebabkan penumpukan plak secara terus menerus dan menjadi penyebab gigi cepat berkarang yang lebih sulit untuk dibersihkan.

  1. Menyebabkan Gigi Gemeretak

Kopi merupakan jenis minuman berkafein tinggi yang memiliki senyawa aktif di dalamnya. Kandungan kafein ini selain memberikan efek stress, juga mampu membuat pengkonsumsinya sulit untuk mendapatkan kenyenyakan di dalam tidurnya. Biasanya pengkonsumsi kopi akan jauh lebih tahan kantuk dibandingkan mereka yang tak mengkonsumsi kopi.

Efek ketidakmampuan untuk mendapatkan tidur secara nyenyak ini akan menjadi penyebab gigi gemeretak saat tidur di malam hari. Biasanya para pengkonsumis kopi memiliki kebiasaan untuk menggeretakan giginya ketika tidur. Hal tersebut selain mengganggu tidur, juga menyebabkan resiko nyeri di bagian rahang.

Selain kopi minuman seperti teh, es krim, cokelat, minuman bersoda, minuman berenergi hingga pengkonsumsian pil diet pun juga dapat mempengaruhi gesekan antara gigi dengan rahang sehingga menyebabkan gigi akan bergemeretak ketika tidur.

Memiliki kebiasaan minum minuman berkafein memang bisa memberikan efek kenikmatan bagi sebagian orang. Namun jika minuman seperti ini memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan gigi anda. Maka sebaiknya hindari dan buang kebiasaan anda untuk minum minuman berkafein setiap hari. Itulah pengaruh kafein pada gigi yang dapat anda ketahui.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi