Sponsors Link

4 Pengaruh Sakit Gigi Pada Ibu Hamil – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Sakit gigi menjadi masalah serius ketika anda sedang dalam masa kehamilan. Selain dapat mempengaruhi kenyamanan dan aktivitas harian anda, sakit gigi saat hamil ternyata juga dapat menimbulkan resiko pada janin yang tidak dapat berkembang sebagaimana mestinya. Hal tersebut menjadi masalah yang tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja.

ads

Umumnya wanita hamil akan mengalami perubahan hormon yang dapat merusaka bahkan menyebabkan adanya masalah pada gigi. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab akan timbulnya masalah pada gigi. Berikut adalah pengaruh sakit gigi saat hamil beserta penyebab, cara mengatasi dan pencegahannya.

Pengaruh

  1. Menyebabkan Keguguran

Pengaruh sakit gigi saat hamil 8 bulan memang tidak dapat dianggap sebagai hal yang sepele. Adanya masalah atau keluhan pada gigi dapat menimbulkan resiko terburuk pada kondisi janin bahkan juga sang ibu. Keguguran merupakan salah satu pengaruh yang bisa saja terjadi akibat masalah gigi yang dibiarkan begitu larut. Misalnya saja adanya rasa sakit pada gigi akibat penumpukan sejumlah bakteri atau kuman yang menyebabkan gigi berlubang berdarah dan menjadi sarang berkembangnya sejumlah bakteri di dalamnya.

  1. Kelahiran Bayi yang Tidak Normal

Perkembangan bakteri atau ulat penyebab gigi berlubang selain dapat menimbulkan resiko keguguran atau kematian janin di dalam kandungan juga dapat menimbulkan resiko bayi lahir secara tidak normal. Biasanya penyebaran bakteri yang berasal dari dalam gigi akan mempengaruhi perkembangan janin sehingga terjadi kemungkinan adanya kelahiran secara prematur. Atau bisa juga bayi lahir dengan kondisi berat badan yang tidak normal atau terlalu kecil.

  1. Tidak Optimalnya Perkembangan Janin dalam Kandungan

Tidak hanya resiko keguguran dan kelahiran bayi tidak normal saja, waspadai sakit gigi saat hamil yang dibiarkan juga dapat memperbesar resiko tidak optimlanya perkembangan janin di dalam kandungan. Di mana sejumlah bakteri akan mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin sehingga tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

  1. Bayi Lahir dengan Kondisi Cacat Fisik

Bahaya lain dari sakit gigi pada ibu hamil juga dapat mempengaruhi perkembangan organ janin semasa di dalam kandungan. Hal tersebut kemungkinan besar akan berdampak pada lahirnya bayi dengan kondisi cacat fisik. Misalnya seperti penglihatan yang tidak sempurna, adanya organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Sponsors Link

Penyebab

  • Perubahan Hormon

Terjadinya perubahan hormon selama kehamilan memang menjadi masalah yang sering terjadi. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu sakit gigi dan gusi bengkak pada ibu hamil yang paling umum dialami bagi sebagain besar wanita hamil. Adanya perubahan hormon kemungkinan menyebabkan munculnya peradangan di bagian gusi (Gingvitis) yang memicu terjadinya gusi bengkak dan kemerahan.

Selain masalah gusi bengkak saat hamil 8 bulan, perubahan hormon juga seringkali menimbulkan penyakit periodontal yaitu sebuah penyakit yang terjadi di jaringan pendukung gigi. Terjadinya penyakit periodontal dipicu adanya masalah peradangan gusi yang tidak ditangani secara serius. Selain itu, kondiri lain yang sering dialami saat hamil adalah Epulis Gravidarium atau timbulnya penyebab gigi goyang dan gusi bengkak yang sering menyebabkan sakit gigi akibat gigi lubang.

ads

  • Kurangnya Kalsium

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil juga dapat dipicu karena kurangnya asupan kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa dipercayai jika kurangnya asupan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi yang menimbulkan rasa sakit saat hamil muda. Selain itu, gigi bayi yang dikandungnya pun juga rentan terhadap masalah gigi berlubang nantinya.

Namun kepercayaan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sebagian besar kebutuhan kalsium bayi justru diambil dari tulang ibunya. Namun jika asupan kalsium ibu sangat berkurang, hal tersebut juga berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalamnya. Jadi sebaiknya selama proses kehamilan berlangsung, anda harus memperbanyak asupan makanan yang menguatkan gigi untuk memenuhi kebutuhan kalsium janin dan melindungi organ gigi dari masalah gigi seperti karies, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

  • Terjadinya Pembengkakan di Area Sekitar Gigi

Terjadinya gusi bengkak pada ibu hamil memang sangat sering dialami. Bahkan sebagian besar dari mereka sering mengalami keluhan akibat gusi bengkak yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada gigi. Biasanya timbulnya pembengkakan di area sekitar gusi seringkali dipicu oleh masalah gigi berlubang. Dimana gigi yang mengalami lubang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang menimbulkan pembengkakan di area sekitarnya.

Jika hal ini dibiarkan tentu sakit gigi pada ibu hamil pun akan semakin parah. Dimana hal tersebut juga sangat beresiko bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Jadi sebaiknya segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah serius lainnya.

  • Kondisi Muntah Terus Menerus

Perubahan hormon selama masa kehamilan kerap memicu terjadinya masalah gigi yang serius. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh keadaan cincin otot yang digunakan untuk menjaga makanan yang masuk ke dalam perut menjadi melemah. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut pun akan anda muntahkan.

Jika makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut terus dimuntahkan tentu akan memicu peningkatan asam lambung yang semakin kuat. Muntah yang terus menerus pada akhirnya dapat merusak lapisan pelindung gigi atau enamel gigi yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi.

Cara Mengatasi

Setelah pengetahui penyebab sakit gigi pada ibu hamil, tentu ada cara terbaik untuk cara mengatasi sakit gigi yang dapat anda lakukan. Cara yang bisa anda lakukan adalah cara-cara alami yang tidak menimbulkan efek samping atau bahkan resiko yang menyebabkan terjadinya masalah pada janin yang anda kandung. Berikut cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil paling efektif dan mudah:

  • Saat rasa sakit mulai terasa anda bisa melakukan tindakan dengan mengunyah daun bayam, daun cengkeh, daun jambu biji atau bisa juga cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih.
  • Cobalah untuk berkumur dengan air hangat atau air garam.
  • Kompres dengan es batu pada bagian gigi yang sakit.
Sponsors Link

Cara Pencegahan

  • Hindari makanan yang dapat merusak gigi seperti makanan manis, asam, keras, dan lain sebagainya.
  • Rutin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu di pagi dan di malam hari.
  • Lakukan berkumur setelah selesai makan.
  • Rutin melakukan perawatan gigi ke dokter spesialis gigi langganan.

Pengaruh sakit gigi pada ibu hamil menjadi persoalan yang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Anda dapat mewaspadai sakit gigi ketika hamil untuk memperkecil resiko terjadinya kondisi buruk pada janin. Lakukan cara mengatasi dan pencegahan di atas, baca juga cara mengobati gusi bengkak pada ibu hamil hamil.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini