Sponsors Link

Pengaruh Kesehatan Gigi Terhadap Jantung (#Info Terlengkap!)

Sponsors Link

Semakin umum untuk mendengar bahwa kesehatan mulut sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Lebih dari 80 persen orang didunia, hidup dengan penyakit periodontal atau gusi, yang sering tidak terdiagnosis. Ini mungkin karena gigi pasien baik-baik saja, jadi dia menghindari pergi ke dokter gigi, dan kunjungan ke dokter jarang fokus pada kesehatan mulut seperti obat sakit gigi untuk penderita jantung.

ads

Bagaimana Pengaruh Kesehatan Gigi Terhadap Jantung?

Miliaran bakteri dan makhluk mikroskopis lain yang hidup di mulut tidak dapat dipungkiri mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi. Tetapi apakah mereka juga menyebabkan masalah bagi jantung dan pembuluh darah? Dan dapat meningkatkan kesehatan mulut mencegah masalah kardiovaskular? Gagasan bahwa masalah di mulut menyebabkan penyakit di tempat lain di tubuh masuk akal tetapi sulit dibuktikan.

Para ilmuwan sedang mengeksplorasi beberapa mekanisme yang dapat menghubungkan dua proses. Pada orang dengan periodontitis erosi jaringan dan tulang yang mendukung gigi, mengunyah dan menyikat gigi bakteri ke dalam aliran darah. Beberapa spesies bakteri yang menyebabkan periodontitis telah ditemukan di plak aterosklerotik di arteri di jantung dan di tempat lain. Plak ini dapat menyebabkan serangan jantung seperti hungan gigi dan jantung.

Bakteri oral juga dapat merusak pembuluh darah atau menyebabkan pembekuan darah dengan melepaskan racun yang menyerupai protein yang ditemukan di dinding arteri atau aliran darah. Respons sistem kekebalan terhadap racun-racun ini dapat merusak dinding pembuluh darah atau membuat gumpalan darah lebih mudah. Ada kemungkinan juga bahwa peradangan di mulut memunculkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk di arteri, di mana ia dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sekarang ada bukti dari dua hubungan khusus antara kesehatan mulut dan penyakit jantung. Pertama, penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika Anda memiliki penyakit gusi dalam tahap moderat atau lanjut, Anda berisiko lebih besar untuk penyakit jantung daripada seseorang dengan gusi yang sehat. Dan kedua, kesehatan mulut Anda dapat memberi dokter tanda-tanda peringatan untuk berbagai penyakit dan kondisi, termasuk yang ada di jantung seperti jenis penyakit yang bisa dideteksi dari gigi.

Siapa Yang Akan Berisiko?

Pasien dengan kondisi gusi kronis seperti gingivitis atau penyakit periodontal lanjut memiliki risiko tertinggi untuk penyakit jantung yang disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk, terutama jika tetap tidak terdiagnosis dan tidak terkelola. Bakteri yang berhubungan dengan infeksi gom berada di dalam mulut dan dapat memasuki aliran darah, di mana mereka menempel pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit kardiovaskular.

Meskipun Anda tidak mengalami peradangan gusi yang nyata, namun kebersihan mulut yang tidak memadai dan akumulasi plak membuat Anda berisiko terkena penyakit gusi. Bakteri juga dapat bermigrasi ke dalam aliran darah Anda menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, yang merupakan penanda untuk peradangan di pembuluh darah. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sponsors Link

Mengapa Pengaruh Kesehatan Gigi Terhadap Jantung Saling Terkait?

Kesehatan mulut dan penyakit jantung dihubungkan oleh penyebaran bakteri dan kuman lain dari mulut Anda ke bagian lain dari tubuh Anda melalui aliran darah. Ketika bakteri ini mencapai jantung, mereka dapat menempel ke area yang rusak dan menyebabkan peradangan. Ini dapat menyebabkan penyakit seperti endokarditis, infeksi pada lapisan dalam jantung seperti dampak buruk mencongkel gigi menggunakan jarum pentul. Kondisi kardiovaskular lainnya seperti aterosklerosis arteri tersumbat dan stroke juga telah dikaitkan dengan peradangan yang disebabkan oleh bakteri mulut.

Meskipun kita harus banyak belajar tentang apakah, dan bagaimana, periodontitis dan masalah oral lainnya terkait dengan penyakit jantung, seperti dalam artikel pengaruh kesehatan gigi terhadap jantung ini. Namun penelitian mencatat bahwa masih masuk akal untuk merawat gigi Anda. Sikat dan floss setiap hari, dan temui dokter gigi Anda setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan rutin dan ujian lisan. Ini akan membuahkan hasil bagi kesehatan mulut Anda dan hanya dapat bermanfaat bagi hati Anda juga.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi